CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Memberikan MSG (Micin) Pada Strawberry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Memberikan MSG (Micin) Pada Strawberry

gambar tanaman strawberry lagi berbuah
Sumber foto : pixabay/shonamcq
Healty99 - Micin (MSG) buat strawberry, emang ada manfaatnya? Sebelum itu perlu kamu ketahui bahwa micin yang kita kenal merupakan salah satu jenis mineral yang biasa dipakai untuk penyedap makanan selain garam.

Micin (MSG) terbuat dari campuran air dan asam amino L-glutamat yang kemudian diproses menjadi kristal butiran halus.

Baca juga : Cara Menanam Stroberi Di Dataran Rendah

Manfaat micin untuk tanaman sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu sumber pupuk alternatif, hal ini juga berlaku pada jenis tanaman strawberry yang akan kita bahas kali ini.

Micin untuk Strawberry

Micin diketahui memiliki sejumlah kandungan yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, kebutuhkan ini mencakup terhadap unsur micro dan makro.

Baca juga : Jenis Stroberi Termahal Di Dunia

Meski tidak secara kompleks tetapi kebutuhan asupan tersebut bisa dibantu dengan memberikan MSG sebagai alternatifnya selain NPK untuk stroberi.

Adapun beberapa manfaat dari memberikan MSG sebagai pupuk buat stroberi ialah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kada air pada tanaman

Micin sama halnya seperti garam dimana memiliki kandungan mineral yang mampu menyerap air dari lingkungan sekitar.

Baca juga : Ini Dia Jenis Stroberi Dengan Ukuran Jumbo

Oleh karena itu tanaman yang di berikan asupan micin diharapkan mampu menyerap air lebih banyak, sehingga pada saat nanti dapat mampu bertahan jika cuaca panas dan kering melanda.

2. Merangsang pertumbuhan

Manfaat micin untuk stroberi selanjutnya ialah bisa membantu merangsang pertumbuhan agar tanaman tumbuh lebih cepat, subur, lebat dan berdaun hijau.

Kemampuan ini didasari karena micin mengandung unsur nitrogen, posfor dan kalium (NPK) yang merupakan unsur dasar dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Baca juga : Jenis Stroberi Dengan Rasa Paling Manis

Kamu bisa memberikan 1 sendok teh micin dengan menaburkan pada sekitar akar tanaman stroberi saat kondisi sudah cukup kuat dan muncul daun sejati.

3. Mempercepat berkembang biak

Strawberry memiliki batang yang cukup menarik dimana bisa tumbuh menyamping atau dikenal dengan nama geragih. Ini merupakan bagian batang yang tumbuh menjalar dan bisa menjadi salah satu cara perkembangbiakan vegetatif alami pada stroberi.

Baca juga : Fakta Menarik Bahwa Stroberi Bukanlah Buah Berry

Seperti yang telah di sebutkan di atas tadi dimana micin mampu merangsang pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur, maka ini juga akan berdapak pada sistem berkembang biak tanaman itu sendiri.

Jadi bisa dikatakan jika kamu ingin memperbanyak tanaman stroberi, maka pemberian pupuk seperti micin bisa kamu coba dengan tujuan supaya tumbuh lebih lebat dan memperbanyak bagian batang.

4. Menghasilkan buah lebih baik

Dengan terpenuhinya asupan unsur makro dan micro tanaman serta dengan mengandalkan media tanam stroberi yang tepat, maka kamu akan mendapatkan hasil pertumbuhan buah yang jauh lebih baik.

Baca juga : Pineberry, Varietas Stroberi Dengan Warna Putih Dan Mahal

Selain itu dengan pemberian pupuk yang tepat maka bisa meningkatkan produktivitas tanaman itu sendiri menjadi lebih baik dalam menghasilkan buah.

5. Micin meningkatkan daya tahan fisik

Tanaman yang tumbuh dengan subur, lebat dan hijau tentu dapat bertahan lebih baik serta tidak sensitif terhadap sejumlah serangan penyakit.

Meskipun demikian tetap saja kamu harus memberikan perawatan pada tanaman stroberi supaya penyebaran penyakit bisa di hentikan, serta memberi pupuk tabahan agar tanaman mendapatkan nutrisi.

Nah, itulah beberapa manfaat micin untuk strawberry yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel