CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Busuk Pada Batang Sukulen dan Kaktus - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Busuk Pada Batang Sukulen dan Kaktus

gambar tanaman kaktus di siram
Sumber foto : pixabay/suju-foto
Healty99 - Sukulen dan kaktus memang terkadang rawan yang namanya busuk batang, hal ini disebabkan karena daya tahan tanaman yang lemah sehingga mudah terinfeksi serangan hama dan penyakit.

Kejadian seperti ini memang lebih sering dialami oleh kamu yang baru mencoba menanam sukulen atau kaktus. Karena karakteristik tanaman yang belum dikenal, tentu dengan penaganan yang salah bisa berakibat fatal bagi kehidupan tanaman.

Baca juga : Cara Mengolah Kaktus Centong Menjadi Makanan

Busuk Pada Batang Sukulen dan Kaktus

Memangnya apasih penyebab dari busuk pada batang tanaman cactus dan succulent, mengingat kita telah melakukan perawatan dengan baik seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang.

Perlu kamu ketahui, penyebab pasti mengapa tanaman kamu bisa busuk batang ialah karena adanya infeksi penyakit yang disebabkan oleh jamur. 

Beberapa jenis patogen jamur yang paling umum menyerang tanaman ialah jamur phytophthora paracitica, phellinus spp, dan genoderma spp.

Baca juga : 100 Jenis Tanaman Hias Echeveria

Jamur mampu menyerang cactus dan sukulen yang memiliki daya tahan lemah. 

Nah, turunya daya tahan tanaman terhadap penyakit atau penyebab tanaman bisa terserang jamur bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut ialah perawatan yang tidak benar.

Sebagai contoh adapun beberapa penyebab mengapa sukulen dan katus kamu bisa terserang jamur antara lain.

1. Jarang terkena sinar matahari

Sejatinya kaktus dan succulent merupakan tanaman gurun yang menyukai tempat-tempat panas dan terkena sinar matahari full.

Baca juga : Bebatuan Dan Pasir Yang Bagus Untuk Kaktus Dan Succulent

Menyimpanya di dalam rumah atau pada tempat yang memiliki intensitas sinar matahari kurang tentu akan membuat fisik atau daya tahan tanaman menjadi lebih lemah.

Selain itu, kondisi lingkungan yang cukup lembab juga akan rentan menjadi sarang pertumbuhan mikro organisme, jamur serta serangga seperti kutu. 

Oleh karena jika daya tahan tanaman lemah, tak heran apabila sangat mudah terjangkit penyakit seperti busuk batang, akar dan daun. 

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini kamu hanya cukup pindahkan saja di bawah sinar matahari secara rutin.

Baca juga : Manfaat Kotoran Kambing Untuk Kaktus

2. Tanaman terluka

Bagian batang atau daun pada kaktus dan sukulen yang mengalami luka bisa menjadi pemicu masalah pembusukan dikarenakan jamur menginfeksi melalui luka tersebut.

Kondisi seperti ini tidak jauh berbeda seperti kita manusia, apabila kita terluka pasti banyak patogen, kuman, jamur serta virus yang mengancam tubuh dan masuk melalui luka. 

Namun jika kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka infeksi tersebut bisa dicegah secara alami.

Untuk mengatasi permasalahan tanaman kaktus dan sukulen yang terluka pada bagian batang maupun daun, maka langkah yang bisa kamu lakukan ialah menjermurnya di bawah sinar matahari sedang alias dengan tujuan supaya luka tersebut cepat kering.

Baca juga : Jenis Jenis Haworthia Yang Mudah Perawatan

Selain itu ketahui penyebab mengapa bisa luka, entah itu dikarenakan oleh gigitan serangga ulat, benturan atau tersenggol hewan lain.

3. Media tanam tidak steril

Media tanam kaktus dan sukulen tidak bisa kamu ambil secara sebarang di alam, contohnya kamu menggunakan tanah di samping rumah sebagai media tanam dalam pot.

Kondisi yang sama juga berlaku buat kamu yang menggunakan satu jenis media tanam seperti hanya menggunakan cocopeat atau tanah bakar saja.

Memangnya mengapa? Menggunakan tanah yang diambil secara liar dapat mengakibatkan tanaman rusak atau mati karena busuk, penyebabnya ialah tanah tidak steril dan membawa sejumlah penyakit.

Baca juga : Jenis Succulent Aeonium

Selain itu, menggunakan media tanam hanya satu jenis juga buruk buat tanaman karena bisa kekurangan nutrisi serta menjadi sarang penyakit.

Sebab itu tidak sedikit juga para penggemar sukulen dan kaktus mereka mati karena salah menggunakan media tanam.

4. Terlalu banyak menyiram

Terlalu banyak menyiram bisa menjadi salah satu penyebab mengapa tanaman kamu bisa busuk batang dan akar. 

Hal ini dikarenakan sukulen dan kaktus merupakan tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak asupan air.

Menyiramnya secara rutin hanya akan membuat media basah, berair dan justus menjadi sarang penyakit seperti jamur, kutu serta mikro organisme.

5. Terjangkit kutu dan ulat

Kutu dan ulat merupakan hama untuk semua tanaman, tidak termasuk sukulen atau kaktus yang kamu miliki. 

Adapun jenis kutu yang sering menyerang ialah kutu putih, hewan satu ini menyerap nutrisi dengan mengigit jaringan pada batang dan daun. Sehingga menyebabkan luka dan menyebabkan busuk.

Hal yang saja juga terjadi apabila terdapat ulat pada cactus kamu. Ulat akan masuk ke dalam batang tanaman dan memakan segala jaringan sel tumbuhan yang ada, sehingga membuat lubang dan menjadi pemicu penyakit.

Nah, itulah penyebab busuk pada batang sukulen dan kaktus kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar succulent.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel