CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sakit Perut Setelah Makan Buah Pisang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sakit Perut Setelah Makan Buah Pisang

gambar buah pisang di kupas
Sumber foto : pixabay/stevepb
Healty99 - Pisang, siapa yang tidak menyukainya. Ini merupakan buah yang kaya manfaat bagi tubuh, tidak heran ada banyak orang yang mengkonsumsinya demi mendapatkan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Akan tetapi, alih-alih ingin mendapatkan nutrisi dari buah tersebut sebagian orang malah mengalami gejala sakit perut. Atau bahkan kamu sendiri pernah mengalami sakit perut saat setelah makan pisang matang?

Pisang merupakan buah yang lezat, manis dan lembut. Lantas bagaimana bisa makanan satu ini menyebabkan sakit perut? Untuk itu berikut beberapa penyebab kamu mengalami sakit perut, kram, atau nyeri saat sesudah makan pisang.

1. Kurangnya kebersihan

Kurangnya menjaga kebersihan saat mengkonsumsi makanan menjadi hal utama kenapa kamu sakit perut.

Buah pisang yang disimpan dan di letakan pada banyak tempat tentu sangat mudah terkontaminasi beberapa kuman dan bakteri. Contohnya seperti bakteri jenis Escherichia coli (E.coli), Campylobacter, Listeria dan sebagainya.

Selain itu pisang juga buah yang sangat suka di hingapi lalat, dan ini bisa menjadi penularan penyakit.

Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan buah dengan menyimpannya pada tempat yang baik.

2. Buah mulai membusuk

Buah merupakan bahan makanan yang sangat mudah sekali mengalami membusuk, termasuk juga pisang. Bahkan hanya dalam bebepa hari buah satu ini sudah menguning dan menjadi sangat lembut.

Pisang yang sudah berubah warna menjadi bintik hitam, lunak, berair dan sedikit kecut menandakan hal tersebut keadaanya sudah mulai membusuk.

Mengkonsumsi yang sudah dalam kondisi setegah membusuk tentu dapat meningkatkan resiko kamu mengalami sakit perut, mual hingga kram.

3. Mencampur dengan makanan lain

Mencampur banyak jenis makanan menjadi satu sering kali di lakukan oleh banyak orang, hal ini di tujukan agar menikmati dua atau lebih rasa makanan di dalam mulut. Sehingga bisa merasakan campur aduk.

Namun banyaknya jenis makanan yang dikonsumsi tentu akan membuat usus dan sistem pencernaan lainnya sulit dalam mencerna. 

Beberapa orang mungkin saja akan mengalami sakit perut dan kotraksi karena reaksi dari makanan yang tercampur enzime pencernaan.

Maka dari itu, hidari mencampur buah pisang dengan makanan atau minuman aneh dan tidak lazim.

Contohnya seperti makanan pedas, kopi dan beberapa minuman beralkohol lainnya, karena itu bersifat asam.

4. Makan-makanan pedas

Penyebab sakit perut satu ini masih ada hubungan dengan nomor 3 diatas, yaitu mencampur berbagai jenis makanan. 

Makan-makanan yang mempunyai cita rasa pedas seperti cabai, sambal masak, santan dan sebagainya bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan lambung.

Ini akan membuat reaksi panas, kram, sakit perut, kotraksi berlebihan, diare atau bahkan nyeri.

Jika gejala masih belum terasa, namun kamu tambah dengan mengkonsumsi buah, tentu hal tersebut akan membuatnya bertambah parah.

5. Kondisi perut kosong

Pisang merupakan buah yang mudah di dapat dan sangat enak jika di konsumsi saat matang, namun sebagian orang mungkin pernah mengalami sakit perut saat setelah memakanya. 

Disisi lain, jika kamu mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang cukup banyak dan dalam kondisi perut yang kosong, hal tersebut bukan tidak mungkin akan membuat kamu merasakan sakit perut.

Untuk itu, langkah baiknya ialah makanlah makanan berat terlebih dahulu sebelum makan pisang secara langsung. Ini agar perut kamu terbiasa dan tidak mengalami reaksi yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit perut setelah makan buah pisang. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pisang.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel