CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Micin Sebagai Pupuk Untuk Tanaman Kangkung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Micin Sebagai Pupuk Untuk Tanaman Kangkung

gambar micin atau msg
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Micin (MSG) merupakan penyedap yang biasa ada didapur dan digunakan untuk meningkatkan rasa dari beberapa masakan. Mineral satu ini pada dasarnya terbuat dari proses fermentasi bahan nabati seperti batang pohon tebu, bit gula, ubi singkong ataupun biji jagung.

Siapa bilang bahwa micin hanya digunakan pada bagian dapur saja, tapi nyatanya micin juga bisa digunakan sebagai pupuk alternatif saat menanam kangkung loh. 

Baca juga : Cara Menanam Kangkung Hidroponik Sendiri

Bahkan dari segi manfaat tidak main-main, alias bisa membuat tanaman menjadi lebih subur, lebat, hijau dan tentu saja pertumbuhanya menjadi lebih baik.

Manfaat Micin Untuk Kangkung

Micin atau MSG sebenarnya jenis garam natrium atau sodium yang memiliki bentuk kristal dan terbuat dari asam glumate.

Seperti yang telah di sebutkan, asam glumate berasal dari beberapa tumbuh-tumbubah termasuk itu tebu, singkong dan sejenisnya.

Baca juga : Cara Membuat POC Untuk Kangkung

Micin juga mengandung sejumlah unsur mikro dan makro yang memang dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat tumbuh dengan baik dan sehat. 

Oleh karena itu memberikan sedikit micin pada kangkung diketahui memiliki kelebihan yang diantaranya :

1. Meningkatkan pertumbuhan

Pada micin terdapat unsur nitrogen yang terkandung, ini bisa berguna untuk tanaman terutama dalam hal merangsang pertumbuhan daun ataupun batang.

Terlebih lagi, kangung merupakan salah satu tumbuhan yang membutuhkan nitrogen dalam jumlah yang cukup untuk tumbuh kembang serta agar tampak subur dan lebat.

2. Meningkatkan kadar air

MSG alias micin memiliki manfaat dalam meningkatkan kandungan air pada tanaman dan tanah. Oleh sebab itu garam satu ini bisa mencegah tumbuhan dari kekurangan air.

Kemampuan ini juga di dasari karena kandungan senyawa natrium yang memiliki efektivitas untuk menyerap air di daerah sekitarnya.

3. Mencegah serangan penyakit

Unsur kalium yang ada pada micin mempunyai manfaat lebih untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap sejumlah serangan penyakit maupun hama.

Tidak hanya itu saja, kandungan kalium dalam penyedap satu ini juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata pada daun dan batang.

Tentunya hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap fotosintesis serta sistem metabolisme dari tanaman.

4. Pupuk alternatif

Micin dapat kamu jadikan pupuk alternatif untuk kangkung loh, mengapa demikian? Ini karena MSG alias micin memiliki sejumlah unsur mikro dan makro yang memang dibutuhkan oleh tanaman.

Sejumlah unsur tersebut berguna untuk menunjang pertumbuhan daun, batang, akar serta menjaga imunitas dari tumbuhan agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

6. Menyuburkan 

Penggunaan micin terhadap tanaman sebenarnya bukanlah hal yang baru, ini dikarenakan efek yang di dapat dengan pemberian teratur terbilang sangat baik.

Caranya penggunaanya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sdt micin dengan 1 liter air, setelah itu siramkan secara merata pada permukaan tanah.

Larutan micin memiliki kemampuan untuk menyuburkan tanaaman sekaligus melengkapi sejumlah nutrisi yang hilang.

7. Menghijaukan daun dan batang

Manfaat micin untuk tanaman kangkung selanjutnya ialah bisa membuat warna daun dan batang menjadi lebih hijau.

Itulah sebabnya terkadang penyedap MSG ini digunakan pada beberapa jenis tanaman hias atau budidaya sekala besar.

Salah satu contohnya ialah tanaaman gelombang cinta, aglonema, janda bolong, kangkung, tomat, sawi, bayam dan lain-lain akan membuat warna daun tampak lebih hijau, segar dan cantik.

Cara memberikan micin pada kangkung?

Untuk mengaplikasikan micin ke kangkng kamu bisa berikan secara langsung dengan menaburkanya pada sekeliling akar, jangan memberikan dengan menabur pada bagian daun atau dahan.

Cara berikutnya ialah kamu bisa melarutkan pada sejumlah air, setelah itu baru disiramkan ke sekeliling tanaman.

Berapa dosis micin untuk kangkung ?

Banyaknya jumlah dosis untuk diberikan pada kangkng tergantung dari jumlah polulasi tumbuhan. Namun sebagai contoh kamu bisa memberikan sekitar 1 sdt atau 5 gram micin untuk satu pot tanaman kangkung.

Kamu bisa juga melarutkan 5 gram micin dengan satu liter air, setelah itu siramkan pada tanaaman setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil.

Nah, itulah beberapa manfaat micin untuk tanaman kangkung yang bisa kamu ketahui.

Baca terus di healty99.com untuk informasi lainnya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel