CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daun Kentut (Sembukan) untuk Sakit Perut [Manfaat & Cara Pengolahan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Daun Kentut (Sembukan) untuk Sakit Perut [Manfaat & Cara Pengolahan]

gambar daun sembukan Paederia foetida
Sumber gambar : istock
Healty99 - Sembukan alias daun kentut merupakan tumbuhan merambat yang kerap dimanfaatkan bagian daunnya sebagai bahan makanan ataupun obat tradisional. Kita masyarakat Indonesia, khususnya Jawa sering mengolah daun kentut sebagai sayur mengingat rasanya cukup lezat.

Namun terlepas dari rasanya yang lezat sekaligus mudah untuk diolah, daun kentut juga memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu contohnya ialah mencegah beberapa masalah pencernaan, sembelit, diare, sakit perut, mencegah infeksi dan masih banyak lagi.

Daun kentut sering dikonsumsi dengan tujuan mengatasi masalah sakit perut, lantas apakah tanaman satu ini dapat dijadikan sebagai obat yang ampuh untuk menghilangkan rasa sakit perut, mules dan sejenisnya?

Manfaat Daun Kentut (Sembukan) untuk Sakit Perut?

Sebenarnya, masih belum bisa dipastikan bahwa daun kentut alias sembukan benar-benar bisa mengatasi masalah sakit perut dengan ampuh seperti layaknya obat-obatan yang dijual di toko, mengingat ada banyak penyebab seseorang bisa mengalami sakit perut dan terkadang tidak bisa diatasi dengan cara yang sederhana.

Namun menurut penelitian, tanaman sembukan memiliki kandungan senyawa yang bersifat antibakteri, anthelmintik serta antidiare, sehingga adapun besar kemungkinan dapat mengatasi masalah sakit perut yang diakibatkan oleh infeksi bakteri ataupun patogen lainnya.

Meskipun begitu tetapi tentu ini tidak menjadikan bahwa hanya dengan mengkonsumsi daun kentut alias sembukan bisa mengatasi beberapa masalah, contoh seperti sakit perut, diare, mencret ataupun mules dengan ampuh.

Untuk itu hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah mencari tahu apa penyebab dan mengapa kamu bisa mengalami sakit perut, entah itu akibat dari makanan pedas, makanan yang kotor dan kurang higenis ataupun akibat kondisi tertentu.

Sehingga nantinya kamu bisa mencegah masalah sakit perut dikemudian hari tanpa harus mengkonsumsi daun kentut.

Seberapa ampuh daun kentut atasi sakit perut?

Daun kentut atau sembukan memang diketahui memiliki kemampuan dalam mengatasi beberapa masalah pada sistem pencernaan, terutama terkait sembelit, diare dan sakit perut.

Namun yang jadi permasalahan ialah berapa banyak dosis atau takaran dalam konsumsi untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika kamu ingin mencoba untuk mengkonsumsi tanaman tidak menjadi masalah, cobalah sedikit untuk melihat reaksi yang terjadi pada tubuh kamu terutama sakit perut yang dialami.

Dalam kasus ringan mungkin besar sakit perut, diare dan mules bisa diatasi dengan mudah.

Cara mengolah / mengkonsumsi

Cara mengolah daun sembukan / daun kentut untuk atasi sakit perut dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama kamu bisa konsumsi dalam bentuk sayuran, daun diolah dengan dimasak lalu dikonsumsi dengan porsi sedikit lebih banyak.

Selain dikonsumsi dalam bentuk sudah diolah, beberapa orang juga sering memanfaatkan daun sembukan untuk sakit perut dengan cara ditumbuk.

Caranya ialah daun dicuci terlebih dahulu kemudian ditumbuk hingga halus, setelah itu tambahkan sedikit air dan minum sebanyak 3 - 4 sendok dan dilakukan 2 x sehari.

Note : Singkatnya, tanaman sembukan alias daun kentut memang telah dikenal akan manfaatnya baik untuk pencernaan, terutama dalam mengatasi masalah sembelit, diare serta sakit perut.

Akan tetapi kemampuan dan khasiat tentu tidak bisa dibandikan dengan obat-obatan instan yang dijual ditoko. Selain itu disatu sisi juga masih belum diketahui berapa banyak porsi / takaran yang aman dalam mengatasi masalah sakit perut.

Untuk itu harap untuk tidak mengkonsumsi daun kentut secara sembarangan dengan jumlah banyak, terlebih dalam kondisi masih mentah.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar sembukan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel