Manfaat Daun Ketepeng untuk luar dan Dalam Tubuh.

Manfaat daun ketepeng untuk kulit
Daun ketepeng, kaskado atau ketepeng cina (Senna alata) tanaman satu ini sudah di kenal sejak lama sebagai bahan baku obat-obatan tradisional. Termasuk dalam family Fabaceae yang merupakan tanaman semak, pendek kerap tumbuh hidup di tepian sungai, hutan dan blukar yang masih asri.

Pemanfaatan terletak ada pada daunya, dimana tanaman kerap kali digunakan sebagai obat dalam mengatasi permasalahan pada area kulit.

Sedangkan untuk kandungan ketepeng diketahui berupa flavonoid, asam krisofanat, glikosida, aloeemodina, zat pahit, zat samak, alkaloid, karbohidrat, saponin dan tannin, selain itu adapun beberapa senyawa lainya yang bersifat antibakteri, antifungi, antimikroba, antiinflamasi, antialergi serta antioksidan yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun ketepeng untuk tubuh.

1. Obat Panu, Kurap, Kudis dan Gatal.

Kemampuan daun kaskado mengatasi masalah kulit sudah tidak diragukan lagi, hal ini dikarenakan daunnya memiliki kemampuan dalam membasmi jamur, tungau dan tentu saja rasa gatal.

Itulah mengapa tanaman satu ini banyak dijadikan dalam bahan baku pembuatan salep dalam mengatasi masalah kulit.

Cara menggunakan daun tanaman ketepeng, ambil beberapa lembar daunya, tambahkan dua ruas jari rimpang jahe kemudian tumbuk hingga halus menjadi pasta. Setelah itu usapkan pada bagian kulit yang mempunyai masalah dan tutup dengan perban.

Lakukan dengan teratur beberapa hari kedepan agar khasiat daun ketepeng dapat lebih maksimal.

2. Atasi Masalah Cacing Kremi.

Selain dapat berguna dalam mengatasi masalah panu dan kurap, tanaman liar satu ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat untuk membasmi masalah cacing pada saluran pencernaan.

Penggunaan daun ketepeng untuk mengatasi cacing kremi telah di lakukan oleh beberapa masyarakat sejak lama sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Namun pengujian medis terhadap tanaman kaskado dalam mengatasi masalah cacing pada saluran pencernaan belum diketahui pasti ke ampuhanya dan masih terus di teliti.

Baca juga :

3. Mengobati Sariawan.

manfaat daun ketepeng untuk kulit

Terdapatnya ekstrak etanol pada daun kaskado (ketepeng) yang telah diuji efektivitasnya dalam membantu menyembuhkan masalah sariawan pada mulut.

Dari hasil dari penelitian daun ketepeng terlihat bahwa kandungan flavonoida dalam ekstrak senyawa etanol mampu berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sariawan yang ditandai dengan berangsurnya sembuh masalah sariawan.

4. Melancarkan Saluran Kencing.

Manfaat daun ketepeng selanjutnya yaitu berkhasiat dalam melancarkan saluran kencing, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusannya sesekali guna untuk medapatkan khasiatnya.

Dengan lancarnya saluran kecing maka beberapa masalah seperti infeksi kandung kemih, kencing batu dan kelebihan mineral garam di dalam tubuh dapat di atasi secara alami.

5. Mengobati Luka Kulit.

Ternyata tanaman liar satu ini bisa kamu gunakan sebagai obat luka dadakan loh, seperti luka tertusuk paku, luka memar maupun luka gores.

Guna mengoles daun tanaman ketepeng ialah untuk mencegah terjadinya infeksi dan bernanah pada area kulit, seperti yang sudah di sebutkan di awal bahwa tanaman satu ini mempunyai kemampuan dalam membunuh kuman dan jamur yang sering menginfeksi kulit.

Cara menggunakanya yaitu cukup ambil beberapa lembar daun kemudian haluskan dan tempelkan pada area yang terluka.

Baca juga :

6. Mengobati Gigitan Serangga.

Jika kamu tergigit serangga cobalah jangan panik, dan jika ditempat kamu terdapat banyak daun ketepeng, kamu bisa menggunakanya sebagai alternatif obat alternatif alami.

Pasalnya beberapa gigitan serangan terkadang membawa kuman, virus, parasit dan mungkin saja racun sehingga harus di netralkan. Salah satunya yaitu menggunakan daun keteng dan kunyit.

Cara membuatnya tumbuk kedua bahan tersebut lalu tempelkan pada area yang tergigit serangga.

7. Menghilangkan Bau Badan.

Manfaat daun kaskado selanjutnya yaitu bisa menghilangkan bau tak sedap ditubuh. Salah satu penyebab bau di badan ialah adanya pertumbuhan jamur dan bakteri dikulit kamu, yang tentu saja akan tambah parah apabila kamu mengeluarkan banyak keringat.

Untuk itu sifat seperti antifungi, antimikroba dan antibakteri pada tanaman satu ini, bisa kamu gunakan dalam mengatasi masalah tersebut.

Cara mengolah ketepeng cukup rebus dengan air, kemudian digunakan untuk membilas tubuh saat mandi.

8. Mengatasi Sakit Perut.

mnafaat daun ketepeng untuk kesehatan

Salah satu dari beberapa penyebab sakit perut ialah adanya infeksi kuman dan virus pada saluran pencernaan. 

Nah maka dari itu kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun kaskado untuk meredakan masalah tersebut, cukup minum 1 atau 2 gelas saat sakit perut melanda.

Baca juga :

9. Mengobati Bisul dan Jerawat.

Manfaat daun ketepeng selanjutnya yaitu bisa kamu gunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat dan bisul.

Penyebab terjadinya jerawat dan bisul ada banyak namun yang sering ialah karena adanya pertumbuhan kuman pada lapisan kulit sehingga membuat peradangan dan membengkak dengan disertai cairan putih.

Untuk itu kamu bisa mengunakan sifat antibakteri pada daun tanaman liar satu ini dalam mencegah timbulnya jerawat dan bisul serta mempercepat penyembuhan luka.

10. Menurunkan Kadar Gula Darah.

Dilihat dari kandunganya daun ketepeng memiliki beberapa senyawa yang mampu bersifat antioksidan serta mampu berguna dalam mengontrol gula (glukosa) darah yang berlebihan sehingga penyakit seperti daibetes dan kencing manis dapat di cegah lebih awal.

Namun pemanfaatan tanaman satu ini jarang digunakan untuk mengatasi diabetes dan lebih banyak digunakan untuk luar tubuh.

Itulah beberapa manfaat daun ketepeng atau kaskado untuk luar dan dalam tubuh.

Semoga menambah pengetahuan kamu dan bermanfaat.

Informasi tentang tanaman herbal lainya bisa kamu cari di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i