CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Calathea Lutea Sekaligus Perawatan dan Pemeliharaan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Calathea Lutea Sekaligus Perawatan dan Pemeliharaan

gambar Calathea Lutea
Sumber foto : istockphoto

Healty99 - Calathea Lutea adalah tanaman yang sangat menarik, terutama dari segi dekoratif untuk rumah atau kantor kamu. Hal menarik lainnya ialah tumbuhan sejenis pisang-pisangan ini memiliki pergerakan nyctinasty loh.

Nyctinasty ialah tumbuhan yang mempunyai kemampuan dalam menggerakkan daunnya, ke atas pada tengah malam dan menurunkannya pada siang hari ke bawah saat waktu biologis. 

Mereka menggerakkan daunnya dengan merubah tekanan air pada bagian pulvini, simpul yang membengkak di bagian bawah daun, serta di tangkai daun. Diyakini bahwa gerakan ini dimaksudkan untuk mengikuti aktivitas matahari di langit serta memaksimalkan penyerapan.

Nah, karena daunnya yang juga lebar, di beberapa daerah ia juga kerap di manfaatkan sebagai pembungkus makanan hingga kerajinan tangan loh.

Mengenal Calathea Lutea

Calathea Lutea atau juga di sapa seagai tanaman doa, adalah salah satu tanaman dari keluarga "Marantaceae" dan asli Brasil timur.

Tanaman ini adalah tanaman tropis yang indah, terkenal karena daunnya yang menakjubkan, hijau kontras dan merah keunguan, yang akan mencerahkan segala cara dalam ruangan.

Sejarah tanaman Calathea Lutea berasal dari hutan Amazon di Amerika Selatan, dimana ia hidup di bawah naungan hutan atau di bawah vegetasi lebat. Mereka terkenal karena daunnya yang lebar, hijau, dan berwarna-warni.

Cara Merawat Calathea Lutea

Beberapa spesies dari Calathea Lutea kini banyak di budidayakan atau di kembang biakan sebagai tanaman hias, dan di Indonesia dikenal juga dengan nama tanaman hias pisang.

1. Peletakan tanaman yang bagus

Calathea Lutea harus ditempatkan dalam jumlah populasi yang sedang hingga ringan, hal ini untuk menghindari daun berubah menjadi kusam dan kurang bersemangat.

Selain itu pastikan tempat atau media mereka tumbuh cukup luas dan mempunyai kelembaban yang tinggi.

Sebaiknya tempatkan tanaman hias pisang kamu di suatu tempat, atau di mana pun ia bisa disiram dan disemprot dengan mudah.

Berapa banyak air yang dibutuhkan Calathea Lutea?

Walaupun ia sangat menyukai media yang lembab, namun sebaiknya kamu menyiram saat media mulai mengering. Siram sebagian besar tanaman setiap 2 sampai 4 hari atau sesuai kebutuhan di setiap musim.

Seberapa besar tanaman Calathea Lutea tumbuh? Dengan pemupukan yang bagus dan air yang tepat, tanaman ini biasanya mencapai tinggi 1 hingga 2 kaki dalam setahun.

2. Sinar matahari

Berapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan Calathea Lutea?

Tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung. Tanaman pisang hias harus ditempatkan dalam cahaya matahari jumlah sedang hingga ringan untuk menghindari daun menjadi krurang semagat atau melentur.

Jika di tanya suhu maka yang paling tepat ialah sekitar 16 sampai 24°C cocok untuknya.

Penempatan sinar matahari yang baik sangat diperlukan untuk melindungi Calathea Lutea agar lebih kuat dan tampak segar.

Lebih tepatnya ia sangat menyukai tempat yang lembab, karena habitat asalnya ia berada di bawah naungan pohon dan dedaunan.

Calathea Lutea dan beberapa keluarga lainnya sangat menyukai tingkat kebasahan yang tinggi. Untuk berjaga-jaga jika kelembabannya turun, pastikan ia mendapatkan media tanam cukup lebar.

Namun adapun trik cerdas dalam mengakalinya agar tanah dapat lembab, salah satunya ialah dengan menambahkan kerikil atau botol yang berlubang di dekat tanaman serta meletakanya di dekat pancuran air. Jadi dengan begitu kamu tidak perlu khawatir.

3. Pemupukan

Jika menggunakan pupuk kotoran hewan yang sudah di fermentasi seperti pupuk kotoran kambing, sapi, kelinci dan sebagainya. Cukup berikan 6 bulan sampai 1 tahun sekali.

Sedangkan untuk jenis POC cucian beras dan sejenisnya bisa di berikan per dua minggu sekali.

Gunakan pupuk tanaman bernitrogen tinggi untuk menghindari daun pucat atau bintik-bintik coklat pada daun. Alternatif lainnya bisa menggunakan pupuk kimia NPK yang bisa di jual di toko-toko tani.

4. Pemangkasan

Buang daun baru dan jepit kembali untuk menjaga pertumbuhan yang kompak. Cukup potong daunnya dengan pisau runcing atau gunting di dekat batang dan buang daun yang patah.

Dengan begitu tanaman hias kamu akan membalikkan upayanya untuk mendorong pertumbuhan daun baru daripada berusaha menyelamatkan banyak daun yang sekarat.

Membuat daun luar yang sudah tua atau berwarna kuning kecoklatan agar meningkatkan penampilan Calathea Lutea. Potong daun di bagian bawah dengan tangkai paling banyak dengan menggunakan gunting tajam.

Nah, itulah pembahasan tentang mengenal Calathea Lutea sekaligus perawatan dan pemeliharaan.

Selamat berkebun.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel