CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Kecipir Untuk Asam Lambung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Kecipir Untuk Asam Lambung

gambar kecipir
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Adakah manfaat kecipir untuk asam lambung? Cipir, kecipir, kēlongkang, biraro, kacang botor atau kumbotor merupakan tanaman merambat yang kerap di ambil buah dan daunnya untuk konsumsi.

Kecipir mempunyai rasa yang enak, sedikit manis dan renyah. Tak heran ia kerap di jadikan lalapan saat makan atau diolah menjadi tumisan. 

Manfaat sayuran satu ini juga tidak bisa di remehkan loh. Pasalnya terdapat beberapa kandungan nutrisi baik dari segi mineral dan vitamin, contohnya seperti Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium, Karbohidrat, Vitamin A, B1-B6, B9 serta Serat.

Mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan diklaim bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti mencegah anemia, sakit kepala, gangguan pencernaan, peradangan, asam dan masih banyak lagi. 

Lantas adakah manfaat kecipir untuk asam lambung?

Kecipir Bisa Meredakan Asam Lambung?

Sebelumnya, asam lambung naik dapat di tandai dengan rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring.

Ini merupakan sebuah penyakit pada sistem pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. 

Ada banyak pemicu asam lambung muncul, namun di sisi lain adapun juga cara meredakan atau mencegahnya agar tidak timbul.

Salah satunya ialah mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan serat seperti berokoli, buncis, kembang kol, selada, timun dan asparagus. Ini juga termasuk kecipir, pasalnya ia merupakan sayuran hijau yang kaya akan serat.

Makan lebih banyak serat dapat membantu meredakan asam lambung. Namun tentu saja dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Sekalipun itu sayuran hijau yang baik, jika di konsumsi dalam jumlah banyak tentu akan berdampak buruk dengan memperparah asam lambung.

Untuk itu makanlah kecipir bersamaan dengan porsi makan harian dan terlalu banyak, selain itu sebaiknya sayur yang kamu makan sudah dalam kondisi matang atau di masak dengan baik.

Beberapa makanan yang masih mentah seperti lalapan justru bisa menyebabkan masalah pada area pencernaan.

Namun, jika kamu ragu dan terlebih lagi mempunyai riwayat penyakit seperti maag atau sedang konsumsi obat-obatan. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahli gizi.

Ini bertujuan untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan dan berapa banyak kecipir yang boleh dimakan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i