CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Umpan Ikan Sidat & Tips Memancing - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Umpan Ikan Sidat & Tips Memancing

gambar ikan sidat
Sumber gambar : istock
Healty99 - Sidat merupakan spesies ikan dari keluarga Anguillidae, bertubuh panjang licin dan hidup di air tawar. Sidat sekilas mirip dengan belut, tetapi perbedaanya sidat ada pada sirip memanjang kebelakang serta ekor yang pipih (ramping).

Di beberapa daerah di Indonesia, hewan satu ini memiliki beragam penyebutan dan salah satunya ialah ikan uling, ikan lubang, ikan moa, ikan lumbon, ikan larak serta ikan pelus.

Banyak para pemancing berburu jenis ikan air tawar ini, selain karena rasa daging mereka yang lezat sidat juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya ialah membantu menyembuhkan luka, meningkatkan kecerdasan, kaya protein serta masih banyak lagi.

Umpan Ikan Sidat

Terlepas dari khaiatnya yang bagus untuk tubuh, namun pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi mengenai umpan sidat paling ampuh dan sering digunakan.

Oleh karena itu jika kamu mau atau ingin berburu sidat di sungai, rawa atau danau mungkin bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Berikut daftar umpan mancing yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan sidat babon ukuran besar.

  1. Cacing tanah, cacing sampah atau cacing gila
  2. Jangkrik
  3. Belalang
  4. Daging ikan / ikan kecil
  5. Udang
  6. Lemak / potongan daging
  7. Keong & bekicot
  8. Ulat kelapa
  9. Ulat pisang
  10. Orong-orong
  11. Lipan / kelabang
  12. Usus ayam
  13. Kadak / kodok air
  14. Ulat bambu
  15. Daging belut

Nah, itulah sejumlah umpan yang sering digunakan dalam memancing ikan sidat saat malam hari ataupun siang hari.

Tips Memancing

Ada banyak tips sekaligus hal menarik dalam memancing ikan sidat, entah itu di sungai, rawa, danau atau di sebuah perairan lainnya.

Sebagai pengetahuan, berikut beberapa tips yang semoga saja berguna buat kamu.

1. Teknik memancing

Setidaknya ada dua teknik dalam memancing sidat, yang pertama kamu bisa menggunakan teknik benang ulur. Yaitu dimana memancing hanya menggunakan umpan yang dikaitkan pada mata kail dan benang (senar) saja.

Kemudian dimasukan kedalam lubang atau tempat-tempat yang diyakini menjadi sarang ikan sidat liar.

Kedua bisa menggunakan joran bambu atau kayu dan stik karbon yang kemudian dilemparkan pada spot sarang sidat. Teknik ini cocok untuk jarak jauh atau tempat yang sulit dijangkau.

2. Jam makan

Ikan sidat merupakan jenis hewan yang aktif saat malam hari. Sama seperti belut mereka akan keluar dari lubang persembunyian untuk mencari mangsa atau makanan.

Oleh karena itu waktu yang tepat memancing sidat ialah sore hingga malam hari. Namun jika kamu ingin memancing saat pagi dan siang hari itu tidak menjadi masalah, tetapi tipsnya ialah carilah lokasi yang diyakini ada banyak ikan sidat.

Selain itu saat siang hari sidat biasanya akan bersembunyi di balik bebatuan dalam yang teduh serta lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Piranti & peralatan

Seperti yang telah di sebutkan di atas sebelumnya, dalam memancing sidat kamu bisa menerapkan cara teknik benang ulur dan joran (pancingan). Jadi menggunakan joran atau tidak itu adalah pilihan kamu, tetapi saya rekomendasikan menggunakan benang ulur saja karena akan lebih mudah menarik ikan ke permukaan.

Selain itu pastikan kamu memakai senar pancing yang terbaik, mengapa? Ini karena sidat sama seperti belut, mereka memiliki sifat yang agresif dan licin sehingga membutuhkan tali senar yang kuat serta tidak mudah putus.

Tali senar yang kecil akan meningkatkan resiko sidat lepas, terlebih lagi jika sidat tersebut berada di dalam lubang yang dalam.

Sejumlah pemancing terkadang menggunakan benang nilon, PE atau senar yang dipilin menjadi satu dengan tujuan supaya lebih kuat.

Sedangkan untuk mata kail, kamu bisa memakai mata kail khusus belut dengan tangkai lebih panjang. Namun jika ingin menggunakan mata kail biasa juga tidak masalah, yang terpenting ukuran tidak kecil dan rata-rata diatas no 6.

4. Berdoa

Terkadang perkara memancing itu tergantung daripada rezeki masing-masing orang. Ada yang menggunakan peralatan lengkap dan segala jenis umpan tetapi tidak mendapatkan satupun ikan, namun disatu sisi hanya dengan memakai peralatan seadanya justru bisa mendapatkan ikan dalam jumlah cukup.

Oleh karena itu penting untuk memulai suatu pekerjaan dengan berdoa sesuai kepercayaan, mengingat segala bentuk yang ada didunia ini hanya milik tuhan yang maha esa dan kita hanya meminta rizki kepadanya.

Untuk itu buat kamu yang muslim, kamu bisa memulai dengan "Bismillahirrahmanirrahim" dan berharap penuh bahwa akan selalu ada rezeki yang akan didapat.

Doa lainnya juga bisa membaca "Alhamdu lillaahilladzii rozaqonii haadza min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fiihi " yang artinya "Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku"

Nah itulah beberapa tips memancing ikan sidat dan sejumlah umpan yang bisa kamu gunakan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar memancing.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel