CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 4 Cara untuk Membersihkan Noda Kunyit di Panci - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

4 Cara untuk Membersihkan Noda Kunyit di Panci

gambar panci kotor kuning
Sumber foto : istock
Healty99 - Noda kuning kunyit memang mudah sekali menempel pada sejumlah peralatan rumah tangga seperti panci, gelas, plastik dan lain sebagainya. Walau tidak berbahaya bagi kesehatan, tetapi warna kuning kunyit bisa membuat perabotan menjadi tampak kotor.

Lalu, bisakah bekas noda kunyit tersebut dihilangkan? Tidak perlu kahwatir, noda kuning tersebut pada dasarnya bisa di hilangkan dengan bebagai cara

Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Panci

Penasaran? berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Manfaatkan pasta gigi

Cara pertama kamu bisa manfaat pasta gigi atau odol di rumah. Kemampuan pasta gigi dalam menghilangkan sejumlah noda sudah tidak diragukan lagi, contohnya noda kuning pada sepatu, baju, kaca dan lain-lain.

Untuk penggunaan, oleskan pasta gigi atau odol merek apapun ke panci kamu yang terdapat noda kuning kunyit secara merata.

Setelah itu diamkan selama 20 menit atau kamu jemur dibawah terik matahari. Jika telah tiba waktunya, bersihkan dengan air hangat sembari di gosok pakai spons cuci piring.

2. Baking soda

Berikutnya menggunakan baking soda. Baking soda merupakan natrium bikarbonat (NaHCO₂) yang sering digunakan sebagai campuran dalam makanan dan obat.

Tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya baking soda juga mempunyai banyak manfaat loh, salah satunya untuk membersihkan peralatan maupun baju yang kotor.

Cara penggunaanya, baking soda bubuk di campur dengan sedikit air hingga menjadi bentuk adonan pasta. Kemudian oleskan merata pada bagian permukaan panci yang terdapat noda kuning kunyit.

Tunggu kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hangat sembari di gosok pelan.

3. Jeruk nipis dan cuka

Larutan jeruk nipis dengan cuka makan diketahui dapat menjadi pembersih untuk sejumlah perabotan dapur, hal ini dikarenakan larutan jeruk nipis dan cuka bersifat asam lemah.

Buat kamu yang ingin menggunakan cara satu ini, siapkan jeruk (peras) dan cuka 2:1 (jeruk nipis:cuka), setelah itu oleskan merata kebagian peralatan dapur kamu yang kotor akibat kunyit seperti panci dan lainnya.

Tunggu kurang lebih 5 menit setelah itu bilas menggunakan air mengalir sembari di gosok

4. Kawat cuci piring dan abu

Berikutnya kamu bisa menggunakan abu bakar dan sikat kawat khusus cuci piring.

Abu dan sikat merupakan cara lawas sebagian mayarakat Indonesia dalam membersihkan peralatan saat mencuci.

Walau terlihat sederhada tetapi pada kenyataan pakai abu dan sikat kawat sangat efektif untuk membersihkan noda membandel.

Cukup dengan menaburkan abu bakar atau abu gosok kemudian di sikat menggunakan kawat cuci piring secara perlahan, maka noda kuning kunyit akan tergerus sedikit demi sedikit.

Nah, itulah beberapa cara umum yang kerap digunakan dalam membersihkan noda kuning kunyit pada panci dan kuali.

Tetapi ini tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba, oleh karena itu mungkin kamu bisa tanyakan pada orang yang lebih berpengalaman dalam membersihkan peralatan dapur yang kotor. Contoh seperti tanyakan pada nenek atau ibu mu yang hobi memasak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel