CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 5 Manfaat dari Minum Rebusan Daun Sirih dan Ketumbar - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

5 Manfaat dari Minum Rebusan Daun Sirih dan Ketumbar

gambar tanaman sirih foto
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Tidak banyak yang tahu tentang manfaat rebusan daun sirih dan ketumbar untuk kesehatan. Namun, secara umum kita telah mengetahui kegunaan dan dari sirih dan ketumbar.

Contohnya seperti sirih yang sering dimanfaatkan dalam mengatasi mimisan, keputihan, bau badan, sakit gigi dan obat luka.

Begitu juga dengan ketumbar, penggunaanya mulai dari sebagai bumbu masakan hingga sebagai obat herbal dalam mengatasi gangguan pencernaan, gula darah, infeksi dan lain-lain. 

Namun apa jadinya jika kedua bahan tersebut digabung menjadi satu, adakah manfaat lebih yang bisa di dapatkan?

Rebusan Daun Sirih dan Ketumbar

Sebelum itu, buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mengolah rebusan sirih dan ketumbar, berikut caranya.

Siapkan 6 lembar daun sirih (cuci), 1 sendok makan ketumbar (geprek hancur) dan air sebanyak 900 ml.

Rebus semua bahan menjadi satu hingga mendidih, setelah mendidih saring dan minum selagi hangat. Tambahkan madu atau gula sebagai perasa.

Apa manfaat dari mengkonsumsi rebusan daun sirih dan ketumbar?

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Salah satu manfaat dari rebusan ketumbar dan sirih ialah untuk mengatasi beberapa masalah pada pencernaan seperti mual, diare, dan perut kembung.

Ini karena air rebusan memiliki sifat alami antioksidan, antibakteri dan antiradang, yang mana dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi gangguan pencernaan.

2. Mengatur kadar gula darah

Menurut beberapa penelitian, ekstrak ketumbar diketahui memiliki kemampuan dalam meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin.

Sehingga, dengan meningkatnya produksi insulin memungkinkan kadar gula darah bisa terkontrol lebih baik.

Walau begitu kamu tidak bisa menjadikan rebusan satu ini sebagai obat utama dalam mengatasi permasalahan gula darah atau diabetes loh.

3. Melawan radikal bebas

Beberapa senyawa yang terkandung pada ketumbar dan sirih seperti terpinene, quercetine, lutein, dan flavonoid, mempunyai aktivitas sifat antioksidan yang cukup kuat.

Hal ini tentunya dapat berguna untuk melawan efek radikal bebas yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan.

Antioksidan tentunya juga ikut andil dalam mengurangi peradangan serta menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat rebusan daun sirih dan ketumbar selanjutnya ialah bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu menjadi lebih baik.

Kemampuan ini tentunya di dasari akan beberapa sifat senyawa seperti antibakteri, antioksidan dan antivirus pada tanaman.

Sehingga khasiat tersebut memungkinkan dapat melawan berbagai penyakit pada tubuh terkait infeksi bakteri, kuman, virus atau benda asing lainnya.

5. Mengatur tekanan darah

Menurut studi penelitian mengklaim bahwa konstituen dari ketumbar dapat berinteraksi dengan ion kalsium dan neurotransmitter asetilkolin dalam tubuh, yang mana hal tersebut bisa membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah.

Dampaknya hal tersebut memungkinkan bisa menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi resiko penyakit berbahaya terkait aliran darah.

Nah, itulah beberapa manfaat rebusan daun sirih dan ketumbar yang bisa kamu ketahui.

Note : Harap untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, terutama jika kamu mempunyai gangguan kesehatan, riwayat penyakit, sedang mengkonsumsi obat-obatan dan ibu hamil.

Selain itu, mengkonsumsi dalam jumlah banyak tanpa adanya dosis yang tepat serta berkepanjangan justru hanya akan memicu efek negatif.

Salah satu efek samping ringan yang mungkin saja terjadi ialah sakit perut, gangguan cairan tubuh, mual, perubahan nafsu makan serta sakit kepala.

Untuk itu bijaklah dalam penggunaan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel