CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kandungan dan Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kandungan dan Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan

gambar buah kundur
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kundur atau beligo merupakan jenis tumbuhan yang hidup merambat, sekilas jika tidak mengetahuinya maka kamu akan menyebutnya dengan labu. Namun itu tidak salah karena buah kundur sebenarnya masih kerabat dengan jenis labu-labuan.

Tanaman satu ini diambil buahnya sebagai panganan, di Indonesia buah kundur umum diolah menjadi sayuran. Namun bukan hanya di makan saja, sari dari buahnya juga banyak diolah menjadi minuman segar dan obat-obatan.

Kandungan nutrisi buah kundur

Beberapa kandungan nutrisi dan mineral yang ada dalam buah kundur segar di antaraya :

1. Vitamin C
2. Vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6
3. Kalsium
4. Sodium
5. Seng
6. Besi
7. Fosfor
8. Mangan
9. Tembaga
10. Magnesium
11. Selenium
12. Potasium
13. Karbohidrat
14. Dan beberapa kandungan asam seperti asam oleat serta asam linoleat

Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan

Selain tinggi akan nutrisi, mengkonsumsi buah kundur yang telah di olah menjadi makanan maupun minuman akan memberikan manfaaf baik bagi kesehatan loh, bahkan juga dapat mencegah beberapa masalah penyakit seperti :

1. Radikal bebas

Labu satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang mana dapat menangkal dan melawan efek dari paparan radikal bebas serta sekaligus juga memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari kerusakan.

Radikal bebas sendiri dapat bersumber dari dalam tubuh dan luar tubuh. Contoh radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh yaitu dari proses autooksidasi, respiratory burst atau dari proses oksidasi enzimatik.

Sedangkan untuk radikal bebas yang berasal dari luar tubuh atau bersumber dari polusi udara, asap rokok, pestisida atau dari radiasi sinar UV.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan juga dapat memungkinkan seseorang terhidar dari beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker dan alzheimer.

2. Meningkatkan energi

Kandungan mineral seperti sodium, fosfor dan karbohidrat yang terdapat dalam buah kundur sangat penting bagi tubuh dalam pembentukan otot, mengatur cairan dalam tubuh dan meningkatkan stamina saat sedang berolahraga. 

Selain itu fosfor yang terkandung dalamnya juga mampu mengurangi rasa sakit akibat cidera otot saat berolahraga.

3. Baik untuk tulang

Beberapa mineral lain seperti magnesium dan kalsium yang terdapat pada buah kundur sangat baik untuk pertumbuhan tulang loh. 

Bahkan jika kamu rutin mengkonsumsi diketahui bisa meningkatkan kekuatan otot, terutama bagi lansia yang sering terkena osteoporosis.

4. Mengatasi sakit kepala

Buat kamu yang sering dilanda sakit kepala, maka cobalah atasi dengan rutin mengonsumsi buah kundur.

Mengapa? Perlu diketahui bahwa buah satu ini adalah sumber vitamin B2 cukup tinggi. Bahkan vitamin B2 tersebut bisa mencukupi lebih dari 11% kebutuhan harian tubuh. 

Nah, kandungan vitamin B2 dalam buah kundur ini mampu membantu meringankan sakit kepala, pusing dan sebagainya.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Didalam buah kundur mengandung vitamin C, yaitu salah satu nutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Fungsinya mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dan proses penyembuhan luka, serta melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

6. Mencegah kanker 

Tahukah kamu bahwa kundur mampu mengatasi sekaligus mencegah penyakit berbahaya yang akan menyerang, itu semua karena buah satu ini mengandung asam oleat yang baik bagi tubuh.

Asam oleat sendiri di dalam tubuh berfungsi sebagai sumber energi dan zat antioksidan untuk menghambat sel kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan media pelarut beberapa vitamin A, D, E, K.

Di satu sisi, seseorang yang kekurangan asam oleat dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada penglihatan, menurunnya daya ingat serta gangguan pertumbuhan sel otak pada janin.

7. Mengatasi panas dalam

Manfaat dari buah kundur selanjutnya ialah bisa mengatasi masalah panas dalam, sariawan dan sakit tenggorokan. 

Buah labu satu ini bersifat dingin di perut, dan bisa mengatasi masalah peradangan. Selain itu kundur juga mampu mempertahankan suhu tubuh menjadi normal dan lebih stabil.

Buat kamu yang penasaran, cobalah untuk mengkonsumsi esktrak teh buah kundur yang telah banyak di jual di toko-toko.

Nah itulah kandungan dan beberapa manfaat buah kundur untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel