CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bentuk Dan Seberapa Bahaya Wabah Jamur Hitam India - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Bentuk Dan Seberapa Bahaya Wabah Jamur Hitam India

Gambar jamur hitam india, Mucormycosis
Sumber foto
Healty99 - Belum lepas dari masalah pandemi Covid-19, kini India dipermasalahkan dengan serangan wabah baru yang berbahaya, yaitu wabah jamur hitam (Mucormycosis).

Wabah black fungus atau jamur hitam ini dapat menyebar dengan sangat cepat. Menurut Dr Akshay Nair, ahli bedah mata yang berbasis di Mumbai mengatakan Mucormycosis adalah jenis infeksi yang sangat jarang terjadi.

Jamur mukosa biasanya banyak ditemukan di tanah, tanaman, pupuk kandang, serta buah dan sayuran yang membusuk, bahkan di hidung dan lendir orang sehat juga ada. Akan tetapi untuk kasus terinfeksi pada manusia sangat jarang terjadi.

Namun jika terdapat indikasi terinfeksi maka hal ini sangat berbahaya, karena black fungus bersifat agresif terutama pada area hidung, mata, dan terkadang otak si penderia. Ummunya seseorang yang terinfeksi wabah jamur hitam ialah yang sudah mempunyai riwayat diabetes parah dan sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah.

Dr Nair yang bekerja di tiga rumah sakit di Mumbai, salah satu kota yang paling parah terkena gelombang kedua juga mengatakan dia telah melihat sekitar 40 pasien yang menderita infeksi jamur hitam pada bulan April ini.

Jenis Wabah Jamur

Selain jamur hitam berbahaya yang melanda India, adapun beberapa varian jamur sangat berbahaya yaitu jenis putih dan kuning. Apa saja perbedaan dan seberapa bahaya, berikut ulasan yang dikutip dari cnbcindonesia.com.

1. Jamur Putih

Infeksi ditandai mirip seperti gejala Covid-19 berupa demam, batuk, diare dan bintik hitam di area paru-paru. Setelah gejala muncul timbul luka berwarna putih pada area sekitaran mulut pasien. 

Luka ini dapat menyerang area kerongkongan hingga menyebabkan kesulitan menelan makanan. Infeksi terparah dapat menyebar kearea paru-paru, kuku, ginjal, otak dan mulut penderita.

Diketahui Infeksi ini dapat di sebabkan oleh spesies fungi yang berada di lingkungan tempat tinggal, peralatan medis yang tidak bersih, dan kurangnya merawat kebersihan tubuh.

2. Jamur Hitam

Mucormycosis, penampakan orang yang terinfeksi jamur hitam india
Sumber foto 
Kasus infeksi jenis fungi ini jarang terjadi namun dapat menyerang manusia. Gejala terinfeksi dapat berupa nyeri pada mata, pipi atau mata membengkak, sakit kepala, nyeri pada wajah, hidung tersumbat, dan kerak hitam di area hidung.

Beberapa kasus jamur hitam menyerang orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh sangat lemah, seperti pengidap diabetes, HIV/AIDS hingga pasien kanker.

3. Jamur Kuning

Ini merupakan infeksi yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Namun tidak mudah untuk mencari gejala awal atau peularan di dalam tubuh manusia.

Beberapa kasus terdeteksi pada saat penyakit sudah mulai parah atau menyebar. Umumnya spesies fungi ini menginfeksi hewan reptil dan sejenis, akan tetapi tak menutup mungkin juga menginfeksi manusia.

Gejala timbul dapat berupa kebocoran nanah, luka yang lambat sembuh, dan dalam beberapa kasus yang cukup serius, infeksi dapat menyebabkan gejala merusak jaringan sel dan kegagalan organ vital.

Sebenarnya mereka mudah disembuhkan apabila cepat di deteksi, namun kebanyakan gejala sulit diketahui.

Nah itulah beberapa informasi mengenai wabah jamur hitam India dan beberapa jenis wabah lainya

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i