CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Toge Mentah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Toge Mentah

gambar sayur tanaman toge tauge
Sumber foto : pixabay/hansbenn
Healty99 - Apakah boleh mengkonsumsi toge setiap hari? Tentu saja "Iya" Toge juga merupakan sayuran kaya akan nutrisi yang memang sangat di sarankan untuk dimakan setiap hari.

Walaupun begitu akan sangat baik jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan. Mengapa? Meski dikatakan baik, namun mengkonsumsi tauge secara berlebihan justru juga bisa memicu efek negatif bagi tubuh.

Terlebih lagi jika kamu memakanya dalam bentuk masih mentah sebagai lalapan dengan rutin.

Efek Samping Tauge

Bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kecambah kacang hijau memang tidak terlalu siknifikan, namun ada baiknya di hindari agar tidak terjadi.

Selain itu adapun beberapa kondisi yang harus kamu perhitungkan agar terhindar dari efek samping toge, salah satunya ialah sebagai berikut :

1. Ibu hamil dan menyusui

Tauge memang kaya dengan nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, potasium, dan folat. Nutrisi tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan saat masa kehamilan.

Namun terlepas dari nutrisinya buat ibu hamil, akan lebih baik untuk mengurangi mengkonsumsi tauge, terutama dalam bentuk mentah.

Pasalnya toge mentah bisa terdapat bakteri dan kuman yang masih lengket, sehingga ditakutkan bakteri seperti salmonella dan E. coli, dan dapat menyebabkan diare, mual, kram perut, demam, dan lain-lain pada wanita hamil dan ibu menyusui.

Sisi baiknya ialah kamu bisa konsumsi tauge dalam kondisi sudah dicuci bersih dan dimasak dengan matang.

2. Mengandung bakteri jahat

Kacang hijau yang tidak dibersihkan secara benar dan tidak bertunas dengan baik seperti busuk, tentu memiliki risiko lebih tinggi untuk pertumbuhan bakteri.

Kondisi penyemaian yang hangat dan lembab saat perkecambahan kacang hijau, pastinya memberikan suasana yang sangat bagus untuk tumbuh kembang bakteri berbahaya seperti E. coli dan salmonella.

Bakteri ini dapat meningkatkan risiko kamu keracunan makanan bahkan menyebabkan muntah, diare, dan kram perut.

Untuk menghindari risiko dari permasalahan satu ini, maka cobalah bersihkan kecambah kacang hijau dengan benar.

3. Reaksi alergi

Selain memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dari kecambah kacang hijau, namun makanan satu ini terkadang tidak cocok untuk semua orang.

Ada orang yang merasa alergi saat makan tauge seperti timbulnya gatal-gatal, ruam, eksim, sesak napas, sakit perut, mual, muntah, dan bahkan diare.

Jika kamu mengalami reaksi alergi saat setelah makan kecambah kacang hijau, maka ada baiknya hentikan mengkonsumsinya untuk mencegah hal tersebut terjadi.

4. Buruk untuk pencernaan

Toge memang kaya akan sumber serat pangan, dan serat dalam tauge adalah obat pencahar alami yang mampu meningkatkan pergerakan usus sekaligus mengurangi sembelit.

Sayuran satu ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut, sindrom iritasi usus, gas, kembung, dan perut kembung, dan lain-lain.

Akan tetapi, mengkonsumsi terlalu banyak serat makanan juga memiliki efek samping yang sama, karena dapat mengaktifkan gerakan usus secara berlebihan dan menyebabkan diare.

Bahkan yang terburuk juga dapat menyebabkan malabsorpsi, gas usus, kembung pada usus dan lain-lain.

5. Penderita diabetes

Tauge dapat membantu mengelola diabetes karena mempunyai indeks glikemik rendah 25 dan bisa memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Kemampuanya juga berperan dalam mencegah lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba di dalam tubuh.

Nah jika kamu sedang dalam pengobatan diabetes, maka ada baiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan tauge ke dalam asupan makanan sehari-hari agar tidak ada intoleransi makanan terhadap obat.

6. Penderita darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, dan bahkan menyebabkan masalah penyakit kardiovaskular serta gangguan kesehatan lainnya.

Kandungan mineral kalium pada kecambah kacang hijau diketahui memiliki kemampuan dalam melemaskan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan meredakan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Oleh karenanya tauge ditakutkan bisa mengganggu seseorang yang sedang dalam pengobatan tekanan darah.

Jadi jika kamu sedang mengkonsumsi obat tekanan darah, maka cobalah untuk konsultasikan dengan dokter apabila kamu hendak memasukan toge sebagai makanan sehari-hari.

Note : Singkatnya toge memang baik untuk kesehatan, tidak ada efek samping dan bahaya yang terlalu berarti dari mengkonsumsi sayuran satu ini.

Hanya saja jika kamu tidak mencucinya secara bersih saat sebelum dimakan, maka kemungkinan besar kamu bisa mengalami gangguan pencernaan.

Tauge juga mengadung banyak serat makanan yang baik untuk pencernaan, namun sisi buruknya terlalu banyak serat juga bisa mengganggu sistem saluran pencernaan tubuh kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tauge. 

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel