CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Motor Nmax Mengeluarkan Bunyi Pada Bagian Roda Belakang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Motor Nmax Mengeluarkan Bunyi Pada Bagian Roda Belakang

gambar motor nmax
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Saat berkendara tiba-tiba terdengar suara gesekan besi atau bunyi tak-tak pada bagian roda belakang motor Nmax kamu. Secara tidak langsung tentu bagi orang awam pasi akan merasa bingung.

Bagaimana tidak, motor yang tadinya tidak ada suara kini tiba-tiba mengeluarkan suara aneh saat dikendarai, baik itu lagi sedang sendirian maupun berboncengan. 

Sebenarnya apasih penyebab bunyi tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya?

Roda Belakang Nmax Bunyi

Secara umum dan sering terjadi bunyi pada bagian roda belakang Nmax kamu ada 3 hal. Tapi tidak perlu khawatir, jika kamu memberikan penanganan yang cepat maka kerusakan tersebut dapat di hindari.

Berikut beberapa penyebab timbulnya bunyi pada bagian dekat roda belakang sepeda motor Nmax.

1. Kampas rem habis

Pada sepeda motor Nmax, sistem pengereman baik depan maupun belakang dilengkapi dengan jenis disc brake alias rem dengan piringan cakram.

Setiap kendaraan sepeda motor yang menggunakan pengereman disc brake (cakram), akan cukup sulit mengetahui kapan kampas rem tersebut habis jika tidak mengecek secara berkala.

Pasalnya pada bagian tuas masih terasa tekanan, sehingga tidak ada yang namanya tuas rem terlalu jauh kedalam kecuali minyak rem habis atau komponen master rem rusak.

Oleh karena itu banyak pengendara Nmax tanpa sadar kampas rem belakang mereka sudah habis, dan baru sadar saat mengeluarkan bunyi.

Bunyi tersebut dihasilkan karena adanya gesekan antara besi dari piringan cakram dan besi pada pad kampas rem.

Cara mengatasi permasalahan satu ini cukup ganti kampas rem belakang kendaraan kamu dengan yang baru.

2. Bearing swing arm

Nmax memang dilengkapi swing arm pada bagian belakangnya, sama seperti motor vario, aerox dan lexi.

Pada bagian swing arm tersebut terdapat bantalan bearing dengan nomor kode 6303. Bearing tersebut dapat berperan sebagai laher tumpuan as roda dan selalu berputar saat kendaraan berjalan. 

Beberapa kondisi tertentu bearing tersebut bisa mengalami aus, bahkan baru sadar saat keadaan bearing sudah pecah dan mengeluarkan bunyi.

Ciri-ciri bearing (laher) swing arm Nmax yang sudah pecah dan goyang dapat ditandai dengan terasa sedikit keset saat diputar kedepan maupun belakang.

Akan tetapi beberapa kondisi terkadang bearing tersebut tidak bisa dirasakan, karena posisinya diapit swing arm dan di kunci dengan kuat. Bahkan baru bisa terasa jika kerusakan bearing sudah parah.

Masalah satu ini dapat diatasi dengan dilakukan pergantian part atau bearing dengan kode nomor 6303.

3. Baut as roda belakang kurang kencang

Penyebab motor Nmax bunyi pada bagian roda belakang bisa juga di sebabkan oleh baut as roda yang kurang kencang.

Entah itu karena pemasangan yang tidak pas alias belum di kunci dengan kuat, atau bisa juga karena baut tersebut kendur dengan sendirinya.

Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa mengencangkan kembali baut as roda belakang menggunakan kunci ukuran 24. Bila perlu kamu memastikan juga semua baut pada bagian belakang sudah terkunci kuat.

Nah, itulah beberapa penyebab sepeda motor Nmax kamu mengeluarkan bunyi pada bagian roda belakang.

Note : Jadikan artikel ini sebagai salah satu masukan buat kamu. Segala bentuk tulisan yang dibuat berdasarkan pengalaman, oleh karena itu sangat senang jika bisa berguna. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel