CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Cepat Mendapatkan Ikan Seluang Sungai - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Cepat Mendapatkan Ikan Seluang Sungai

gambar ikan seluang Rasbora
Sumber gambar : istock
Healty99 - Ikan seluang ialah salah satu spesies ikan air tawar dari Rasbora spp, mereka dapat ditemukan banyak di sungai (terutama Asia Tenggara). Seluang tidak besar, ukuran terbesar mereka sekitar 2 jari, namu rata-rata paling banyak ditemukan sebesar 1 jari orang dewasa.

Meski ukuran ikan seluang kecil, tetapi hanya dengan digoreng kering rasa dagingnya enak dan gurih, sehingga tidak heran seluang menjadi incaran di pasar ikan saat pagi hari.

Seluang dapat dikatakan ikan musiman, tetapi sebenarnya tidak juga. Mereka akan selalu ada di sungai, rawa, sawah, empang, danau dan beberapa sumber perairan lainnya.

Akan tetapi populasi mereka akan jauh melimpah saat musim banjir tiba, dan itulah mengapa terkadang seluang di sebut ikan musiman.

Cara Cepat Mendapatkan Ikan Seluang

Nah buat kamu yang ingin mendapatkan seluang secara cepat dan banyak, berikut beberapa tips yang sering dipakai banyak orang.

1. Di pancing

gambar orang mancing
Sumber gambar : pixabay/Chiec_Dep
Untuk mendapatkan ikan sudah pasti memancing adalah kegiatan biasa, namun dalam memancing ikan seluang jauh lebih mudah.

Mengapa? Pasalnya kamu tidak perlu memakai pemberat (batu timah) dan pelampung, cukup pakai joran yang terbuat dari bambu atau lidi yang di beri senar dan mata kail sudah cukup, kemudian di beri umpan yang tidak mudah habis.

Ukuran ikan yang kecil dan cenderung bermain di permukaan air, maka kamu tidak memerlukan batu pemberat serta pelampung dalam memancing. Cukup lemparkan mata kail yang sudah dikaitkan umpan ke air maka ikan seluang akan berkerumun.

Selain itu agar mendapatkan hasil dalam jumlah banyak, pastikan kamu memakai lebih dari satu pancing.

Daftar umpan yang bisa kamu gunakan sekaligus sangat direkomendasikan : Cacing, daging ikan, laron, kroto, bekicot & keong, usus dan kulit ayam dan lemak.

Piranti yang digunakan : Senar ukuran kecil (halus), mata kail ukuran 0,8 hingga no 2 dan untuk joran pancing bebas bisa pakai bambu atau lidi sudah cukup.

2. Jala

gambar orang jala
Sumber gambar : pixabay/Quangpraha
Berikutnya bisa dengan cara di jala. Jika menurut kamu dengan memancing cukup lama dan merepotkan, maka jala mungkin bisa menjadi pilihan buat kamu coba.

Tipsnya ialah, gunakan jala ukuran kecil atau dengan lubang 0,5 cm. Dengan begitu seluang tidak akan melepaskan diri dengan mudah.

Untuk memancing ke hadiran ikan kamu bisa tabur dedak atau bekatul, minyak sisa goreng ikan, roti atau kerupuk. Jadi saat ikan mengerubungi umpan yang kamu lempar maka kamu sudah siap-siap untuk melempar jala.

3. Tangkul

gambar orang menangkul / tangkul tangkap ikan
Sumber gambar : pixabay/dangquangn
Cara mendapatkan ikan seluang dengan banyak berikutnya ialah dengan menggunakan tangkul atau anco, yaitu sejenis jaring angkat yang dioperasikan dengan tenaga manusia.

Alat tangkap ikan satu ini umumnya terdiri dari rangkaian jaring berbentuk persegi yang keempat ujungnya diikatkan pada dua batang bambu atau kayu, kemudian dipasang bersilang tegak lurus.

Prinsip kerjanya saja seperti serokan, tetapi lebih besar dan mengandalkan gaya titik tumpu untuk menarik jaring.

Tangkul umum dan paling sering digunakan untuk mendapatkan ikan-ikan kecil seperti seluang, wader, lambak dan lainnya dalam waktu cepat.

Bagaimana tidak, hanya dengan melempar umpan seperti dedak atau nasi sisa di atas jaring dan saat ikan mengerubungi umpan kamu tinggal angkat tangkul secara perlahan maka ikan sudah banyak di dapat.

Nah itulah beberapa cara mendapatkan ikan seluang sungai secara cepat dan banyak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel