CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Pemanfaatan Batang Pisang Agar Tidak Terbuang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Pemanfaatan Batang Pisang Agar Tidak Terbuang

gambar pohon batang pisang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Keberadaan tanaman pisang di Indonesia memang melimpah adanya. Hal ini di karenakan akan kebutuhan buah serta daunnya sebagai makanan dan pembungkus. Namun, tak kala bagian batang dari tumbuhan bertunas satu ini hanya di buang begitu saja.

Nah, ketimbang batang pisang di biarkan begitu saja, cobalah untuk kamu manfaatkan menjadi hal-hal yang berguna dan mungkin saja bisa bernilai uang. 

Batang pisang merupakan salah satu bahan baku yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan. Siapa sangka, kreativitas manusia terus menghasilkan produk berupa aneka kerajinan berbahan dasar pelepah pisang berikut ini.

Selain digunakan sebagai bahan makanan dan obat-obatan, batang pisang kini juga menjadi berbagai produk yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Batang pisang juga memiliki tekstur mirip seperti tanaman eceng gondok dan tentu saja juga bisa ditenun dan menjadi bahan untuk dijadikan berbagai produk yang bermanfaat.

Lantas olahan apa saja yang bisa dibuat dari batang pisang? Untuk itu yuk simak sampai selesai.

Sekilas Tentang Batang Pisang

Pohon pisang memiliki batang seperti serabut yang mengandung air seperti batang eceng gondok. Pohon pisang biasanya hanya menghasilkan satu tandan bunga yang kemudian menjadi seikat pisang. Setelah itu pohon tersebut akan mati perlahan.

Jika pohon pisang yang sudah diambil buahnya dan hanya dibiarkan mati, maka akan terbuang percuma. Karena dari pohon pisang ini masih ada batangnya yang bisa diolah menjadi bahan baku.

Bahan baku tersebut berupa seperti tali yang kemudian dapat ditenun menjadi berbagai produk yang bermanfaat.

Pemanfaatan Batang Pohon Pisang

Sebelum mengetahui berbagai jenis kerajinan yang bisa dibuat dari pelepah pisang, alangkah lebih menariknya untuk mengetahui berbagai manfaat pelepah pisang lainnya.

Kebanyakan yang menggunakan batang pisang adalah masyarakat yang tinggal di daerah tropis dimana batang pisang dapat tumbuh. Seperti Indonesia, India dan negara lainnya.

1. Makanan

Pada bagian tengah batang pisang terdapat bagian yang bertekstur renyah dan banyak mengandung air.

Bagian yang garing inilah yang dijadikan makanan di Indonesia. Mereka memasak bagian dari batang pisang ini sebagai makanan sayuran yang disebut ares.

Tidak hanya di Indonesia saja, di beberapa negara lain, bagian batang pisang ini juga dibuat menjadi santapan lezat. Contohnya di Thailand dan Vietnam, bagian banana slab ini diolah menjadi salad yang disantap dengan bumbu kari.

2. Hiasan dekorasi

Ternyata batang pisang juga berguna untuk hiasan dekorasi ruangan loh. Hal ini bisa dilihat beberapa pameran tradisional dan kesenian.

Beberapa pementasan panggung yang dihias dengan karangan bunga biasanya ditempelkan pada batang pisang. Karena batang ini cukup kokoh namun cukup lunak untuk ditusuk oleh ornamen sehingga bisa menjadi dasar rangkaian bunga.

3. Kompos tanaman

Kompos biasanya digunakan sebagai campuran tanah untuk penanaman. Batang pisang juga berguna untuk kompos.

Meski membutuhkan waktu lama untuk terurai, batang pisang merupakan bahan kompos yang baik. Agar cepat terurai, batang pisang biasanya dipotong kecil-kecil.

4. Mainan anak

Tak jarang mainan anak dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Salah satu bahan alami untuk membuat mainan anak adalah pelepah dan batang pisang.

Bagian tersebut kerap dibuat menjadi kuda-kudaan, senjata, pedang, rakit dan lain-lain. Mainan dari bahan ini cenderung lebih aman dibandingkan mainan yang terbuat dari permukaan yang keras dan kasar.

5. Kerajinan tangan

Batang pisang memang bisa menjadi bahan untuk membuat berbagai produk kerajinan anyaman.

Caranya diparut hingga menjadi untaian. Kemudian dijemur hingga kering sehingga menjadi seperti tali yang tidak mudah putus karena berserat. Helaian tali pisang ini kemudian ditenun dan baru bisa di pakai untuk keperluan industri.

Beberapa produk yang terbuat dari anyaman pelepah pisang antara lain sandal, tas, alas piring, tali dan berbagai produk rumah tangga lainnya.

Selain produk kerajinan, batang pisang ini juga bisa diolah menjadi lembaran. Lembar ini kemudian dibuat menjadi sebuah lukisan. Serta berbagai produk lain yang bisa dibuat dari bahan baku yaitu batang pisang.

Beberapa kerajinan tangan dari batang pisang lainnya ialah dapat diolah menjadi barang funiture rumah seperti meja, kursi, vas bunga dan sebagainya.

Tentu ini bisa menjadi nilau jual dan bahkan expor yang luar biasa.

Nah, bagaimana? Tertarikah kamu untuk memanfaatkan batang pisang menjadi kerajinan seni?

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman pisang.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel