CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Makanan Burung Bubut Dewasa & Anakan [Porsi serta Cara Pemberian] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Makanan Burung Bubut Dewasa & Anakan [Porsi serta Cara Pemberian]

gambar burung bud bud Centropus sinensis
Sumber gambar : istock
Healty99 - Bubut (Centropus sinensis) merupakan spesies burung dari keluaga Cuculidae yang secara umum dapat ditemukan hampir di seluruh kawasan Indonesia. Di beberapa daerah, ia dikenal dengan banyak nama dan salah satunya ialah but-but, bud-bud, hud-hud serta bubut.

Bubut memiliki perawakan atau ciri khas yang didominasi dengan corak hitam, terdapat warna mantel dan bulu penutup sayap yang berwarna kecokelatan. Selain itu ia juga memiliki mata merah dengan tatapan tajam seperti elang.

Terlepas dari warna dan ciri khasnya, namun pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai pakan burung bubut dewasa ataupun anakan. Nah buat kamu yang penasaran atau sedang memelihara burung satu ini, mungkin kamu bisa baca selengkapnya.

Makanan Burung Bubut / Butbut

Bubut merupakan hewan burung karnivora yang artinya adalah pemangsa, meskipun begitu mereka tidak seperti elang. Di alam liar burung satu ini lebih sering memakan hewan lain seperti serangga, amfimbi serta terkadang memakan anak bayi burung lain.

Oleh karena itu jika kamu jika kamu baru mendapatkan atau sedang memelihara bubut dewasa maupun anakan dirumah, berikut daftar pakan yang bisa kamu berikan sekaligus porsi dan cara pemberian.

Pakan Burung Bubut Dewasa

  1. Jangkrik
  2. Belalang
  3. Kroto
  4. Magot bsf
  5. Mealworm
  6. Ulat bambu
  7. Belalang sembah
  8. Orong-orong
  9. Cicak
  10. Katak (terkadang)
  11. Lipas (terkadang)
  12. Kelabang (terkadang)

Nah itulah beberapa pakan yang dapat dimakan burung but but secara alami di alam liar, tetapi jika itu dipelihara dan dirawat maka sangat direkomendasikan untuk memberi dari nomor 1 sampai 6 itu sudah cukup.

Cara memberikan

Kamu dapat memberikan pakan burung bubut secara langsung menggunakan pingset dan sumpit, ataupun dapat memberikan dengan memakai tangan kamu sendiri jika burung tidak agresif.

Memberikan secara langsung dihadapan mereka ini sangat baik, mengingat kamu bisa menjalin ikatan antara tuan sekaligus pemilik dengan peliharaan. Sehingga pada akhirnya bubut dapat jinak secara bertahap.

Sedangkan cara pemberian kedua kamu bisa terapkan wadah makanan, masukan beberapa ekor serangga dalam wadah dan biarkan mereka memakan sendiri.

Berapa porsi / takaran dalam sekali makan?

Umumnya dalam sekali makan, burung but but dewasa dapat menghabiskan 12 sampai 30 ekor jangkrik. Namun ini tidak pasti, oleh karena itu kamu harus bisa menimang-nimang pakan mereka secara rutinitas.

Selain itu kamu bisa memberikan pakan burung bud-bud di setiap harinya sebanyak 2 kali, dengan rentan waktu jam 9 pagi atau sore hari.

Pakan Bubut Anakan / Bayi

Secara alami dialam liar, indukan bubut biasanya akan memberi makan anakan mereka dengan sejumlah serangga kecil yang ada didedaunan. Contohnya seperti ulat daun, kupu-kupu, belalang, ngengat serta bahkan repti.

Akan tetapi ini tidak mungkin, oleh karena itu sebagai saran kamu bisa memberikan beberapa pakan yang hampir mirip dengan pakan but but dewasa. Sebagai rekomendasi, berikut makanan yang aman dan bisa kamu berikan pada anakan burung but-but.

  1. Ulat pisang
  2. Ulat bambu
  3. Magot bsf
  4. Jangkrik
  5. Belalang
  6. Laron (jika ada)
  7. Mealworm / ulat hongkong
  8. Kuning telur rebus
  9. Pakan bubur instan

Cara memberikan

Untuk memberikan pakan pada anakan burung yang masih kecil atau bayi tentu harus ekstra sabar, mengingat jam makan mereka ketat dan memang diharuskan rutin setiap jam.

Setidaknya kamu harus memberikan pakan anakan burung bubut setiap 30 - 45 menit sekali atau paling lama 1 - 2 jam sekali.

Memang terlihat merepotkan, namun mau bagaimana lagi karena itulah yang dilakukan indukan burung mondar-mandir ke sangkar di setiap jam hanya untuk memberi makan anak mereka.

Berapa takaran / porsi anakan dalam sekali makan?

Sebagai patokan kamu dapat memberikan jangkrik sebanyak 2 ekor untuk sekali makan, tetapi jika itu pakan instan seperti bubur maka kamu bisa berikan 1/2 sdt lebih sedikit - 1 sdt dalam sekali makan.

Pastikan kamu selalu memberi makan anakan dimulai saat matahari terbit hingga ke puncak tengah hari, kemudian hingga sore hari dapat diberikan dengan rentan waktu sedikit lebih longgar tidak masalah.

Nah itulah sejumlah pakan burung bubut dewasa maupun anakan sekaligus porsi serta cara pemberian yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar unggas.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel