CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Efek Samping Meminum Air Rebusan Daun Ketepeng - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat dan Efek Samping Meminum Air Rebusan Daun Ketepeng

gambar daun tanaman ketepeng
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Buat kamu yang tidak tahu dengan ketepeng, tanaman satu ini juga dikenal dengan nama kaskado atau ketepeng cina, yaitu salah satu tumbuhan liar semak dengan nama ilmiah Senna alata.

Tanaman satu ini memang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi beberapa gangguan penyakit, baik itu diolah dengan cara ditumbuk atau dikonsumsi dalam bentuk air rebusan.

Pada dasarnya penggunaan kaskado untuk luar tubuh adalah sah-sah saja, karena memang kebanyakan tanaman satu ini lebih kepada pemakaian luar seperti kulit.

Baca juga : Cara Menggunakan Ketepeng Untuk Gatal-Gatal

Namun yang jadi permasalahan ialah adakah manfaat lebih dan efek samping dari tanaman jika dikonsumsi dalam bentuk rebusan?

Manfaat Air Rebusan Daun Ketepeng

Menurut penelitian, adapun beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman ketepeng, salah satunya ialah senyawa tanin, asam krisofanat, alkaloid, senyawa glikosida, aloeemodina, zat pahit, zat samak, serta flavonoid.

Sejumlah kandungan tersebut diyakini bisa memberi manfaat baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam dosis dan takaran yang tepat. Salah satu manfaatnya ialah bisa :

  1. Membantu dalam menurunkan tekanan darah alias hipertensi
  2. Mengurangi risiko seseorang terkena penyakit stroke
  3. Menyembuhkan luka sariawan pada gusi dan bibir
  4. Melancarkan dan mencegah gangguan pencernana 
  5. Mengurangi nyeri saat menstruasi
  6. Membantu menyembuhkan penyakit kulit dari dalam
  7. Serta mengurangi kolsterol jahat di dalam tubuh secara tidak langsung

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi rebusan daun ketepeng secara teratur serta dengan dosis pemakaian yang tepat.

Disamping itu adapun yang perlu kamu ketahui. Selain manfaat, adapun efek samping atau bahaya yang mungkin saja bisa timbul nantinya. 

Baik itu dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi ataupun kondisi tertentu yang memicu reaksi lain pada tubuh.

Efek Samping Air Rebusan Daun Ketepeng

Memang perlu bagi kamu untuk mengetahui efek samping yang akan di timbulkan. Tujuanya ialah untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang memang tidak di inginkan, terlebih lagi jika berbahaya bagi kesehatan.

Adapun beberapa efek samping yang mungkin saja bisa dirasakan apabila terlalu banyak mengkonsumsi rebusan ketepeng antara lain :

  1. Alergi, alergi bisa saja terjadi pada seseorang yang memiliki sensitivitas tinggi. Contohnya seperti gatal-gatal, bintik dan ruam pada beberapa bagian tubuh.
  2. Gangguan pencernaan serta sakit perut.
  3. Mual dan pusing
  4. Nafsu makan hilang sementara
  5. Gangguan pada sistem metabolisme tubuh

Sejumlah efek samping tersebut bisa saja terjadi pada kamu yang memang terlalu berlebihan dalam meminum air rebusan daun tanaman ketepeng. Oleh karena itu ada baiknya bijak dalam penggunaan.

Tidak sampai di situ saja, air rebusan daun ketepeng sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan yang sedang menyusui.

Namun jika kamu ragu, kamu bisa pertanyakan lebih lanjut pada dokter kepercayaan kamu terhadap dampak yang akan ditimbulkan pada tubuh, serta saran dalam penggunaan.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel