CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daun-Daunan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Daun-Daunan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat

gambar daun sirsak
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Penggunaan daun-daunan untuk menurunkan kolesterol merupakan salah satu cara tradisional yang sudah dilakukan sejak lama. Banyak orang menggunakanya karena dirasa lebih alami, murah dan khasiatnya juga telah dipercaya secara turun menurun.

Namun perlu kamu ketahui, sebenarnya kolesterol itu penting bagi tubuh, karena ia berguna untuk membantu memproduksi sejumlah hormon.

Setidaknya ada dua jenis kolesterol yang bisa diketahui, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Keduanya mempunyai sifat bertolakan, dan yang harus diwaspadai ialah jenis LDL (Low Density Lipoprotein).

Selain mengatur pola makan bagi penderita kolesterol, banyak juga orang mempercayai dengan mengkonsumsi beberapa rebusan daun tanaman bisa mengatasi masalah tersebut.

Penasaran? Simak beberapa rebusan daun yang bisa menurunkan kolesterol 

Daun Untuk Obat Kolesterol

Beberapa jenis dedaunan memang ada yang mempunyai kemampuan dalam melancarkan aliran darah, hal inilah yang diyakini bisa membantu dalam melunturkan kolesterol jahat didalam tubuh. Namun, ini tidak bisa menjadi acuan bahwa 100% akan berhasil sepenuhnya.

Nah, berikut berikut beberapa dedaunan tersebut.

1. Daun suji

Yang pertama ada daun suji. Tanaman satu ini memang sering digunakan terutama sebagai perwarna pada makanan dan minuman, bahkan penggunaanya pun sudah tidak heran lagi oleh masyarakat kita.

Menurut buku Apotik Herbal di Sekitar Anda, daun suji diketahui mengandung senyawa saponin yang berguna dalam mengatur kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengkonsumsi rebusan daun suji secara bertahap tiga kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Daun manggis

Daun manggis mempunyai kemampuan dalam melarutkan lemak di dalam darah sehingga hal ini memungkinkan kolesterol jahat atau trigliserida pun bisa ikut terurai.

Bahkan tidak hanya itu saja, daun manggis sudah sejak lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi.

3. Daun jambu biji

Bukan sebuah rahasia jika daun jambu biji mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya tersebut ialah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu merebus daun jambu biji bersamaan dengan daun ceremai, rebus sampai mendidih hingga menyisahkan airnya separuh.

Tunggu hingga dingin dan konsumsi sebanyak dua kali sehari secara teratur.

4. Daun jati belanda 

Menurut buku dengan judul "Ramuan Herbal Penurun Kolesterol" daun tanaman jati belanda mempunyai kemampuan dalam menurunkan lemak jahat bila digunakan secara secara teratur. 

Terlebih lagi daun jati belanda memang mengandung senyawa saponin, asam folat, flavonoid, damar, sterol, alkaloid, dan tanin. 

Beberapa kandungan yang ada tersebut diketahui juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengkonsumsi rebusan daun jati belanda secara teratur.

5. Daun salam

Pada daun saun salam, terdapat kandungan antioksidan jenis flavonoid, saponin dan alkaloid.

Ini dapat berguna dalam melancarkan aliran darah, mengatasi masalah hipertensi dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Cukup mengkonsumsi air rebusan daun salam secara teratur dua kali sehari, maka kolesterol akan berangsur-angsur berkurang.

6. Daun bidara

Salah satu khasiat daun bidara yang terkenal ialah mampu mengurangi kolesterol jahat.

Pasalnya, daun bidara mengandung sejumlah serat yang dapat larut dalam air, sehingga rebusan daun bidara di yakini bisa mengikat kolesterol atau lemak.

Tidak hanya itu saja, air rebusan dari daun bidara jika dikonsumsi secara teratur juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu loh. 

7. Daun sirsak

Berikutnya ada daun sirsak. Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa daun sirsak mempunyai kemampuan yang cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

Daun sirsak diketahui juga mengandung serat dan antioksidan yang bisa mengurangi lemak jenuh dalam aliran darah.

Manfaat bisa kamu dapatkan dengan menkonsumsi suplemen daun sirsak atau rebusan daunnya.

Nah, itulah beberapa jenis daun-daunan yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selamat mencoba.

Catatan :

Mengkonsumsi ramuan seperti rebusan daun tanaman diatas dalam upaya menurunkan kadar kolesterol adalah sah-sah saja.

Namun, perlu kamu ketahui ialah. Menggunakan cara tersebut secara sembarangan dan tanpa diketahui dosis pemakaian yang tepat, ini justru bisa menimbulkan efek saping dari si pengguna. 

Terlebih lagi jika kamu menggunakanya dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Untuk itu sebaiknya kamu konsultasikan dahulu ke dokter spesialis, terutama apabila kamu mempunyai riwayat kesehatan atau sedang mengkonsumsi obat-obata.

Ini bertujuan untuk menghidari efek samping dari penggunaan yang ditakutkan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i