CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Biji Durian Untuk Melancarkan Pencernaan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Biji Durian Untuk Melancarkan Pencernaan

manfaat biji durian
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Biji durian sebagai makanan bukanlah hal yang baru di Indonesia. Pasalnya biji buah durian memang kerap dikonsumsi sebagai sumber makanan anlternatif dengan cara di rebus atau di bakar.

Buat kamu yang ingin tahu rasanya, sekilas sangat mirip dengan ubi singkong, bertekstur lembut, padat, sedikit sensasi manis dan tentunya mengenyangkan. 

Menurut beberapa penelitian, biji durian mengadung beberapa nutrisi penting yang diantaranya ada vitamin A, B1, B2, C, lemak, folat, protein, serat, energi, kalium, kalsium, tembaga, serta fosfor.

Baca juga : Mengenal Durian Daun, Si Kecil Yang Sangat Manis

Banyaknya kandungan gizi yang terkandung tidak heran manfaat biji durian untuk kesehatan tidak bisa diremehkan, salah satunya ialah melancarkan saluran sistem pencernaan kamu.

Biji Durian Untuk Melancarkan Pencernaan

Manfaat biji buah durian untuk melancarkan sistem pencernaan di dasari akan kandungan serat pangan yang tinggi.

Menurut penelitian didapati bahwa kadar serat dalam tepung biji durian kering jauh lebih tinggi ketimbang kadar serat pada tepung gandung, dimana tepung gandum hanya memiliki 2.5 gr serat dalam 100g-nya.

Seperti yang telah dianjurkan, tubuh kita per hari memerlukan serat yang berasal dari makanan sekitar 34 gr untuk pria dan 24 gr untuk wanita.

Mengkonsumsi sejumlah serat pangan dalam jumlah cukup disetiap harinya akan memberi dampak baik bagi kesehatan, salah satunya ialah menlancarkan sistem pencernaan, mencegah gangguan pencernaan, mencegah konstipasi dan lain-lain.

Di satu sisi, dengan lancarnya sistem pencernaan maka hal ini juga dapat mencegah beragam infeksi pada usus, mengurangi penyerapan kolesterol jahat, membantu diet kamu serta masih banyak lagi manfaatnya yang bisa kamu dapatkan.

Untuk mendapatkan asupan serat dari biji durian pada dasarnya tidak terlalu sulit, kamu bisa mengolah biji buah durian dengan cara di rebus, bakar, goreng atau diolah menjadi makanan yang menarik.

Nah, itulah manfaat biji durian untuk melancarkan pencernaan kamu sekaligus menyehatkan usus karena kandungan seratnya.

Note : Harap untuk tidak mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan. Walau serat pada dasarnya baik untuk kesehatan, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya justru bisa memicu sebaliknya.

Asupan serat dalam jumlah cukup tentu akan memberikan manfaat baik bagi tubuh, akan tetapi mengkonsumsi serat berlebih juga bisa memicu rasa kembung, peningkatan gas pada pencernaan, kram perut, terasa kenyang berlebihan, dehidrasi, mual hingga sembelit dan diare.

Oleh karena itu konsumsinya dalam jumlah yang sewajarnya, sehingga kamu bisa memetik manfaat dan menghidari sisi negatifnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar biji durian.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel