CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Hewan Undur-Undur Sebagai Obat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Hewan Undur-Undur Sebagai Obat

gambar undur-undur
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Siapa yang tidak tahu undur-undur, ini adalah hewan kecil yang suka hidup ditanah berdebu atau pasir, dan memiliki pola tingkah cukup unik alias berjalan dengan cara mundur kebelakang.

Jika waktu kecil kamu sering berburu undur-undur, maka pasti sudah tahu bagaimana cara mendapatkanya di alam.

Yap, hewan satu ini sebenarnya bisa di pancing, caranya cukup sederhana karena kamu hanya memerlukan senar atau rambut yang kemudian digerak-gerakan pada lubang alias sarang mereka.

Manfaat Undur-Undur

Sebenarnya undur-undur bisa mengobati penyakit apa sih? Mengapa ada banyak orang mencarinya dengan alasan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Menurut penelitian undur-undur mengandung senyawa sulfonylurea, dimana senyawa tersebut berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah didalam tubuh dengan cara membantu pankreas meningkatkan produksi hormon insulin.

Akan tetapi tidak sampai disitu saja loh, adapun beberapa manfaat lain dari serangga yang hobi mundur ini. Berikut diantaranya :

1. Obat asma

Asma merupakan gangguan penyakit yang menyerang area saluran pernapasan. Seseorang yang terkena asma maka akan mengalami yang namanya sesak nafas dikarenakan saluran pernapasan mengalami peradangan.

Nah, manfaat undur-undur sering kali dicari karena memiliki kemampuan dalam mengatasi peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan.

2. Mengatasi asam urat dan rematik

Serangga kecil satu ini adalah sumber omega-3 yang dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit asam urat dan rematik.

Undur-undur diketahui juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah beberapa peradangan terkait nyeri sendi, asam urat maupun rematik.

3. Mengontrol gula darah

Undur-undur merupakan hewan yang banyak dicari karena khasiatnya yang bisa mengontrol gula darah di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan sulfonylurea yang berperan untuk membantu organ pankreas memproduksi hormon insulin.

Sehingga jika hormon insulin bekerja dengan baik, maka resiko penyakit gula darah, diabetes dan kencing manis dapat lebih di hindari.

4. Mengatasi darah tinggi

Undr-undr diharapkan mampu menjadi obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan hipertensi.

Tidak heran ada banyak orang untuk mencoba mengkonsumsi hewan satu ini sebagai cara alami mengatasi darah tinggi.

Walaupun begitu belum ada pembuktian yang valid akan khasiatnya tersebut, sehingga masih perlu pengujian lebih.

5. Mengobati penyakit kuning

Manfaat undur-undur diklaim dapat mengatasi penyakit kuning dengan cara mencegah terurainya sel darah merah dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, khasiatnya yang baik untuk menjaga kesehatan pankreas memungkinkan hal tersebut juga bisa mencegah seseorang terkena resiko penyakit kuning.

6. Mencegah penyakit kolesterol

Menurut penelitian yang mengujicobakan undr-undr pada hewan mencit, membuktikan bahwa adanya penurunan kadar kolesterol LDL (jahat).

Walau pengujian baru sebatas hewan mencit, namun ini sebuah langkah baru yang mungkin saja dapat mencegah kolesterol jahat dalam tubuh dan penyakit terkait kolesterol.

7. Obat stroke

Banyak orang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi undr-undr bisa mencegah seseorang dari stroke sekaligus membantu pengobatan stroke.

Bahkan khasiat tersebut sudah tersebar dari mulut ke mulut. Walaupun kebenaran masih belum bisa diuji secara medis namun tidak sedikit juga masyarakat yang mempercayai, bahkan hingga kini masih digunakan.

Nah, itulah sejumlah manfaat undur-undur yang bisa kamu ketahui.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal menarik.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel