CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Memberikan Hamster Makan Sepotong Timun - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Memberikan Hamster Makan Sepotong Timun

gambar hamster abu abu
Sumber foto : pixabay/mordilla-net
Healty99 - Apakah boleh bemberikan hamster sepotong timun sebagai makanan kecil mereka? Seperti kita ketahui, timun merupakan buah sekaligus sayur yang sering kali dikonsumsi, baik itu sebagai sayuran, lalapan atau jus.

Tingginya kandungan air dan sensasi dingin dari buah satu ini, tentu akan sangat menyegarkan jika di makan langsung sepotong demi sepotong.

Timun juga merupakan makanan sehat kaya akan mineral dan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Karena manfaat timun yang luar biasa, apakah boleh memberikan hamster sepotong timun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka?

Hamster Makan Timun

Hamster adalah makhluk kecil lucu yang bisa menjadi hewan peliharaan untuk semua jenis rumah tangga.

Hamster termasuk hewan yang aktif di malam hari, jadi mereka kerap menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk tidur di siang hari dan bermain di malam hari.

Secara pakan, mereka merupakan omnivora yang bisa mengkonsumsi mulai dari buah-buahan, sayuran, biji dan idealnya serangga.

Meskipun hamster dapat diberi makan-makanan komersial sebagai pengganti serangga, namun ia juga memerlukan sejumlah buah dan sayuran yang ada di dapur.

Ketika berbicara tentang jenis sayuran yang dimakan hamster, kamu mungkin bertanya-tanya apakah mereka bisa makan mentimun, dan apakah mentimun aman untuk hamster?

Mengingat metimun merupakan sayuran kaya nutrisi dan serat yang memang baik untuk manusia, lantas dengan memberikanya kepada mereka apakah itu baik?

Jawabanya adalah tentu saja 'iya,' mentimun merupakan makanan tambahan yang bagus untuk hamster mana pun.

Mengapa timun bagus untuk hamster

Tahukah kamu bahwa beberapa hewan pengerat satu ini ada yang tidak suka minum air putih, kondisi ini bisa membuat hamster menjadi rentan terhadap dehidrasi.

Untungnya, sebagian besar mentimun terdiri dari air yang dapat membantu hamster kamu tetap terhidrasi dan sehat sepanjang hidupnya.

Mentimun juga mengandung banyak serat yang akan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan mereka.

Selain itu, adapun sejumlah nutrisi penting yang ditemukan dalam mentimun seperti vitamin A dan K, magnesium, potasium, dan silika yang memang baik untuk hamster.

Karena mentimun sangat rendah kalori, kamu tidak perlu khawatir jika hamster akan menjadi gemuk dan tidak sehat akibat terlalu banyak memakannya.

Apakah bahaya hamster makan timun?

Meskipun mentimun merupakan makanan sehat untuk hamster, namun ada beberapa bahaya yang harus dipertimbangkan sebelum memberikan pertama kali kepada mereka.

Salah satu pertimbangan yang harus dilakukan ialah hamster berukuran kecil tidak membutuhkan terlalu banyak mentimun untuk mendapatkan manfaat dari nutrisinya.

Jika terlalu banyak ketimun diberikan kepada mereka dalam sekali makan, hal tersebut dapat menyebabkan tinja menjadi lebih encer dan sering buang air kecil.

Untuk itu, hamster tidak membutuhkan lebih dari satu atau dua potong mentimun disetiap seminggu. Sehingga dengan tidak memeberikan secara berlebihan kamu tidak perlu khawatir akan efek samping bagi mereka. 

Cukup beri irisan tipis mentimun untuk cemilan atau potong kecil-kecil sudah cukup bagi mereka.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel