CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis-Jenis Tanaman Hias Calathea - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Jenis-Jenis Tanaman Hias Calathea

gambar jenis tanaman hias Calathea
Sumber foto : pixabay/12019

Healty99 Calathea merupakan genus tanaman berbunga dari famili Marantaceae. Mereka biasa juga disebut sebagai calatheas atau tanaman doa. Setidaknya ada sekitar 200 spesies yang tersebar, namun kali ini saya ingin merangkum beberapa tanaman hias Calathea yang banyak di sukai.

Nah, daripada panjang lebar, langsung saja berikut beberapa macam jenis tanaman hias Calathea yang bisa kamu jadikan pilihan.

Jenis Tanaman Calathea

1. Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia
Sumber foto : instagram/@a2.garden
Dengan ciri khas daun hijau bergaris perak berbentuk bulat dan seperti kulit, ia bisa menumbuhkan daun yang hampir dua belas inci lebarnya,.

Sedangkan ukuran dewasa mampu tumbuh sekitar 2,5 kaki dan lebarnya. Calathea Orbifolia adalah tanaman bisa membuat kamu penasaran dan membalik hanya sekedar melihatnya untuk kedua kalinya, meskipun hampir kebanyakan selalu cinta pada pandangan pertama.

Calathea orbifolia pasti mampu menarik banyak orang termasuk kamu hanya karena daunnya yang besar dan kuat, terlebih lagi dengan pola atau coraknya.

Jenis satu ini diketahui cukup kuat loh dan dapat tumbuh dengan baik dalam ruangan sedikit panas bagi kita.

2. Calathea Warscewiczii

Calathea Warscewiczii
Sumber foto : wikipedia
Calathea Warscewiczii merupakan salah satu dari banyak jenis tanaman Calathea yang modis dan termasuk favorit saya.

Calathea warscewiczii dianggap sebagai tanaman hijau abadi nonkayu muda. Karena setiap daun tumbuh setinggi sekitar dua belas inci, dan mampu tumbuh hingga tiga kaki pada saat ukuran dewasa.

Uniknya ia mempunyai kebiasaan menggumpal, tampak beludru dan berwarna hijau tua.  Saat menggumpal juga terlihat berbentuk tombak dengan bagian bawah berwarna ungu.

3. Calathea Makoyana

Calathea Makoyana
Sumber foto : smartgardenguide
Ciri khas Makoyana ialah setiap daun terhubung ke batang merah muda (kemerahan), dan daun segar berbentuk persegi menggulung di bagian bawah ungu mereka.

Daun tipis tipis dengan bagian bawah ungu berwarna hijau muda dengan tanda merak hijau tua yang tertutup oleh bulu krem ​​dan menjadi tua hingga dua belas inci panjangnya.

Calathea makoyana termasuk sensitif terhadap garam seperti halnya semua tanaman keluarga Calathea.

4. Calathea Crocata

Calathea Crocata
Sumber foto : houseplantz
Calathea crocata, tanaman eksplisit ini menyukai panas dan media yang basah. Kamu bisa mendapatkan performa paling efektif untuk menumbuhkan tanaman hias satu ini di ruangan dengan suhu stabil 65 °F hingga 80 °F dan tingkat kelembapan yang tinggi.

Tanaman dewasa rata-rata setinggi satu hingga dua kaki dan lebar. Selain itu pupuk setiap bulan selama pertumbuhan aktif menggunakan campuran kompos setengah.

5. Calathea Ornata

Calathea Ornata
Sumber foto : plantcareforbeginners
Ciri khasnya ialah memiliki daun lonjong hijau tua dan mengkilap dengan bagian bawah ungu yang terhubung ke batang hijau panjang.

Terdapat garis-garis berwarna putih kemerah-merahan membentuk pola berbulu pada daun yang menunjukkan tampilan terbesar.

Jenis satu ini bisa sangat subur jika ditanam menggunakan campuran kompos campur dan lembab, serta di tempatkan di mana pun di dalam suhu bervariasi antara 65 ° F dan 80 ° F.

6. Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta
Sumber foto : wikipedia
Berikutnya ada Calathea Roseopicta. Setiap daun memiliki pola khas yang muncul dengan corak yang semakin lebih kecil.

Ini semua tentang daun oval, mengkilap, besar dan berwarna hijau di bagian atas serta ungu di bagian bawah.

Tanaman hias Calathea roseopicta sangat menyukai dasar tanah yang sangat lembap dan berdrainase baik. Ia bisa tumbuh dengan baik pada suhu ruangan sekitar  65 ° F hingga 80 ° F.

7. Calathea Roseopicta Rosy

Calathea Roseopicta Rosy

Sumber foto : gardentags
Tanaman dewasa akan menjadi tua hingga dua puluh inci; namun, terkadang ukurannya lebih kecil. Calathea roseopicta Rosey (rosy) pasti menampilkan ledakan warna dan menarik perhatian ditempatkan di dalamnya.

Pohon cemara yang membentuk rumpun ini memiliki daun oval raksasa yang berwarna hijau dengan bagian tengah berwarna krem ​​dan merah muda serta pola bulu merah muda di tengahnya. Tanaman dewasa akan menjadi tua hingga 20 inci tingginya.

8. Calathea Ornata Sanderiana

Calathea Ornata Sanderiana
Sumber foto : osera
Ciri khasnya daun terhubung ke batang dengan warna ungu, tumbuh setinggi sekitar dua kaki, dan cukup lebar saat dewasa. Tanaman Calathea Lutea memiliki kesan nuansa tropis dan warna-warni sekaligus daunnya yang lebar dan mengkilap.

Mereka menampilkan warna hijau tua di bagian atas dengan garis-garis berwarna mawar dan krem, dan pada bagian bawah ungu tua.

9. Calathea Roseopicta Dottie

Calathea Roseopicta Dottie
Sumber foto : gardentags
Calathea Roseopicta Dottie memiliki  daun yang bisa menarik perhatian seseoirang, dengan bentuknya yang oval, diwarnai warna hitam kehijauan yang sangat pekat, membuatnya hampir hitam secara keseluruhan.

Uniknya terdapat garis membentang di tepi daun mnegah, pola gari mengikuti daun dengan warna merah muda.

10. Calathea Lancifolia

Calathea Lancifolia
Sumber foto : Krystal Slagle
Selanjutnya ada Calathea Lancifolia. Ini adalah bentuk tanaman Calathea yang lebih tinggi, dengan tanaman dewasa yang tumbuh sekitar delapan belas inci.

Calathea lancifolia lebih sehat, disebut rattler Plant, karena tanda-tanda khas pada dedaunan menyerupai craniate.

Calathea lancifolia jarang berbunga, namun di sepanjang tahun bunga akan keluar dengan warna kuning.

Nah, itulah beberapa jenis atau macam-macam tanaman hias Calathea yang banyak digemari orang.

Tertarikah kamu memeliharanya satu di rumah?

Baca terus infomenarik lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel