CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Memberikan Garam Pada Tanaman Kangkung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Memberikan Garam Pada Tanaman Kangkung

gambar garam halus atau kasar
Sumber foto : pixabay/mkupiec7
Heaty99 - Penggunaa garam tidak hanya sebatas pada penyedap makanan saja, namun nyatanya mineral satu ini juga bisa digunakan untuk tanaman kangkung karena memiliki sejumlah manfaat baik loh.

Garam merupakan unsur kimia dengan nama NaCl yang diketahui dapat digunakan sebagai pupuk penganti KCL / KCI. 

Keberadaanya yang banyak sekaligus cukup murah, itulah sebabnya mulai banyak para pentani mengandalkan garam dapur sebagai salah satu pupuk alternatif bagi tanaman.

Baca juga : Cara Menaman Kangkung Untuk Pemula

Manfaat Garam Untuk Tanaman Kangkung

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui apa saja manfaat garam dapur bagi kangkung, berikut beberapa diantaranya yang bisa kamu ketahui.

1. Menetralkan asam tanah dan alkalis

Garam dapur dapat berguna untuk menetralkan kadar asam dalam tanah dan alkalis.

Seperti yang kita ketahui, tanah yang terlalu asam atau alkalis tentu dapat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman kangkung.

Contohnya tanah yang pH basa termasuk tanah alkali, dan umumnya tanah seperti ini butuh pendinginan dalam beberapa minggu agar bisa normal.

Akan tetapi dengan memberikan garam, tanah tersebut bisa dimanfaatkan secara langsung.

2. Memiliki sejumlah unsur penting bagi tanaman

Garam dapur kaya akan kandungan natrium (Na) dan chlor (Cl) yang dapat menjadi anternatif unsur kalium (Ka) dalam tanah.

Kalium sendiri merupakan salah satu unsur makro yang memang pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk menunjang pertumbuhan batang, akar dan daun.

Sedangkan kandungan seperti sodium (Na+) dan Klor (Cl-) pada garam merupakan salah satu unsur mikro yang bisa langsung diberikan pada tanaman untuk tumbuh dengan baik. 

Adapula unsur kimiawi NaCl yang berguna untuk meningkatkan sejumlah mikroorganisme dalam tanah seperti cacing, bakteri, dan lain-lain. Sehingga nantinya tanah menjadi lebih subur dan kaya akan hara.

Senyawa NaCl juga dapat menghindari dehidrasi saat musim kemarau karena sifatnya yang mampu mempertahankan kandungan air dalam tanah.

3. Membasmi mikro organisme jahat

Garam dapat dijadikan obat untuk membunuh bakteri dan jamur pada tanah yang menjadi sumber penyakit bagi tanaman.

Dengan memberikan sejumlah garam pada kangkung, efeknya bisa membuat tidak mudah sakit serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi terhadap serangan hama.

4. Menyuburkan tanah

Garam dapur juga memiliki kelebihan lain, salah satunya ialah bisa membantu dalam hal menyuburkan tanah secara alami tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Dengan hasil tanah yang subur sudah pasti tanaman kangkung bisa tumbuh dengan baik dan optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat garam dapur untuk kangkung yang bisa kamu ketahui.

Tidak sampai disitu saja loh, efektivitas garam diketahui juga memiliki kemampuan lebih, salah satunya ialah membantu sejumlah mikroorganisme agar bisa menghasilkan unsur hara esensial secara bekepanjangan sebagai sumber nutrisi alami bagi tumbuhan.

Di sisi lain garam juga bisa memperkuat daya tahan untuk beberapa tumbuhan hijau, termasuk kangkung, bayam, sawi karena memiliki kandungan senyawa ionik. Nilai plus lainnya ialah juga bisa memperkuat batang dan akar.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com budidaya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel