CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Brotowali untuk Atasi Jerawat [Manfaat, Cara & Aturan Menggunakan serta Efek Samping] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Brotowali untuk Atasi Jerawat [Manfaat, Cara & Aturan Menggunakan serta Efek Samping]

gambar batang tanaman brotowali
Sumber gambar : istock
Healty99 - Ada kemungkinan bahwa brotowali bisa mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah kamu, akan tetapi ini juga tidak menjadikan bahwa tanaman brotowali bisa kamu jadi alasan dalam mengobati jerawat, mengingat ada banyak faktor pemicu seseorang bisa mengalami jerawatan pada kulitnya.

Setidaknya ada bebebrapa faktor seseorang bisa mengalami jerawat, beberapa diantaranya dipicu oleh faktor genetik, faktor lingkungan, hormonal, gaya hidup, kurang tidur, stres, makanan, kosmetik, obat-obatan serta infeksi bakteri.

Manfaat Brotowali untuk Atasi Jerawat

Kemampuan brotowali dalam mengatasi jerawat tidak sepenuhnya benar. Tanaman satu ini diketahui memiliki sejumlah kandungan senyawa yang bersifat antibakteri, antiradang, antioksidan serta antimikroba, yang mana ini diketahui dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Selain itu, sifat antibakteri dan antimikroba pada brotowali memungkinkan mencegah pertumbuhan bakteri pada permukaan kulit, sehingga resiko munculnya jerawat dan bisul dapat dicegah.

Sisi baiknya ialah mengoleskan brotowali pada jerawat bisa membantu mempercepat penyembuhan bekas luka, kemerahan, peradangan, pembengkakan serta membantu meregenerasi sel baru berkat antioksidannya.

Cara Menggunakan & Aturan Pakai

Buat kamu yang ingin memakai brotowali dalam mengobati jerawat, kamu bisa mengolahnya menjadi salep atau masker kulit. Untuk itu berikut cara menggunakan sekaligus pengolahanya.

Menggunakan daun / batang brotowali segar

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 6 lembar daun brotowali / 75 gram kulit batang
  2. 3 sdm gel aloevera / lidah buaya
  3. Alat tumbuk
  4. Sedikit air
  5. Wadah

Langkah membuat :

  • Pertama rendam daun atau batang tanaman brotowali dengan garam, kemudian bilas menggunakan air mengalir.
  • Langkah berikutnya tinggal ditumbuk hingga halus menjadi bubur.
  • Setelah halus masukan kedalam wadah dan beri sedikit air, aduk-aduk lalu tambahkan gel lidah buaya.
  • Selesai dan siap diaplikasikan pada kulit wajah kamu.

Mengunakan bubuk brotowali

Bubuk brotowali ialah bentuk dari olahan tanaman brotowali yang terbuat dari batang maupun daun. Bagian tersebut diproses dengan dikeringkan, yang kemudian dihaluskan menjadi tepung untuk siap pakai.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Siapkan 2 sdm bubuk brotowali
  2. 4 sdm aloevera (bisa diganti dengan air biasa)
  3. Wadah

Langkah membuat :

  • Cukup campur merata bubuk dengan air / aloevera di dalam wadah, kemudian langsung aplikasikan pada permukaan kulit wajah kamu secara merata.

Untuk aturan pakai, kedua bahan diatas dapat kamu terapkan pada jerawat yang sedang membengkak, kemerahan atau sudah pecah. Cukup oleskan secara merata pada bagian kulit yang berjerawat dan dilakukan sehari 2 x atau hingga jerawat sembuh.

Bahkan tidak hanya jerawat saja, ramuan tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal pada kulit, infeksi, peradangan, memar, bisul, bengkak, koreng dan lain sebagainya.

Efek Samping Penggunaan

Brotowali sangat aman digunakan untuk luar tubuh, sehingga minim efek samping atau bahaya ketimbang mengkonsumsinya.

Namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif mungkin lain hal. Oleh karena itu saat ingin menggunakan, ada baiknya coba sedikit terlebih dahulu pada permukaan kulit kamu, kemudian lihat apakah ada reaksi yang terjadi.

Jika tidak terdapat indikasi alergi seperti bintik, gatal-gatal atau rasa tidak nyaman maka bisa dikatakan penggunaan aman, tetapi jika sebaliknya segera hentikan pemakaian dikarenakan bisa jadi kulit kamu alergi.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel