CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Gatal Keladi di Tangan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mudah Menghilangkan Rasa Gatal Keladi di Tangan

gambar keladi umbi talas
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Keladi merupakan penyebutan umum untuk tanaman dari keluarga talas-talasan (Araceae). Ada banyak jenis keladi yang dapat di temukan di Indonesia, baik yang bisa dikonsumsi sebagai bahan makanan hingga hanya di pelihara sebagai tanaman hias.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak mengulas tentang jenis-jenis tanaman keladi, melainkan bagaimana cara menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan tanaman satu ini saat mengenai kulit.

Seperti yang kita ketahui, tidak semua jenis keladi bisa dikonsumsi sebagai makanan, hanya beberapa jenis saja seperti talas Bogor, talas Padang, dan talas Belitung yang bisa diolah. Sisanya dikarenakan tidak memiliki umbi serta mempunyai kadar getah yang cukup tinggi.

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Keladi di Tangan

Perlu kamu ketahui, rasa gatal yang ditimbulkan umbi keladi (talas) saat mengenai kulit atau tangan berasal dari getahnya. Getah umbi tersebut mengadung senyawa berupa zat kalsium oksalat.

Walau pada dasarnya kalsium oksalat tidak terlalu menyebabkan masalah serius pada sistem pencernaan saat di konsumsi, namun beberapa kasus senyawa tersebut bisa menyebabkan alergi pada bagian kulit. 

Sehingga tidak jarang orang yang menggupas umbi keladi akan mengalami gatal pada bagian tangan dan tubuh yang terkena getah secara langsung.

Namun sebenarnya kamu tidak perlu khawatir, getah keladi yang mengenai kulit terbilang cukup mudah untuk di hilangkan atau di cegah, dan pada akhirnya rasa gatal juga dapat dikurangi. 

Salah satu caranya ialah sebagai berikut :

1. Cuci dengan sabun

Yang pertama sekaligus termudah ialah kamu bisa lakukan mencuci dengan sabun dan air mengalir.

Pada dasarnya getah keladi akan hilang saat kamu cuci menggunakan sabun atau detergen, oleh karena itu tidak perlu terlalu khawatir.

2. Menggunakan minyak makan

Minyak makan atau minyak sayur bisa kamu jadikan alasan untuk mencegah dan mengurangi rasa gatal saat mengupas umbi talas.

Cukup balurkan minyak makan pada bagian tangan kamu secara merata saat akan mengupas umbi, maka secara tidak langsung getah tidak akan menempel pada kulit karena ada minyak.

Tentu saja hal ini dapat mencegah rasa gatal yang akan timbul nantinya seklaigus mempermudah kamu dalam membersihkan getah yang menempel.

3. Pakai abu gosok

Selain dua cara di atas, adapaun kamu bisa memanfaatkan abu bakar atau abu gosok untuk menghilangkan getah talas yang melekat pada tangan.

Abu dapat menyerap air sekaligus getah, sehingga bisa mencegah rasa gatal yang akan timbul nantinya.

Menggosokan abu pada kulit saat terkena getah juga berguna nantinya untuk mempermudah kamu dalam membersihkan kulit saat di cuci nanti.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan rasa gatal keladi di tangan dan kulit yang bisa kamu coba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal menarik.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel