CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping Mengkonsumsi Undur-Undur Tanah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Efek Samping Mengkonsumsi Undur-Undur Tanah

gambar hewan undur undur tanah
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Undur-undur merupakan serangga kecil yang memiliki manfaat luar biasa, terutama dalam menurunkan gula darah dan mengobati diabetes. Hal ini dikarenakan undur-undur mengadung senyawa sulfonilurea yang berperan dalam membantu pankreas untuk meningkatkan produksi hormon insulin.

Tidak hanya itu saja, serangga yang suka mundur ini juga memiliki segudang manfaat lain yang diantaranya bisa menjadi obat asma, meredakan asam urat, darah tinggi, penyakit kuning dan masih banyak lagi.

Namun, meskipun manfaat undur-undur luar biasa untuk kesehatan, akan tetapi harap untuk tidak dikonsumsi sembarangan.

Efek Samping Undur-Undur Tanah

Meski masih belum diketahui secara pasti akan efek samping dan bahaya dari mengkonsumsi undur-undur tanah bagi kesehatan. Akan tetapi bukan berarti hal tersebut aman dan dapat dikonsumsi secara sembarangan.

Di sisi lain, adapun beberapa kondisi tertentu seseorang yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi hewan satu ini. Tujuanya ialah untuk mencegah beberapa efek negatif yang bisa saja mungkin terjadi. 

1. Sakit perut

Seseorang yang mengkonsumsi undur-undur bisa saja mengalami sakit perut, mengapa? Hewan satu ini hidup di tanah dan pasir yang mungkin saja sudah terkontaminasi bakteri, virus atau jamur.

Sehingga jika kamu mengkonsumsinya bukan tidak mungkin akan mengalami sakit perut, bahkan memicu diare serta kram perut.

Oleh karena itu jika kamu hendak mencari undur-undur untuk obat, maka carilah habitat tempat tinggal mereka yang bersih. Misalnya tidak terkontaminasi kotoran binatang dan lain sebagainya.

2. Gula darah rendah

Orang yang memiliki gula darah rendah atau hipoglikemia sebaiknya menghindari mengkonsumsi undur-undur.

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, hewan satu ini mengadung senyawa sulfonilurea yang dapat berperan sebagai obat antidiabet alami. 

Senyawa tersebut bekerja dengan cara memperlancar kerja organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin, yaitu salah satu hormon yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika kamu seseorang yang memiliki hipoglikemia atau kadar gula darah rendah, sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi undur-undur karena bisa memperparah keadaan tersebut.

3. Alergi 

Gejala alergi mungkin saja terjadi untuk beberapa orang yang sensitif, mengingat undr-undr yang dikonsumsi masih dalam kondisi hidup dan ditangkap dari alam liar.

Walau hal ini kecil kemungkinan terjadi, namun bukan berarti aman bagi sebagian orang.

Nah, itulah beberapa bahaya dan efek samping undur-undur yang bisa saja terjadi jika kamu mengkonsumsinya.

Adapun bentuk perhatian lebih yang bisa kamu lakukan ialah konsultasikan pada dokter kepercayaan kamu terkait hal tersebut.

Terlebih lagi buat kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sedang mengkonsumsi obat-obatan, ibu hamil dan sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar serangga yang suka mundur ini.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel