CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Pohon Jeruk yang Cocok Jadi Tanaman Hias - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Jenis Pohon Jeruk yang Cocok Jadi Tanaman Hias

gambar pohon jeruk hias
Sumber gambar : pixabay/orange fruit/Hans
Healty99 - Jeruk merupakan penyebutan umum untuk buah dari tanaman keluarga citrus. Secara umum pohon jeruk ditanam untuk dimanfaatkan buahnya sebagai keperluan komersil dan konsumsi, walau begitu ada juga beberapa jenis jeruk yang memanfaatkan bagian daunnya ketimbang buah.

Mungkin kamu pernah berpikir. Bisakah jeruk menjadi bonsai atau tanaman hias dalam pot? Dan jenis jeruk apa yang cocok? Mengenai hal tersebut tentu saja bisa, dan ada beberapa jenis tanaman citrus yang memang bisa kamu jadikan tanaman hias dengan mudah.

Namun perlu kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa pohon jeruk terbilang pohon cukup tinggi dan besar jika dimasukan kedalam pot. Selain itu batang jeruk juga memiliki duri tajam, yang mana memerlukan kehati-hatian agar tidak membahayakan dan melukai seseorang nantinya.

Baca juga :

Jenis-Jenis Buah Jeruk Asam Dan Manis

Untuk membuat tanaman jeruk terlihat menarik dan cantik sebagai tanaman hias, mungkin akan memerlukan sedikit perawatan lebih, hal ini guna untuk mengatur pertumbuhanya. 

Nah, jika kamu ingin menjadikanya sebuah bonsai mini didalam pot, baiknya untuk mengunakan jeruk hasil cangkokan batang atau stek. Dengan begitu kamu akan mendapatkan hasil pertumbuhan pohon yang baik dan bagus serta cepat berbuah.

Karena jika kamu menggunakan dari bibit atau biji, pohon yang didapat masih terbilang muda dan kurang cocok jika dijadikan bonsai atau tanaman hias.

Untuk itu, jika kamu ingin membuat bonsai dari tanaman berduri ini, berikut beberapa jenis jeruk yang bisa kamu gunakan dan memiliki tampilan cantik :

Jenis Jeruk Untuk Bonsai atau Hias

1. Kumquat Nagami

jeruk nagami
Sumber foto : pixabay/kumquat/Hans
Yang pertama ada Kumquat Nagami atau lebih dikenal dengan Nagami.

Jenis jeruk satu ini cocok jika kamu jadikan sebuah bonsai atau sekedar tanaman hias didalam pot. Hal ini dikarenakan bentuk buah dan pohonya yang menarik sekaligus cantik.

Pohon Kumquat Nagami berasal dari Tiongkok yang memiliki batang tidak terlalu tinggi, ukuran besar hanya mencapai 2.5 sampai 4.5 meter. 

Selain itu buah dari Kumquat Nagami memiliki bentuk yang unik yaitu lonjong dan berwarna kuning orange saat telah matang, berasa asam serta ia juga memiliki daun yang rimbun di tiap rantingnya.

Jenis satu ini sangat cocok jika diletakan dalam ruangan atau sebagai hiasan diatas etalase rumah kamu.

2. Kalamansi

Jeruk Kalamansi
Sumber foto : istockphoto
Jeruk Kalamansi adalah penyebutan lain untuk cui kasturi (kesturi) atau jeruk kunci.

Varietas tanaman satu ini diketahui ada dua jenis, namun keduanya dapat dibedakan berdasarkan warna dari kulit buah. 

Citrofortunella microcarpa adalah varietas untuk kulit buah berwarna hijau bias kuning, dan sedangkan Citrofortunella mitis memiliki kulit buah berwarna kuning terang atau orange terang.

Walau begitu keduanya memiliki ukuran yang tak jauh beda yaitu dengan besar 2 atau 3 cm, serta dari segi rasa juga sama-sama asam.

Karena ukuran buah dan pohonya terbilang kecil, jenis satu cocok untuk di buat bonsai atau sekedar tanaman hias dalam pot.

Selain itu jika nanti berbuah kamu bisa mengambilnya untuk dijadikan minuman segar.

3. Jeruk Kingkit

jeruk kingkit
Sumber foto : bebeja
Jeruk kingkit, atau ranti (Triphasia trifolia, syn. T. aurantiola Lour. dan Limonia trifolia Burm.) Adalah kerabat dari genus Citrus, namun nyatanya tanaman satu ini bukanlah jeruk yang sebenarnya.

Kinkit sendiri memiliki bentuk buah merah yang ukuranya terbilang kecil yaitu hanya 1,5 cm, selain itu dari sisi daunnya juga mempunyai bentuk berjari tiga majemuk.

Jenis jeruk satu ini mungkin bisa saya rekomendasikan buat kamu jadikan bonsai hias, karena memang banyak juga penggemarnya.

4. Lemon

pohon lemon
Sumber foto : pixabay/lemon tree/Capri23auto
Lemon, siapa sih yang tidak tahu dengan buah satu ini? Jeruk berwarna kuning cerah dengan rasa asam segar ini sering kali dimanfaatkan sebagai minuman atau penyedap pada masakan.

Walau memiliki ukuran pohon yang besar, namun lemon juga kerap ditanam sebagai tanaman dalam pot dengan ukuran yang kecil.

Terlebih lagi jika berbuah lebat maka akan terlihat cantik sekaligus bisa dimanfaatkan tentunya.

5. Jeruk Nipis

pohon jeruk nipis
Sumber foto : pixabay/lime tree/AliceKeyStudio
Jenis jeruk yang bisa kamu jadikan bonsai atau tanaman hias selanjutnya ialah nipis atau limau.

Jenis ini ada banyak dan bahkan sangat familiar bagi banyak orang, terlebih lagi dari segi penggunaan pada bumbu masakan Jeruk nipis lebih diutamakan dan jenis lainnya.

Selain itu jeruk nipis juga mudah hidup dan mudah dikembang biakan dari cangkok atau stek batang, sehingga nantinya akan cepat lenbat dan berbuah.

Mungkin jika kamu tertarik bisa menjadikan jeruk nipis sebagai bonsai atau tanaman hias dalam pot.

Nah itulah beberapa jenis pohon jeruk yang bisa kamu jadikan bonsai atau tanaman hias.

Pada dasarnya hampir semua pohon dari keluarga cirtus itu sendiri bisa di jadikan bonsai, hanya saja untuk membuatnya diperlukan waktu dan perawatan yang khusus.

Maka dari itu, untuk mempercepat pertumbuhan kamu bisa menggunakan metode cangkong batang.

Baca terus informasi menarik lainya di healty99.com tentang jeruk.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel