CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Umpan Ikan Belida Terbaik, Tips Memancing & Jam Makan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Umpan Ikan Belida Terbaik, Tips Memancing & Jam Makan

gambar ikan belida
Sumber gambar : istock
Healty99 - Belida merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh pipih (ramping), membungkuk, berwarna silver keabuan (terkadang kecoklatan), dengan sirip dikedua sisi atas dan bawah serta untuk beberapa spesies memiliki corak totol hitam ditubuhnya.

Belida sangat mirip dengan tapah dari segi bentuk, hanya saja perbedaan keduanya ada pada warna dan ukuran tubuh, dimana tapah dapat mencapai panjang 2,4 meter dan belida sekitar 1,5m.

Ikan satu ini kerap menjadi buruan para pemancing dan paling banyak ditemukan diperairan sungai besar, danau serta muara. Tarikan ikan yang kuat menjadi tantangan para pemancing sekaligus bikin ketagihan.

Umpan Ikan Belida

Secara spesies, belida merupakan hewan karnivora yang artinya memakan mahluk hidup ataupun hewan-hewan kecil yang jatuh maupun didalam air. Oleh karena itu jika kamu hendak memancing ikan belida, pastikan untuk memakai umpan yang paling di sukainya.

Sebagai contoh, berikut beberapa umpan terbaik untuk mancing belida yang bisa kamu gunakan.

1. Cacing

Hampir segala jenis cacing dapat kamu gunakan, contohnya cacing gila, cacing tanah dan cacing kompos atau sampah.

2. Jangkrik & belalang

Jangkrik dan belalang merupakan makanan ikan predator di alam, oleh karena itu kamu juga bisa memanfaatkan serangga satu ini untuk umpan ikan belida.

3. Ulat atau larva

Beberapa larva atau ulat seperti ulat daun pisang, ulat bambu, mealworm, larva tawon / lebah dan larva bsf bisa menjadi umpan alternatif dalam memancing ikan belida sungai maupun muara.

4. Udang & ikan kecil

Tidak hanya jangkrik, nyatanya ikan-ikan kecil dan anakan udang ternyata sangat di sukai belida.

Ini bisa kamu gunakan untuk umpan memancing saat malam hari, tetapi tipsnya gunakan umpan yang masih segar.

5. Kelabang atau lipan

Kita tahu bahwa lipan atau kelabang merupakan serangga berkaki banyak yang suka bersembunyi di tempat-tempat lembab.

Meskipun lipan pada dasarnya memiliki racun, tetapi fakatanya hewan satu ini sangat di sukai oleh sejumlah ikan predator air tawar.

6. Lure

Selain umpan hidup, kamu juga bisa memakai beberapa umpan mainan seperti lure atau umpan casting.

Mengingat belida merupakan jenis ikan predator, jadi besar kemungkinan ia akan memangsanya dikarenakan lure mirip bentuk dari ikan asli.

Tips Memancing Belida

Setelah mengetahui jenis-jenis umpan yang sering digunakan, pastikan kamu juga mengetahui beberapa tips dalam memancingnya. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu kamu dalam meningkatkan keberhasilan kamu dalam mendapatkan ikan buruan.

1. Joran / stik pancing

Yang pertama dalam memancing ikan belida pastikan kamu menggunakan joran atau stik pancing cukup memadai, dalam artian ialah cukup kuat untuk menerima tarikan ikan ganas.

Ini penting mengingat belida memiliki bentuk tubuh yang pipih dan tenaga yang agresif, jadi untuk menaikanya ke atas air memerlukan tenaga dan kekuatan cukup besar.

Untuk itu sangat disarankan kamu memakai joran tipe carbon atau pancing udang karena memiliki struktur yang kuat.

2. Mata kail

Mata kail atau mata pancing pada dasarnya adalah relatif. Ikan-ikan besar bisa saja didapatkan hanya dengan memakan mata kail kecil jika tertelan cukup dalam atau menyakut pada bagian tubuh ikan yang keras.

Tetapi demi meningkatkan keberhasilan dalam sekali makan umpan, maka sangat disarankan kamu memakai mata kail diatas no 10 dengan bahan baja.

Dengan ukuran mata kail ini maka target buruan kamu lumayan besar dengan minimal 800 gram hingga 5 kg bisa nyangkut dengan mudah.

3. Senar

Tidak ada spesial dari senar, segala jenis senar pancing dapat kamu gunakan baik itu pe atau biasa. Namun lebih penting ke daya tahan, oleh karena itu kamu bisa gunakan ukuran sekitar 8 - 12 lbs.

4. Pelampung

Mengingat ikan satu ini sangat suka bermain di dasaran dan menengah, sepertinya pelampung bukanlah hal yang terpenting dalam memancing ikan belida. Terlebih lagi mereka terkadang juga hidup diair besar yang mengalir cukup deras.

Jadi tipsnya ialah gunakan teknik dasaran saja dengan umpan gantung dimana batu pemberat lebih panjang dari senar mata kail.

Jam Makan Belida

Sebenarnya tidak ada jam atau waktu makan ikan belida yang tepat. Belida merupakan ikan predator yang dapat memakan kapanpun mereka mau jika sedang lapar, oleh karena itu kamu bisa saja mendapatkan mereka di pagi hari, siang, sore ataupun malam.

Walaupun demikian, tetapi banyak para pemancing dan teman mengatakan bahwa belida makan pada sore dan malam hari (hingga tengah malam), ini diketahui berdasarkan hasil frekuensi tangkapan saat memancing.

Namun tetap saja, semua bisa didasari oleh umpan dan keberuntungan dalam memancing.

Note : Tidak semua belida bisa ditangkap dan dikonsumsi, mengingat sebagian besar dari mereka dilindungi undang-undang.

Cukup sampai disini pembahasan kali ini dan baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel