CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 10 Manfaat Minum Jus Kacang Panjang Secara Teratur - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

10 Manfaat Minum Jus Kacang Panjang Secara Teratur

gambar jus kacang panjang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kacang panjang merupakan jenis sayuran polong yang umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kacang satu ini memiliki rasa sedikit manis, renyah dan berair, oleh karenanya kerap di jadikan lalapan atau masak sayur.

Selain dikonsumsi dalam bentuk lalapan dan masakan, kacang panjang juga enak diolah menjadi jus. Mengingat ada banyak kandungan nutrisi di dalam kacang, tentu sudah pasti ada manfaat lebih yang bisa kamu dapatkan rutin meminumnya.

Minum Jus Kacang Panjang

Adapun bentuk beberapa kandungan nutrisi tersebut ialah riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin A, thiamin, vitamin C dan K, magnesium, folat, mangan, kalsium, serat pangan, karbohidrat, zat besi, fosfor serta masih ada banyak lagi.

Banyaknya kandungan pada kcang panjng hal ini tentu bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Bolehkah Asam Urat Makan Kacang Panjang

Oleh karena itu buat kamu yang ingin mengkonsumsi dalam bentuk minuman jus, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan :

1. Membantu melancarkan pencernaan

Pertama bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kamu, sebab sayuran hijau memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, ditambah lagi jika kamu konsumsi dalam bentuk minuman alias jus.

Manfaat satu ini tentu bisa menjadi alasan buat kamu yang sering mengalami masalah pada pencernaan seperti sakit perut, sulit BAB atau BAB keras, wasir dan sebagainya.

2. Mencegah diabetes

Seperti yang kita ketahui diabetes termasuk dalam golongan penyakit yang berbahaya, karena untuk kasus parah bisa merenggut nyawa seseorang.

Pemicu seseorang bisa terkena diabetes ialah terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis, sehingga kadar gula (glukosa) darah menjadi tinggi.

Karena itu mungkin kamu bisa mencoba manfaat minum jus kacang panjang, hal ini dikarenakan mampu mencegah sekaligus mengobati penyakit terkait gula darah tinggi.

Penelitian juga menunjukan adanya aktivitas anti-hiperglikemik pada sayuran kcng pnjng yang bisa mengendalikan gula darah di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

Buat kamu yang rutin mengkonsumsi kacang panjang, baik mentah atau di masak maka berbahagialah. Pasalnya sayuran polong satu ini bisa menjadi sumber vitamin C yang tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lain.

Rutin mengonsumsi kaacang panjang diketahui dapat mengurangi munculnya masalah kerutan, garis pada wajah serta masalah penuaan lainnya.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat minum jus kacang panjang selanjutnya ialah bisa membuat kualitas tidur kamu menjadi lebih baik dan nyenyak.

Seseorang yang kekurangan mineral magnesium menjadi salah satu penyebab gangguan tidur seperti hiperaktif, kecemasan dan gelisah.

Untuk itu kandungan magnesium pada kacang paanjang diharapkan bisa menjadi penyelesaian terhadap masalah tersebut dengan menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi.

5. Mencegah terkena rematik

Khasiat dari kandungan vitamin C pada kacang panjang selanjutnya juga bisa menurunkan risiko seseorang mengalami encok, rematik, cidera serta masalah pada area sendi dan otot.

Dalam hasil riset sebuah studi penelitian juga menegemukaan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi 1000 sampai 1500 mg vit C, bisa menekan resiko terkena asam urat sebesar 30%.

6. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat menyerang kapan saja dan dimana saja, seperti pada lingkungan kita yaitu polusi udara, radiasi elektronik, asap rokok, sinar matahari atau paparan zat kimia.

Namun dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti sayuran kacang panjang, diketahui bisa mencegah kerusakan yang di sebabkan radikal bebas, polutan, atau paparan bahan kimia.

Kita tahu bahwa paparan radikan bebas yang berlebihan bisa menyebabkan masalah penyakit di kemudian hari, contohnya seperti kanker, tumor serta paling umum adalah penuaan dini.

7. Makanan sehat untuk diet

Khusus buat kamu yang sedang diet atau dalam fase menurunkan berat badan, pasti lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi, rendah gula, rendah lemak serta harus kaya air.

Untuk itu mungkin kamu bisa memasukan jus kcng pnjng sebagai salah satu minuman untuk diet sehat kamu, karena memiliki banyak sekali kandungan nutrisi baik.

8. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan olahraga secara rutin, sehingga tulang menjadi lebih kokoh, kuat serta mencegah terjadinya cidera pada bagian persendian.

Namun olahraga saja juga tidak cukup loh, kamu juga harus menyokong kebutuhkan nutrisi tulang dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kaya mineral.

Seperti halnya jus kacang panjang yang memiliki vitamin K dan C, kalium, kalsium, magnesium, serta zat besi yang menjadi penguat utama untuk bagian tulang dan persendian.

9. Menjaga kesehatan mata

Tahukah kamu kandungan vit A dan tiamin pada sayuran polong dapat melindungi kamu terhadap masalah indera penglihatan seperti rabun, glaukoma dan katarak.

Manfaat minum jus kacang panjang mentah bisa memengaruhi kinerja otot dan saraf dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak dengan baik.

Itu sebabnya vitamin A sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan penglihatan saat dalam gelap.

10. Menjaga daya tahan tubuh

Karena ada banyak sumber nutrisi yang terkandung pada sayuran kacang panjang, bukan tidak mungkin jika kamu mengkonsumsinya secara teratur bisa mendapatkan manfaat lebih, salah satunya ialah menjaga daya tahan tubuh terhadap beberapa serangan penyakit.

Itulah sebabnya mengapa sayuran hijau termasuk dalam jajaran makanan sehat yang baik untuk kesehatan dan sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai asupan sehari-hari.

Cukup sampai di sini tentang beberapa manfaat minum jus kacang panjang mentah yang bisa kamu ketahui.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel