CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tahukah Kamu Bahwa Pisang Bagian Dari Buah Berry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Tahukah Kamu Bahwa Pisang Bagian Dari Buah Berry

gambar buah pisang dan stroberi
Sumber foto : pixabay/Buntysmum
Healty99 Apakah pisang berry atau malah buah biasa? Yuk cari tahu hal-hal yang mengejutkan. Kebanyakan orang dapat dengan mudah membedakan antara buah-buahan dan sayuran.

Namun, perbedaan dari berbagai jenis buah kurang jelas, oleh karena itu kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana pisang harus diklasifikasikan. maka dari itu penting mencari perbedaan keduanya terlebih dahulu.

Apa perbedaan antara buah dan berry?

Kata buah kerap kali di pakai untuk menggambarkan struktur penahan atau pembungkus biji, dalam istilah berdaging, dari jenis tanaman berbunga.

Buah menjadi bagian organ reproduksi tanaman tersebut, dan fungsi utamanya adalah untuk mendistribusikan benih ke area baru di mana tanaman baru bisa tumbuh. Buah sendiri dapat dibagi menjadi dua kategori utama yaitu buah kering dan berdaging.

Buah-buahan kering adalah makanan yang biasanya tidak kita anggap sebagai biji, seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan kelapa.

Di sisi lain, buah-buahan berdaging adalah jenis yang biasa kita makan, seperti buah apel, ceri, pisang dan sejenisnya.

Namun, buah berdaging dapat dibagi lagi. Pembagian menjadi buah sederhana, agregat atau ganda. Nah, beri menjadi bagian dari subkategori buah berdaging sederhana.

Singkatnya semua beri-berian merupakan buah tetapi tidak semua buah bagian dari beri.

Pisang Adalah Berry

Pisang secara botani adalah bagian dari berry. Ya, meski terdengar mengejutkan, namun kenyataanya dalam ilmu botani pisang dianggap sebagai buah beri.

Kategori buah jatuh dan ditentukan oleh bagian tanaman yang berkembang menjadi buah utuh. Misalnya, beberapa buah berkembang dari bunga yang mengandung satu ovarium sementara yang lain berkembang dari bunga yang mengandung beberapa ovarium.

Selain itu, pada bagian biji buah dikelilingi oleh tiga struktur utama seperti Exocarp (kulit atau bagian luar), Mesokarp (daging atau bagian tengah) Endokarp (bagian dalam yang menyelubungi biji).

Tidak semerta-merta semua buah dapat di sebut sebagai berry. Misalnya contoh, untuk dianggap sebagai bagian dari beri, buah harus berkembang dari satu ovarium tunggal dan umumnya memiliki exocarp yang lembut dan mesocarp yang berdaging.

Endokarp yang dimilikinya juga harus lunak dan dapat menutupi satu atau lebih biji.

Nah, sedangkan pisang mampu memenuhi semua persyaratan ini. Mereka berkembang dari bunga yang mengandung satu ovarium tunggal, mempunyai kulit yang lembut dan bagian tengah yang berdaging.

Selain itu, buah pisang sebenarnya mengandung beberapa biji yang tidak diperhatikan banyak orang, hal ini karena ukurannya yang sangat kecil.

Singkatnya, pisang berkembang dari bunga dengan satu indung telur, mempunyai bagian tengah (daging) yang lembut dan manis serta mengandung satu atau lebih biji. Oleh karenanya, ia mampu memenuhi persyaratan tersebut dalam botani.

Pisang tidak di kenal sebagai berry

Banyak yang terkejut saat mengetahui bahwa buah pisang sebenarnya diklasifikasikan sebagai buah beri.

Kebanyakan orang telah menganggap buah beri sebagai buah dengan ukuran kecil, yang biasa dipetik dari kebun, seperti stroberi, raspberry, dan blackberry.

Namun tahukah kamu sebenarnya, secara botani buah-buahan seperi stroberi, raspberry, dan blackberry yang kita kenal tidak dianggap sebagai buah beri loh.

Hal ini di karenakan alih-alih berkembang dari bunga dengan satu ovarium, mereka berkembang dari bunga dengan banyak ovarium. Itu sebabnya mereka sering ditemukan berkelompok dan dikategorikan sebagai buah agregat.

Meskipun klasifikasi ini sekarang ada dan mudah diketahui, namun kebanyakan orang tetap tidak menyadarinya.

Jadi, bagaimana? Sudah kah kamu tahu bahawa pisang adalah buah berry atau malah terkejut karena baru mendengarnya?

Tidak perlu terkejut karena beberapa buah lainnya seperti tomat, anggur, kiwi, alpukat, paprika, terong, jambu biji masih di kategorikan sebagai beri.

Nah, itulah penjelasan secara botani (ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan) bahwa buah pisang termasuk dalam keluarga berry. Walau begitu pengenalan secara umum tidak di kenal demikian.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah berry dan pisang.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i