CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Bahaya dari Minum Air Kelapa Tua - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ketahui Bahaya dari Minum Air Kelapa Tua

gambar buah kelapa tua
Sumber foto : pixabay/Hans
Healty99 - Air kelapa tua memang nikmat, bahkan rasanya terkadang lebih manis dan bergas ketimbang dengan yang muda. Namun tahukah kamu bahwa adapun bahaya minum air kelapa tua tersebut.

Walau di satu sisi memang mempunyai manfaat bagi kesehatan seperti menjaga cairan tubuh, menambah energi, mencegah dehidrasi dan sebagainya.

Akan tetapi di sisi lain ternyata tidak baik jika di minum secara berlebihan dan keseringan.

Bahaya Minum Air Kelapa Tua

Efek samping atau kerugian tidak semerta-merta kamu dapatkan hanya dengan sesekali meminumnya. Minum dua atau tiga gelas dalam seminggu justru bisa memberi manfaat baik.

Setidaknya berikut adalah berbagai efek samping air kelapa tua yang harus kamu waspadai

1. Mengganggu sistem pencernaan

Air kelapa dapat bersifat sebagai obat pencahar alami, namun jika hal tersebut didikonsumsi secaara berlebihan justru malah bisa mengganggu sistem pencernaan.

Salah satu kemungkinan yang akan terjadi ialah masalah diare, kram dan sakit perut

2. Lesu dan lemas

Lesu dan lemas tentu sudah banyak di ketahui orang bahwasanya hal tersebut akan terjadi jika terlalu banyak minum air kelapa.

Penyebabnya ialah karena tingginya kandungan kalium pada air buah kelapa yang tentu saja bisa berefek sakit di dada, lemas, lesu, serta kesemutan.

3. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa tua memang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, namun sisi negatifnya bisa menurunkan hingga dibawah batas normal.

Untuk itu jika kamu mempunyai masalah terhadap tekanan darah, cobalah konsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai perihal tersebut.

Sehingga kemungkinan masalah kedepanya dapat di hindari.

4. Mengganggu kinerja ginjal

Alasan air kelapa tua bisa mengganggu kinerja organ ginjal ialah karena tingginya kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor dan kalsium.

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit ginjal atau ginjalnya tidak berfungsi secara baik maka kerugian bisa saja terjadi.

Pentingnya konsultasi terlebih dahulu terhadap dampak atau efek samping dari minum air kelapa tua bagi orang yang mempunyai masalah pada ginjalnya.

5. Sering buang air kecil

Walau satu ini tidak termasuk kategori berbahaya, namun kamu yang sering minum air kelapa tua tentu akan lebih sering keluar masuk ke kamar mandi.

Air buah kelapa apabila diminum dengan porsi yang tepat maka dapat berfungsi mencegah dehidrasi tubuh.

Namun, dalam jumlah berlebih justru bisa meningkatkan cairan di dalam tubuh, dampaknya akan membuat fungsi ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan tersebut.

Nah, itulah bahaya minum air kelapa tua yang bisa kamu ketahui.

Adapun bahaya atau efek samping lainnya menurut beberapa penelitian, salah satunya ialah risiko obesitas atau kegemukan serta kanker perut.

Penyakit tersebut muncul akibat kandungan mineral sodium dan gula yang terbilang tinggi. Maka dari itu, bijaklah dalam dengan semestinya dan jangan terlalu berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan justru hanya akan menimbulkan kerugian pada diri sendiri.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i