CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 NPK untuk Strawberry [Manfaat dan Dosis Pemberian] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

NPK untuk Strawberry [Manfaat dan Dosis Pemberian]

npk untuk tanaman strawberry
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pupuk NPK merupakan jenis pupuk buatan / kimia dengan bentuk padat berupa butiran atau cair. Sesuai namanya Nitrogen, Phospat (fosfor) dan Kalium (NPK) pupuk satu ini diperuntukan untuk menambah asupan hara pada tanaman supaya tumbuh lebih optimal.

Penggunaan NPK pada sejumlah tanaman budidaya bukanlah hal yang baru, tujuan pastinya ialah agar mempercepat pertumbuhan, menyuburkan daun dan batang, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit serta sudah pasti meningkatkan hasil produksi.

Baca juga : Cara Membuat Media Tanam Strawberry

Hal yang sama juga berlaku pada strawberry. Kamu bisa memberikan sedikit NPK pada tanaman stroberi di dalam pot dengan tujuan meningkatkan buah dan kesuburan.

Manfaat NPK buat Strawberry

Berikut beberapa manfaat, dosis dan cara pemberian yang bisa kamu ketahui.

1. Merangsang pertumbuhan lebih cepat

NPK secara umum memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang, baik itu dari segi batang, daun maupun buah.

Baca juga : Jenis Pupuk Yang Bagus Untuk Stroberi Agar Cepat Berbuah

Oleh karena itu kamu bisa memberikan sedikit pupuk NPK pada tanaman yang mulai tumbuh atau sekarat dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan menjadi lebih cepat.

Namun tetap kamu juga harus memperhatikan unsur hara alami pada tanah atau media tanam, karena jika tidak kamu hanya terus akan memberikan pupuk secara berkala saat nutrisinya sudah habis.

2. Melebatkan daun

Manfaat NPK untuk strawberry selanjutnya ialah membantu menyuburkan daun sehingga tampak lebih hijau, lebat, besar dan pastinya sehat.

Baca juga : Tips Menanam Stroberi Di Dataran Rendah

Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya ialah juga bisa membantu pertumbuhan batang dan pada akhirnya berpengaruh pada meningkatkan perkembangbiakan secara vegetatif.

Terlebih buat kamu yang ingin memperbanyak strawberry dengan mengandalkan sulur batang atau dikenal juga dengan nama geragih.

3. Meningkatkan buah

Ada banyak jenis pupuk yang diperuntukan untuk meningkatkan hasil produksi, hal yang sama juga berlaku pada pupuk NPK.

Baca juga : Jenis Strawberry Dengan Rasa Manis

Pupuk NPK beberapa diantaranya memiliki sejumlah unsur nutrisi yang dapat meningkatkan hasil panen buah.

4. Meningkatkan daya tahan

Tanaman yang sehat dan subur tentu memiliki daya tahan terhadap sejumlah serangan penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur maupun virus.

Meski tidak menutup kemungkinan akan tetap terkena, tetapi resiko terinfeksi jauh lebih kecil jika tanaman memiliki fisik yang sehat.

Baca juga : Jenis Varietas Tanaman Stroberi

Nah, itulah beberapa manfaat NPK untuk stroberi yang bisa kamu ketahui secara umum.

Dosis Pemberian

Kamu dapat memberikan pupuk NPK (16-16-16 atau 10-10-10) untuk strawberry sebanyak 10 - 12 gram atau 1sdm per setiap tanaman dalam pot.

Sedangkan rentan waktu kamu bisa lakukan pemberian berkala setiap 2 atau 3 minggu sekali, dengan begitu tanaman bisa mendapatkan asupan nutrisi dengan baik.

Baca juga : Tips Menanam Stroberi Untuk Pemula

Selain itu, adapun tips yang bisa kamu lakukan yaitu selalu memastikan bahwa tanaman mendapatkan asupan air dan media tanam dengan baik. Jadi lakukan penggemburan tanah jika memang dibutuhkan, sehingga air dapat meresap secara optimal.

Cara Memberikan

Tidak ada cara spesial dalam memberikan NPK pada strawberry. Kamu bisa terapkan secara langsung dengan menaburkan butrian pupuk di sekitar tanaman secara merata dan tidak perlu di gali.

Penerapan kedua kamu bisa lakukan saat menyiram tanaman. 1 sendok pupuk di campur dengan sekitar 1 liter air, setelah itu di siramkan secara merata pada sekitar pangkal batang atau dekat akar.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel