CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jumlah Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Blueberry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Jumlah Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Blueberry

gambar buah blueberry
Sumber foto : pixabay/borislagosbarrera
Healty99 - Blueberry (Cyanococcus) merupakan salah satu jenis buah beri dengan warna biru, lezat yang termasuk dalam tumbuhan semak. Blueberi diketahui berasal dari Amerika Selatan, namun kini telah banyak ditanam di beberapa negara.

Menurut penelitian, blueberry kaya akan nutrisi mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, flavonoid, serat makanan, fitokimia, dan lain-lain. Banyaknya kandungan nutrisi pada buah membuat blueberi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun perlu kamu ketahui, meskipun blueberry buah yang kaya akan manfaat untuk tubuh, tetapi adapula beberapa efek samping jika kamu terlalu sering mengkonsumsinya.

Efek Samping Blueberry

Efek samping dari blueberry pada dasarnya akan berlaku jika kamu memakan dalam jumlah banyak. Salah satu diantaranya ialah :

1. Sakit perut

Blueberry memang sumber makanan yang baik, karena ada banyak manfaat serat seperti mengatur pergerakan usus, mengatasi masalah sembelit, mencegah penyerapan kolesterol dan masih banyak hal lagi.

Namun terlalu banyak mengkonsumsi serat makanan justru bisa berefek sebailknya yaitu menyebabkan perut, masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan sebagainya.

2. Menyebabkan sensitivitas salisilat

Blueberry memiliki kandungan asam salisilat dalam jumlah tinggi yang merupakan bahan aktif untuk digunakan dalam pembentukan aspirin.

Senyawa satu ini pada dasarnya secara alami dapat ditemukan di banyak tanaman dan tentunya kaya akan manfaat. Namun disisi lain tidak semua individu bisa dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa orang mungkin saja ada yang alergi terhadap asam, bahkan bisa menyebabkan efek ruam, sakit kepala dan gejala seperti, kembung, gas, diare, mual, muntah serta refluks asam.

3. Kelebihan vitamin k

Blueberry juga sumber buah yang memiiki vitamin K tinggi, setidaknya dalam 1 cangkir blueberry terdapat sekitar 29 mikrogram vitamin K.

Vitamin K merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kita agar tetap sehat, serta sekaligus berguna untuk menjalankan fungsi organ.

Meskipun demikian adapun beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan terkait dengan mengkonsumsi vitamin K dalam jumlah tinggi.

Untuk alasan ini, salah satu dampak kelebihan asupan vitamin K antara lain kesulitan menelan, pernapasan tidak teratur, pingsan, sesak napas, ruam kulit, peningkatan perdarahan internal dan tampak seperti lebam.

4. Menyebabkan hipoglikemia

Jika kamu adalah seseorang yang menderita diabetes maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun blueberry.

Menurut penelitian, daun blueberry memang bisa membantu menurunkan kadar gula darah hingga tingkat yang sangat rendah, namun pada akhirnya bisa menyebabkan hipoglikemia.

Adapun ciri-ciri seseorang hipoglikemia antara lain penglihatan kabur, perubahan suasana hati yang tiba-tiba, kulit pucat, kepala sakit, lapar, gelisah, sulit berpikir, serta hilang kesadaran.

5. Alergi

Secara umum sebenarnya tidak banyak faktor pemicu alergi terkait dengan makan buah blueberry.

Namun bagi mereka yang alergi terhadap beberapa jenis buah seperti persik, plum, aprikot, ceri dan nektarin mungkin harus sedikit berhati-hati.

6. Tidak cocok untuk ibu hamil

Seperti yang kita ketahui, blueberry merupakan buah kaya nutrisi yang memang bagus untuk kesehatan tubuh.

Namun untuk seorang ibu hamil, menambahkan asupan makanan bernutrisi tentu menjadi suatu pertimbangan yang harus dihitung.

Oleh karena itu ada baiknya konsultasikan kepada dokter kepercayaan kamu atau ahli gizi terlebih dahulu, terkait untuk mendapatkan informasi seputar kebutuhan nutrisi saat hamil.

7. Kurang cocok untuk ibu menyusui

Makan blueberry dalam jumlah sedang memang aman karena bisa dianggap sebagai sumber asupan nutrisi, tetapi jika konsumsi dalam porsi yang tinggi harus dihindari.

Pasalnya, meskipun buah satu ini merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan, fitokimia, flavonoid, karotenoid, dan sebagainya.

Namun konsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa berefek negatif pada tubuh kita, terlebih lagi pada ibu yang sedang menyusui anaknya.

8. Tidak cocok untuk pasien operasi

Blueberry mengadung asam salisilat yang bertindak sebagai obat pengencer darah alami. Di sisi lain, kandungan vitamin K yang ada pada buah juga berguna dalam melarutkan bekuan darah.

Karena itu sangat disarankan tidak dikonsumsi oleh seseorang yang akan menjalani operasi.

Nah, Itulah beberapa efek samping mengkonsumsi buah blueberry yang harus kamu ketahui

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel