CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Buah Melon? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Buah Melon?

gambar buah melon warna kuning di iris
Sumber foto : pixabay/ImagesBG
Healty99 - Siapa yang tidak tahu dengan melon? Ini adalah buah yang menyegarkan dengan tekstur renyah. Melon merupakan buah yang sangat enak jika di santap saat cuaca sedang panas, hal ini karena ia mengandung banyak air mirip seperti semangka.

Melon termasuk dalam jenis buah yang baik untuk kesehatan manusia karena kandungan nutrisi didalamnya, oleh karena itu mungkin kamu ingin berbagi sedikit ke hewan peliharaan seperti hamster. 

Baca juga : 4 Jenis Serangga Yang Aman Bagi Hamster

Tetapi kenyataanya, apakah bisa hamster makan melon? Jawabnya adalah "Ya", hewan pengerat mungil tersebut bisa memakan buah satu ini. Bahkan mungkin mereka akan meninggalkan makanan utama mereka untuk mencicipi buah dari pemberian kamu.

Hamster Makan Melon

Perlu kamu ketahui, hammy merupakan jenis hewan omnivora yang mana ia dapat mengkonsumsi hampir segala bentuk makanan yang di sukainya. Namun tentu tidak semua makanan yang ia konsumsi aman bagi kesehatan mereka.

Baca juga : Cara Merawat Anak Hamster Tanpa Induk

Dalam kasus melon, kamu tidak perlu khawatir untuk membagi mereka beberapa potong. Bahkan dokter hewan merekomendasikan buah satu ini untuk diberikan pada hamster sesekali sebagai cemilan.

Apakah melon aman untuk hamster?

Meskipun melon sangat bagus untuk kesehatan hamster, tetapi sebenarnya terlalu banyak memberikan buah melon pada peliharaan kamu bisa mengganggu kesehatan mereka. 

Baca juga : 9 Penyebab Mengapa Induk Hammy Mau Makan Anakanya

Mengapa? Sebagai pergetahuan, kandungan gula dalam buah melon diketahui cukup tinggi untuk hewan berbulu mungil ini. 

Bahkan terlalu banyak makan melon setiap hari bisa mengakibatkan efek jangka pendek seperti diare dan penyakit ekor basah, sementara untuk jangka panjang hammy bisa mengalami masalah seperti obesitas dan diabetes.

Tidak sampai di situ saja, kandungan air yang sangat tinggi pada melon juga menjadi hal utama mengapa jangan di berikan terlalu sering pada hamster.

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Hamster Lagi Sakit Dan Stres

Mengingat di alam liar, makanan utama haamster sebagian besar terdiri dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Jadi dengan mereka kongkonsumsi makanan yang tinggi air, tentu perut mereka akan mencoba menetralisir dengan cepat yang justru bisa mengganggu kesehatan mereka.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, masalah satu ini bisa di atasi hanya dengan melakukan pemberian pakan secara tidak berlebihan. Bahkan jika kamu memberikan dalam jumlah yang sedikit, ini bisa memberi manfaat baik bagi mereka.

Manfaat melon bagi hamster? 

Melon setidaknya kaya akan kandungan vitamin A, B6, C dan tentunya juga serat pangan. Memberikan dalam jumlah cukup pada peliharaan kamu justru hal tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Baca juga : Ketahui Penyebab Ekor Hamster Basah

Contoh, vitamin A yang terkandung pada buah diketahui dapat memperbaiki penglihatan mereka. Ini tentunya sangat berguna mengingat hammy merupakan hewan nokturnal yang beraktivitas saat malam hari.

Menurut penelitian vitamin B6 sangat diperlukan oleh mahluk hidup. Pasalnya jika kekurangan vitamin B6 terutama pada hamster bisa menyebabkan sejumlah masalah gangguan seperti kehilangan nafsu makan, lesu, kehilangan otot dan pertumbuhan tulang.

Sedangkan vitamin C, hammy sama seperti manusia dimana ia juga membutuhkan asupan vitamin C untuk tujuan menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Hal yang sama juga berlaku pada serat pangan. Melon kaya akan serat yang mana ini bisa mengurangi masalah dalam sistem pencernaan, seperti sembelit dan diare.

Cara memberikan melon

Melon memang telah di sebutkan bahwa baik untuk hamster, tetapi pertanyaanya berapa banyakah hewan satu ini boleh makan?

Setidaknya hammy dewasa hanya di sarankan makan satu sendok teh buah ini dan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. 

Selain itu ketahui bahwa tidak semua jenis hamster mau makan melon. Jadi sebaiknya jangan kamu paksakan hanya dengan satu jenis makanan di dalam mangkok mereka.

Berikan potong kecil kepada hammy sebagai cemilan dan lihat apakah mereka masih baik-baik saja setelah 12 jam. Jika tidak terdapat masalah kamu mungkin bisa meningkatkan porsinya menjadi sedikit lebih.

Apakah hamster boleh makan biji melon?

Meskipun makanan alami hamster terdiri dari biji-bijian, tetapi sayangnya biji melon termasuk dalam kategori yang tidak boleh mereka makan. 

Ini karena tekstur biji yang panjang, keras, ramping, tajam dan justru bisa membuat mereka berbahaya seperti tersedak serta terluka.

Bagaimana dengan kulit?

Hamster sebenarnya bisa saja makan kulit melon, tetapi ada baiknya tidak kamu berikan pada mereka sebagai cemilan dalam wadah.

Kulit merupakan bagian terluar dari buah, hal ini memungkinkan terkontaminasi kotoran ataupun semprotan pestisida dari petani.

Oleh karena itu hal terbaik ialah untuk menghadirkan daging buahnya saja itu sudah lebih dari cukup.

Apakah hamster boleh minum jus melon?

Sebaiknya kamu hindari untuk memberikan olahan buah melon, baik itu sudah dalam bentuk jus, manisan, sirup dan lain sebagainya. 

Segala bentuk olahan melon mungkin sudah dicampur dengan beberapa bahan lain seperti gula, pemanis buatan, garam ataupun beberapa zat tertentu. 

Sedangkan hewan pengerat satu ini memiliki pencernaan berbeda dengan manusia yang mana tidak mampu mencerna zat-zat tersebut.

Singkatnya, hamster boleh saja makan melon karena buah ini dikemas dengan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi mereka. Tetapi sebagai pemilik tentunya hal terbaik ialah untuk tidak memberikan mereka makanan dengan satu jenis secara terus menerus.

Hammster merupakan hewan omnivora yang membutuhkan beragam jenis makanan, oleh karena itu pertimbangkan memberi mereka makanan secara banyak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan mungil ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel