CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sakit Perut Setelah Makan Buah Strawberry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sakit Perut Setelah Makan Buah Strawberry

gambar buah strawberry segar merah merona
Sumber foto : pixabay/pasja1000
Healty99 - Strawberry merupakan buah yang kaya manfaat bagi tubuh, tidak heran ada banyak orang yang mengkonsumsinya untuk mendapatkan beragam nutrisi yang terkandung.

Akan tetapi, alih-alih ingin mendapatkan khasiat dari buah tersebut sebagian orang malah mengalami gejala sakit perut. Atau bahkan kamu sendiri pernah mengalami sakit perut setelah makan strawberry?

Lantas apa saja kah penyebabnya? Untuk itu berikut beberapa penyebab kamu mengalami sakit perut, kram, atau nyeri saat sesudah makan buah stroberi.

1. Kurangnya kebersihan

Kurangnya kebersihan saat mengkonsumsi makanan menjadi hal utama penyebab sakit perut.

Buah stroberi yang baru di petik, disimpan dan di letakan pada banyak tempat tentu sangat mudah terkontaminasi beberapa kuman dan bakteri. Contohnya seperti bakteri Escherichia coli (E.coli),Campylobacter, Listeria dan sebagainya.

Stroberi yang berasal dari kebun juga bisa saja sudah terkontaminasi pestisida atau obat kimia lainnya. Untuk itu sangat penting mencuci buah segar menggunakan sabun saat sebelum memakanya.

2. Buah mulai membusuk

Buah merupakan bahan makanan yang sangat mudah membusuk, termasuk juga strawberry karena ia mudah di urai micro organisme.

Strawberry yang sudah mulai berubah warna menjadi lebih gelap, lembut dan mempunyai rasa kecut lebih kuat menandakan hal tersebut sudah mulai membusuk.

Mengkonsumsi buah dalam kondisi setegah membusuk tentu dapat meningkatkan resiko kamu mengalami sakit perut, mual hingga kram.

3. Mencampur dengan bahan makanan lain

Mencampur beberapa makanan menjadi satu kerap kali di lakukan oleh banyak orang, hal ini di tujukan agar menikmati dua atau lebih rasa makanan di dalam mulut.

Namun banyaknya jenis makanan yang dikonsumsi tentu akan membuat usus dan sistem pencernaan lainnya sulit dalam mencerna. Beberapa orang mungkin saja akan mengalami sakit perut karena reaksi dari makanan yang tercampur enzime pencernaan.

Maka dari itu hidari mencampur buah stroberi dengan makanan atau minuman lainnya. Contohnya seperti kopi dan beberapa minuman beralkohol lainnya, karena itu bersifat asam.

4. Makan-makanan pedas

Penyebab sakit perut satu ini masih ada hubungan dengan nomor 3 diatas, yaitu mencampur berbagai jenis makanan. 

Makan-makanan pedas seperti cabai, sambal masak, santan dan sebagainya bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan lambung. Ini akan membuat reaksi panas, sakit perut atau bahkan nyeri.

Gejala mungkin masih belum terasa, namun kamu tambah dengan mengkonsumsi buah asam tentu hal tersebut akan membuatnya bertambah parah.

5. Kondisi perut kosong

Strawberry merupakan buah yang mengandung asam cukup tinggi, walau tidak setinggi jeruk nipis atau lemon. 

Akan tetapi tetap saja, jika kamu mengkonsumsi buah dengan rasa asam dalam jumlah yang cukup banyak dan sedang dalam kondisi perut yang kosong, hal tersebut bukan tidak mungkin akan membuat kamu merasakan sakit perut.

Untuk itu, langkah baiknya ialah makanlah makanan berat terlebih dahulu sebelum makan buah. Ini agar perut kamu terbiasa dan tidak mengalami kontraksi berlebihan.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit perut setelah makan stroberi. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah strawberry.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel