CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 11 Cara Mudah Membasmi Kutu Kasur, Kepinding atau Kutu Busuk Agar Tidak Kembali Lagi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

11 Cara Mudah Membasmi Kutu Kasur, Kepinding atau Kutu Busuk Agar Tidak Kembali Lagi

gambar orang lagi membersihkan kasur atau sofa
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kutu kasur (bedbugs) atau dikenal juga dengan kutu busuk dan kepinding, merupakan spesies hama pengganggu yang sering ditemukan di dalam rumah, lebih tepatnya pada kasur, sofa, perabotam serta tumpukan baju.

Jika suatu tempat terdapat banyak hewan satu ini, maka hal tersebut merupakan tanda jika lokasi tersebut kebersihanya kurang terjaga dengan baik.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa kutu kasur alias kepinding (kutu busuk) merupakan serangga yang mencari makan dengan menghisap darah, dan akan lebih agresif (aktif) pada malam hari.

Jika tidak segera di basmi, serangga satu ini bisa memicu beberapa gangguan kesehatan si pemilik rumah loh.

Mulai dari gangguan pernafasan, ruam pada kulit, scabies (kudis), bintik dan gatal-gatal adalah hal umum yang sering terjadi jika jika digigit atau terinfeksi kutu satu ini.

Cara Membasmi Kutu Kasur, Kepinding alias Kutu Busuk

Perlu kamu ketahui bedbugs sebenarnya cukup sulit dibasmi, bahkan jika kamu mencoba menggunakan insektisida atau racun serangga tetap saja. Mereka sangat lihai dalam bersembunyi agar tidak di temukan oleh manusia.

Salah satu bentuk membasmi serangga satu ini ialah dengan rutin merapikan dan membersihkan tempat tidur, kasur, lemari pakaian serta perabotan rumah. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi sekaligus mencegah kutu kasur, kepinding atau kutu busuk agar tidak datang lagi.

1. Jemur dibawah sinar matahari

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah menjemur peralatan seperti kasur, pakaian, prabotan, guling, bantal dan selimut kamu yang terinfeksi kutu.

Langkah sederhana ini sangat berpengaruh terhadap kebersihkan peralatan kamu sekligus membasmi beberapa tungau, kutu, kuman dan patogen lainnya yang bisa mengganggu kesehatan.

Ada baiknya kamu lakukan secara rutin di setiap minggunya, dan selama proses penjemuran cobalah berada sedikit lebih jauh dengan rumah atau di tempat yang luas, sehingga nantinya kutu tidak akan lari kembali kedalam rumah.

2. Gunakan gel silika 

Gel silika merupakan merupakan senyawa natrium silikat yang sering digunakan pada perangkat elektronik, pakaian, sepatu dan sebagainya dengan tujuan untuk mencegah kerusakan produk dari kelembapan udara. 

Namun tahukah kamu pada dasarnya gel silika yang berwarna bening dan berbentuk butiran kecil tersebut bisa kamu gunakan untuk mengusir kutu kasur, kepinding alias kutu busuk loh.

Caranya cukup taburkan gel silika pada prabotan, kasur dan pakaian kamu secara merata dan selipkan beberapa kantung gel pada sudut-sudut.

3. Cuci dengan air panas dan sabun

Buat kamu yang perabotan, pakaian, sepatu, selimut, tikar dan sebagainya terinfeksi kutu satu ini, cobala atasi dengan mencucinya menggunakan air panas dan sabun.

Pasalnya, sabun dan detergen bersifat panas sekaligus obat yang ampuh untuk membunuh kutu.

Setelah dicuci lanjut dengan jemur dibawah terik matahari secara langsung hingga benar-benar kering.

4. Minyak tanah

Cara mengatasi dan membasmi kutu busuk selanjutnya ialah bisa menggunakan minyak tanah, atau bisa juga diganti dengan solar.

Cukup semprotkan minyak tanah ataupun solar pada sudut-sudut yang menjadi sarang dari kutu.

Sifat minyak yang panas tentu dapat membunuh kutu busuk secara langsung sekaligus mematikan sejumlah telur-telur mereka yang sulit dilihat manusia.

5. Proses pengguapan

Cara satu ini sebenarnya banyak yang belum tahu bahwa kamu bisa membasmi kutu kasur dengan menggunakan penguapan. 

Proses satu ini dilakukan dengan memakai ketel listrik atau panci khusus yang diberikan selang kecil untuk mengalirkan sejumlah uap.

Nah, uap yang keluar melalui selang tersebut nantinya diarahkan pada sela-sela lipatan kasur dan jahitan, tumpukan pakaian serta beberapa perabotan rumah yang terinfeksi kutu.

Uap panas yang dihasilkan dapat mengganggu kutu dan membuat mereka tidak nyaman, bahkan mereka bisa mati kepanasan. 

Selanjutnya setelah proses penguapan selesai, ada bagusnya kamu jemur dibawah terik matahari untuk beberapa saat.

6. Kapur barus

Tahukah kamu bahwa kapur barus sebenarnya bisa digunakan sebagai racun untuk kutu kasur, kepinding atau kutu busuk loh. Bahkan cara satu ini terbilang paling mudah. 

Caranya cukup beli kapur barus di toko lalu selipkan di beberapa cela seperti di bawah kasur, lemari, lipatan karpet atau tikar, sepatu dan sebagainya.

Kapur barus akan menguap yang mana hal tersebut tidak disukai kutu, sehingga mereka akan merasa terganggu dan bahkan mati.

7. Kulit durian

Siapa sangka kulit durian yang memiliki aroma menyegat bisa kamu manfaatkan sebagai pengusir sejumlah tungau dan kutu kasur loh.

Buat kamu yang ingin cara sederhada dan cukup tahan dengan aroma buah durian, maka tips satu ini bisa kamu terapkan.

8. Racun insektisida

Jika kamu menemukan sarang kutu kasur, maka semprot menggunakan insektisida secara merata dengan begitu akan langsung mati. 

Akan tetapi yang perlu kamu ingat ialah, penggunaan racun insektisida bisa mengancam kesehatan si pemilik rumah, terlebih lagi jika hal tersebut di semprotkan pada tempat-tempat seperti kasur, pakaian dan selimut.

Di satu sisi, beberapa kutu kasur bisa saja bersembunyi di lipatan kain yang justru hanya akan membuang semprotan serangga karena tidak mengenai kutu secara langsung.

Oleh karena itu pertimbangkan penggunaan racun insektisida jenis semprot secara sembarangan.

9. Pakai lilin

Cara selanjutnya kamu bisa memanfaatkan lilin. Cairan panas lilin diketahui bisa mengusir sejumlah kutu loh, ha ini karena terdapat beberapa kandungan kimia yang bisa mengganggu mereka.

Untuk penggunaan cukup mudah, cukup bakar lilin lalu teteskan sedikit pada cela-cela atau tempat tempat yang menjadi sarang kutu.

10. Larutan garam 

Untuk membasmi kutu kasur, kutu busuk maupun kepinding berikutnya kamu bisa memakai larutan garam dapur.

Caranya ambil 2 sendok makan garam lalu larutkan pada 1 gelas air, setelah itu semprotkan merata pada tempat-tempat yang menjadi tinggal kutu maupun tungau.

11. Cuka

Cuka merupakan bahan masakan sekaligus penyedap yang sering ditambahkan pada makanan. Namun siapa sangka penggunaanya juga bisa kamu pakai untuk membasmi kutu loh.

Untuk cara pakai bisa kamu terapkan sama seperti menyemprotkan air garam diatas tadi.

Nah, itulah beberapa cara membasmi kutu kasur, kepinding atau dikenal juga dengan kutu busuk agar tidak datang kembali.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel