CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping dan Manfaat Buah Pisang Untuk Rambut serta Kulit Kepala - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Efek Samping dan Manfaat Buah Pisang Untuk Rambut serta Kulit Kepala

gambar keramasan rambut
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Manfaat buah pisang untuk rambut dan kulit kepala. Mustahil rasanya sulit untuk menemukan pisang di negara tropis seperti Indonesia. Tentunya pasti kamu sering makan buah satu ini walau hanya sepotong atau dua potong saja.

Selain rasanya yang manis dan lezat, manfaat buah pisang sudah tidak diragukan lagi untuk tubuh. Ia kaya akan kandungan nutrisi, baik dari segi mineral, serat hingga vitamin.

Mulai dari mampu mengatasi masalah gangguan pencernaan, susah buang air besar hingga menjaga daya tahan tubuh. Semuanya bisa kamu dapatkan hanya dengan makan buah secara teratur.

Tidak hanya bermanfaat untuk dalam tubuh, tapi tahukah kamu bahwa pisang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan rambut kepala loh. Selain dengan cara di konsumsi, kamu bisa memanfaatkanya sebagai hari mask.

Yap, hair mask yang terbuat dari buah pisang diketahui dapat memberi manfaat lebih bagi rambut dan kulit kepala kamu. Penasaran? Yuk kita simak apa saja khasiatnya.

Manfaat Pisang Untuk Rambut dan Kulit Kepala

Pisang mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi, seperti halnya  kalium, vitamin B6, dan magnesium, tentu sangat disanyangkan jika hanya kamu lewatkan begitu saja.

1. Membantu melembutkan rambut

Kamu mempunyai rambut yang sulit di atur seperti kasar, keriting, kusam dan kering?. Bisa jadi itu karena rambut kamu kekurangan nutrisi loh.

Mungkin kamu bisa mencoba untuk memanfaatkan masker pisang sebagai alat dalam mengatasinya.

Penggunaan secara rutin masker (hari mask) pisang, diketahui mampu membuat helaian rambut kamu menjadi lebih halus, lembut dan tentu saja mencegah masalah keriting timbul.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Adanya kandungan antioksidan, air dan beberapa mineral pada buah pisang, ternyata mampu memberi perlindungan pada area kulit kepala serta rambut.

Ini juga diklaim dapat mengurangi stres oksidatif, yaitu salah satu kondisi akibat stres yang bisa menyebabkan rambut jadi mudah rapuh dan rontok.

Nah, kemampuan dari masker pisang diyakini bisa membuat folikel atau pori-pori rambut menjadi lebih kuat sekaligus menutrisi dari akar.

Sehingga apabila folikelnya kuat, tentu rambut kepala kamu bisa tumbuh menjadi lebih panjang, kuat, sehat serta tidak mudah rontok.

3. Mencegah ketombe

Pisang memang sering kali digunakan untuk beragam perawatan tubuh secara alami.

Menurut beberapa pakar penelitian yang di kemukakan oleh Europe PubMed Central, ekstrak dari kandungan buah pisang mengandung setidaknya sifat antioksidan dan antibakteri.

Salah satu penyebab ketombe muncul disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur dan iritasi pada bagian kulit kepala. 

Untuk itu masker buah pisang diharapkan mampu menjaga kelembapan dan mencegah pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada kulit kepala.

Namun tentunya tidak semua orang dapat cocok dengan cara ini, pasalnya beberapa orang juga mempunyai karakteristik kulit kepala yang berbeda-beda.

4. Sebagai treatment rutin

Hair mask pisang juga bisa di manfaatkan sebagai treatment rutin mingguan, guna untuk menutrisi rambut dan kulit kepala kamu.

Beberapa manfaat lainnya ialah bisa mengurangi minyak berlebihan, meredakan gatal, bau dan sekaligus melembabkan kulit kepala. 

Ketimbang kamu menggunakan beberapa produk instan yang di pasaran, mungkin kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan disekitar yang murah meriah.

Apakah Masker Rambut Pisang Aman

Bagi yang awam atau pertama kali mencoba mungkin akan bertanya-tanya, "apakah cara satu ini aman?, tidak berbahaya serta tidak menimbulkan efek samping?"

Jika kamu ragu dalam menggunakan masker satu ini, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis rambut dan kulit kepala.

Ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kulit kepala kamu apakah aman dan tidak menimbulkan alergi nantinya.

Selain itu, kebersihan pada saat memakai hair mask buah pisang juga penting. Contohnya seperti memakai sarung tangan atau menggunakan peralatan yang steril dari kotoran. 

Saat setelah mengaplikasikan masker ke rambut kepala, pastikan kamu harus membersihkanya secara menyeluruh dan tidak meninggalkan sedikit pun sisa.

Meninggalkan sisa masker pada rambut bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga hal ini bisa membuat ke adaan menjadi bau.Untuk itu gunakan air mengalir dan shampo khusus saat akan membersihkan hair mask.

Nah, itulah beberapa manfaat masker pisang untuk rambut dan kulit kepala. Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah pisang dan masker.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i