CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 10 Manfaat Makan Daun Pepaya Muda Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

10 Manfaat Makan Daun Pepaya Muda Untuk Kesehatan

gambar daun pepaya muda
Sumber foto : pixabay/JoaoBOliver
Healty99 - Pepaya merupakan tumbuhan yang ditanam untuk diambil buah dan daunnya sebagai bahan makanan. Walau pada umumnya kebanyakan orang lebih menyukai buah ketimbang daun, namun tahukah kamu bahwa daun pepaya memiliki manfaat yang tidak kalah loh dari buahnya.

Daun pohon pepaya yang memiliki rasa super pahit tersebut ternyata sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat tradisional.

Manfaat Mengkonsumsi Daun Pepaya Muda

Perlu kamu ketahui, rasa pahit pada daun pohon pepaya di sebabkan oleh zat quinine (kuinina) dan enzim papain, yaitu senyawa alkaloid yang dalam bentuk murninya berwarna putih kristal.

Senyawa quinine tersebut diketahui bersifat antiinflamasi, antiradang, antipiretik, antimalaria dan analgesik secara alami.

Sedangkan enzime papain sendiri juga senyawa pembentuk rasa pahit pada daun pepaya namun bersifat stomakik (menambah nafsu makan).

Tidak sampai di situ saja, adapun beberapa khasiat lain dari mengkonsumsi daun pohon pepaya muda untuk tubuh, baik itu dimakan sebagai lalapan atau diolah menjadi sayuran.

1. Melancarkan pencernaan

Tidak hanya buahnya saja bisa melancarkan pencernaan, namun nyatanya daun pepaya juga memiliki yang manfaat sama loh. 

Kemampuan ini didasari akan kandungan serat dan enzime papain pada daun yang berperan dalam mencegah masalah konstipasi serta perut kembung.

2. Mengontrol kadar gula darah

Daun pepaya merupakan sumber beberapa vitamin, salah satunya ada vitamin A, C, E, K, dan B.

Di sisi lain adapun beberapa kandungan mineral seperti magnesium, natrium, kalsium, dan zat besi.

Nah, sejumlah kandungan tersebut diyakini bisa membuat daun pepaya menjadi obat alami dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga memungkinkan juga bisa mencegah beberapa penyakit seperti diabetes dan kencing manis.

3. Mengobati demam dan malaria

Daun pepaya memiliki senyawa acetogenin dan zat quinine yang bisa mencegah penyakit seperti demam berdarah dan infeksi malaria.

Kamu bisa mendapatkan khasiat daun pohon pepaya dengan cara meminum air rebusan, air perasan daun atau dikonsumsi sebagai lalapan.

Namun sebelum itu, penderita demam dan malaria sebaiknya tidak mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan serta tanpa adanya dosis yang tepat.

4. Mengurangi nyeri haid

Bersumber dari Food NDTV, menyebutkan bahwa air rebusan dari daun pepaya dapat membantu meredakan nyeri sekaligus memperlancar menstruasi.

Caranya, cukup meminum air rebusan daun pohon pepaya saat sebelum hingga masa haid sedang berlangsung.

5. Mengatur tekanan darah

Dilansir dari Blodsky, daun pepaya mengadung enzim papain dan chymopapain yang memiliki khasiat baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak sampai disitu saja, menurut sebuah penelitian ekstrak dari tanaman pepaya memiliki efektivitas lebih baik ketimbang obat hipertensi hydralazine.

Kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengkonsumsi dalam bentuk rebusan atau diolah menjadi sayur.

6. Meningkatkan nafsu makan

Walau memiliki rasa yang super pahit, namun pada kenyataanya rasa pahit tersebut memiliki khasiat yang luar biasa loh untuk nafsu makan.

Oleh karena itu daun pepaya bisa menjadi alasan sebagai obat alami dalam meningkatkan nafsu makan pada anak dan orang dewasa.

7. Meningkatkan trombosit

Ekstrak daun tanaman pepaya mempunyai potensi dalam mengatasi infeksi terkait malaria dan demam berdarah.

Hal ini dikarenakan kemampuanya dalam meningkatkan jumlah trombosit atau kepingan sel darah merah didalam tubuh.

8. Mengobati tukak lambung

Tukak lambung merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan dan iritasi pada lambung serta sistem pencernaan.

Kondisi ini umumnya dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk karena cidera, infeksi, konsumsi obat pereda nyeri serta banyak mengkonsumsi alkohol.

Namun demikian, gelaja tukak lambung dan rasa nyeri tersebut bisa dibantu redakan dengan mengkonsumsi daun pepaya.

Akan tetapi harap untuk tidak mencoba dalam jumlah yang berlebihan, terlebih lagi jika kamu mempunyai masalah terhadap gangguan pencernaan.

9. Baik untuk ibu menyusui

Untuk ibu menyusui berbahagialah, mengapa? Hal ini dikarenakan manfaat daun pepaya bisa membantu meningkatkan produksi asi loh.

Tidak hanya itu saja, jika bumil mengkonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang tepat, maka sejumlah kandungan nutrisi didalamnya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

10. Obat luka 

Selain memiliki manfaat untuk di dalam tubuh, daun pepaya nyatanya juga bisa digunakan pada bagian luar tubuh loh contohnya seperti mengobati luka.

Kemampuan ini didasari akan kandungan senyawa makrofag dan beberapa senyawa lain seperti papain, polifenol, flavonoid, saponin dan polifenol.

Beberapa senyawa tersebut memungkinkan membantu mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus mencegah infeksi terkait kuman dan jamur.

Nah, itulah beberapa manfaat daun pepaya muda untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu ketahui.

Note : Singkatnya, daun pohon pohon pepaya memang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi secara rutin dan dalam porsi yang tepat.

Namun yang perlu kamu ingat ialah, adapun beberapa kondisi tertentu yang sebaiknya tidak disarankan mengkonsumsi daun tanaman satu ini, salah satunya ialah ibu hamil, pengidap batu ginjal, orang dengan denyut jantung tidak teratur, pengidap hipoglikemia dan beberapa orang dengan alergi tertentu.

Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya

Baca terus informasi lainnya di healty99.com terkait pepaya.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel