CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menghilangkan Bekas Gores atau Lecet Pada Kaca Helm - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menghilangkan Bekas Gores atau Lecet Pada Kaca Helm

gambar kaca helm motor bening
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Bekas goresan, baret atau lecet pada kaca helm memang dapat menyebabkan penglihatan terganggu. Bagaimana tidak, kaca yang tadinya bening alias bersih menjadi tampak buram tentu sudah pasti akan mengganggu pandangan saat di bawa berkendara.

Kaaca helm pada dasarnya tidak terbuat dari 100% kaca, melainkan dari bahan material akrilik dan polikarbonat alias plastik. Walaupun begiut kaca helem memiliki daya tahan banting dan benturan namun untuk beberapa kondisi sangat mudah mengalami lecet, baret atau goresan.

Terlebih lagi jika visor helm jatuh pada permukaan semen, benton atau aspal, maka sudah pasti akan menyebabkan buram.

Walau sebenarnya kaca helm tersebut dapat diganti baru dengan harga yang cukup murah, namun pastinya akan lebih baik kalo bisa diperbaiki sendiri. 

Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih karena mengingat kondisinya masih utuh dan belum pecah.

Cara Menghilangkan Lecet Pada Kaca Helm

Selagi masih banyak orang kreatif, tentu perihal mengakali akan masih terus ada, yang artinya kenapa kita harus selalu membeli baru padahal yang lama bisa diperbaiki.

Nah, jika kamu ingin memperbaiki alias menghilangkan bekas lecet atau baret pada kaaca helm, kamu bisa mencoba beberapa tahap dan langkah pengerjaan di bawah ini.

Lecet tipis

Apabila kaca helem kamu hanya mengalami lecet tipis atau sekedar gores, pada dasarnya bisa kamu atasi cukup dengan memolesnya saja. 

Lecet tipis sebebarnya hanya membuat buram pada lapisan luar visor saja, berbeda jika dengan mengores tajam hingga dalam.

Untuk menghilangkan lecet tipis atau buram tersebut beberapa orang mengandalkan odol atau compound, kemudian dioleskan secara merata pada kaca helm dan digosok hingga kembali jernih.

Untuk pengerjaan cepat mungkin kamu bisa menggunakan alat berupa mesin poles untuk cat, sehingga nanti hasil yang di dapat jauh lebih baik.

Lecet dalam

Jika kaaca helm kamu mengalami lecet dalam alias menggores hingga permukaan menjadi kasar atau berparit, maka pengerjaanya akan sedikit lebih sulit.

Berbeda dengan lecet tipis atau pudar yang bisa diatasi hanya dengan di poles, lecet dalam tentu akan memakan waktu dan tingkat kesabaran yang cukup tinggi dalam pengerjaan.

Terlebih lagi hasil yang didapat mungkin tidak akan tampak seperti baru, mengingat goresan yang di alami terlalu membekas. 

Berikut langkah pengerjaanya :

  1. Siapkan amplas pasir 
  2. Compound
  3. Lap
  4. Air

Untuk pengerjaan pertama-tama bersihkan bagian kaca helm yang menggores dengan air, setelah itu lanjut dengan amplas dengan ukuran partikel abrasif  berkisar 8 - 15 mikrometer. 

Lebih baik menggunakan amplas yang halus, karena bertujuan untuk mengaluskan bagian kaca helm yang terdapat baret atau goresan cukup dalam.

Pengerjaan mengamplas memang akan memakan waktu dan kesabaran yang tinggi, mengingat ampas yang dipakai terbilang sangat halus serta harus diperlakukan secara pelan-pelan.

Lakukan amplas secara berulang sembari di beri air. Jika sudah tampak rata alias permukaan kaca cukup halus, maka keringkan dengan lap, setelah itu lanjut di poles menggunakan compound. 

Jika menurut kamu hasil yang didapat masih kurang maksimal, maka kamu bisa diakali dengan memakai heat gun atau pemanas listrik.

Cobalah panasi bagian yang baret atau lecet tersebut supaya plastik dapat sedikit lumer dan bagian yang tergores dapat lebih disamarkan. 

Namun harap berhati-hati karena cara ini cukup berisiko, pasalnya jika tidak tepat visor kamu justru akan menjadi menguning atau bahkan malah meleleh karena panas.

Nah, itulah cara menghilangkan bekas gores atau lecet pada kaca helm yang bisa kamu coba dan terapkan dirumah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel