CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 16 Manfaat Dari Mengkonsumsi Cincau Hijau Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

16 Manfaat Dari Mengkonsumsi Cincau Hijau Untuk Kesehatan

gambar tanaman cincau hijau
Sumber foto : istockphoto

Healty99 - Cincau merupakan bahan konsumsi yang populer di Indonesia, dari segi penggunaan tanaman satu ini sering diolah sebagai bahan baku minuman hingga keperluan obat tradisional. 

Setidaknya ada 8 spesies tanaman cincau yang dapat kamu temukan di Indonesia, walaupun begitu cincau hanya terbagi dalam dua jenis, yaitu cincau hijau dan cincau hitam.

Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan

Menurut beberapa penelitian, cincau hijau diketahui memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan tersebut diantaranya berupa kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, C dan serat.

Tidak hanya itu saja, adapun kandungan antioksidan berupa flavonoid, alkaloid, polifenol serta sifat alami seperti antikanker, antiradang dan antibakteri.

Lantas, dengan melihat banyaknya kandungan pada tanaman satu ini apa saja sih kahsiat cincau hijau untuk kesehatan?

1. Melancarkan pencernaan

Cincau hijau yang dibuat secara alami mempunyai khasiat dalam melancarkan pencernaan, salah satu contohnya ialah mengatasi sembelit atau susah BAB serta baik untuk wasir.

Hal ini dikarenakan cincau mengandung serat dan air yang tinggi, sehingga memungkinkan dapat mencegah pengerasan dan melancarkan feses serta mencegah sejumlah penumpukan pada usus besar yang menyebabkan sembelit.

2. Mengatasi panas dalam

Tanaman cincau diyakini mampu mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan akibat peradangan.

Sifatnya yang dingin serta menyejukan tak heran banyak orang sering mengkonsumsi minuman cincau untuk meredakan panas dalam dan sakit tenggorokan.

3. Mencegah dehidrasi

Manfaat cincau hijau berikutnya ialah dapat mencegah dehidrasi secara berlebihan. Hal ini didasari karena cincau mengandung jenis karbohidrat yang mampu mengikat air sangat banyak.

Sehingga jika meminum 1 gelas full cincau, maka itu kurang lebih kamu sama dengan meminum 1 gelas air biasa.  

4. Baik untuk lambung

Buat kamu yang memiliki penyakit asam lambung dan maag tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi makanan satu ini.

Menurut penelitian cincau hijau diketaui mengandung sejumlah antioksidan seperti flavonoid, antioksidan tersebut mampu melindungi dinding lambung dari kerusakan serta sekaligus menurunkan asam lambung

5. Menjaga daya tahan tubuh

Banyak orang memanfaatkan tanaman cincau dalam upaya mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti demam, panas dalam, malaria dan sebagainya.

Walaupun ada kemungkinan besar tanaman satu ini bisa menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit, akan tetapi harap tidak dikonsumsi secara berlebihan di setiap harinya.

Pasalnya daun cincau mengadung senyawa flavonoid, alkaloid serta polifenol yang dapat menurunkan tekanan darah.

6. Baik untuk diet

Baik wanita maupun pria pasti ingin mendambakan tubuh yang ideal dan sehat, nah jika kamu sedang menjalankan program diet atau sedang menurunkan berat badan mungkin bisa memasukan minuman cincau murni sebagai menu tambahan.

Terdiri hanya air, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, C dan antioksidan serta rendah kalori, membuat cincau dapat kamu konsumsi tanpa harus khawatir berat badan naik.

Manfaat cincau hijau untuk diet lainnya ialah bisa membuat kamu cepat merasa kenyang sehingga mencegah kamu dari cemilan kurang sehat.

7. Melancarkan pergerakan usus 

Serat pangan dari daun cincau yang halus dapat berguna untuk menyehatkan pencernaan kamu, termasuk itu melancarkan pergerakan usus, melindungi usus dari gesekan serta mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

8. Menurunkan tekanan darah

Studi penelitian menyebutkan bahwa cincau mengandung sejumlah senyawa antioksidan seperti flavonoid, alkaloid dan polifenol.

Beberapa senyawa tersebut diketahui berkhasiat dalam menurukan tekanan darah atau hipertensi, serta mencegah beberapa penyakit berbahaya terkait aliran darah.

9. Mengurangi penyerapan kolesterol

Selain mengatasi sembelit dan baik untuk penderita wasir, khasiat cincau hijau berikutnya ialah tidak luput mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan ke dalam tubuh secara berlebihan.

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsi minuman cincau saat sesudah mengkonsumsi makan-makanan berlemak atau berminyak.

Maka secara tidak langsung serat pada cincau akan mengurangi penyerapan lemak jahat kedalam tubuh secara berlebihan.

10. Obat alami malaria

Sejak dari dulu para orang tua kerap memanfaatkan tanaman herbal sebagai salah satu pengobatan tradisional, termasuk itu penggunaan daun tanaman cincau.

Cincau hijau sering kali digunakan untuk obat dalam mengatasi malaria dengan cara di rebus dan air rebusanya diberikan kepada yang sakit.

Secara kandungan tanaman satu ini memiliki senyawa golongan alkaloid yang menjadi salah satu obat antimalaria alami.

11. Meredakan sejumlah alergi

Zat hijau daun atau klorofil pada daun tanaman cincau hijau (Cyclea barbata) bersifat mendiginkan dan antiradang, hal ini memungkinkan dapat meredakan sejumlah gejala alergi pada tubuh.

Walaupun begitu khasiat masih belum terbukti secara sepenuhnya, dan masih dibuktikan sebatas pengujian pada hewan mencit saja.

12. Mencegah tumor

Tahukah kamu bahwasanya cincau memiliki senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin, yaitu salah satu zat senyawa yang mampu mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel tumor dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

13. Mengobati demam

Manfaat cincau hijau yang tidak boleh kamu lewatkan lainnya ialah dapat mengobati demam dan mencegah serangan infeksi terkait bakteri dan virus.

Tanaman satu ini kaya akan saponin dan alkaloid (antioksidan) yang membuatnya bisa kamu gunakan sebagai obat alami dalam menurunkan demam, sekaligus mengatasi beberapa gangguan peradangan terkait infeksi.

14. Meredakan asam urat

Dalam studi penelitian, tanaman Cyclea barbata efektifitas antioksidanya mampu memberikan dampak positif pada penderita hiperurisemia, yaitu seseorang yang mengidap kadar asam urat tinggi dalam darah.

15. Obat luka

Kamu bisa menggunakan khasiat daun cincau sebagai obat alternatif untuk mengatasi luka pada kulit.

Ektrak dari daun cincau mampu mengikat air dalam jumlah banyak sehingga berguna dalam mencegah pendarahan dan luka bernanah. Dengan kemampuan ini juga bisa membuat luka lebih cepat kering serta mencegah infeksi.

16. Untuk kecantikan

Siapa sangka cincau hijau yang biasa kita kenal sebagai bahan baku untuk membuat minuman segar ternyata bisa dimanfaatkan dari segi kecantikan.

Yap, penggunaan daun cincau untuk kulit wajah diyakini dapat mencegah penuaan dini, mengurangi peradangan, mencegah jerawat dan beragam iritasi kulit lainnya.

Nah, itulah sejumlah manfaat dari daun tanaman cincau hijau untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel