CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengolah Batang dan Akar Jambu Air Untuk Hiasan Aquascape - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengolah Batang dan Akar Jambu Air Untuk Hiasan Aquascape

gambar jambu air menempel pada batang pohon
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Batang dan akar jambu air untuk aquascape bukan lah hal yang baru, tanaman satu ini memang kerap kali dipakai sebagai elemen atau hiasan dalam tangki akuarium. Selain karena murah, pohon jambu air juga memiliki karakteristik yang cukup kuat, tahan air, lentur dan padat.

Namun jika kamu ingin menggunakan batang atau akar jambu sebagai hiasan di dalam tangki, tentu tidak semudah yang di bayangkan.

Setidaknya kamu harus mengolah atau membersihkan pohon tersebut terlebih dahulu, baru setelah itu siap di tata di dalam tangki aquascape milik kamu.

Penasaran bagaimana cara membersihkanya? Simak di bawah ini sampai selesai.

Cara Mengolah Batang dan Akar Pohon Jambu Air

Sebenarnya tujuan dari membersihkan akar tanaman jambu air ialah supaya kandungan getah, zat tanin dan beberapa senyawa lainnya dapat hilang atau jauh berkurang.

Selain itu, adapun bentuk menghidari sumber penyakit agar tidak mengganggu ekosistem di dalam tangki yang sudah aman. 

Berikut tips dan beberapa cara pengerjaanya :

1. Mencari pohon yang bagus

Yang pertama, kamu harus mencari bahan mentah di alam dengan baik. Pilihlah tumbuhan jambu yang sudah tua, cukup besar, dan memiliki pangkal kokoh.

Pohon jambu air yang sudah mati juga tidak menjadi masalah, asalkan tidak busuk, lapuk atau berjamur.

2. Bersihkan dan cuci

Langkah berikutnya ialah bersihkan batang dan akar dari tanah yang masih melekat, buang bagian akar serabut dan ranting yang berukuran kecil.

Batang jambu cukup sulit di patahkan, jadi kamu bisa memotongnya menggunakan parang atau gergaji yang tajam.

3. Bersihkan dari kulit

Setelah mendapatkan bentuk dan pola yang di inginkan, langkah selanjutnya ialah mengupas kulit luarnya yang masih melekat.

Bersihkan dengan cara di kikis atau di kerok secara merata.

4. Langkah perebusan

Jika dirasa lapisan kulit dan kotoran sudah hilang secara menyeluruh, berikutnya kamu lanjugn dengan proses perebusan.

Tidak ada bahan spesial dalam perebusan, kamu hanya memerlukan air, panci dan tentunya bagian pohon jambu yang akan di rebus.

Berapa lama perebusan akar atau batang jambu air?

Lama perebusan tergantung dari banyak bahan yang di olah, namun rata-rata perebusan bisa memakan waktu 1,5 sampai 2 jam lamanya.

5. Perendaman

Bagian batang dan akar yang sudah di rebus, kemudian kamu rendam selama semalaman atau lebih juga tidak menjadi masalah.

Biasanya selama dalam perendaman akan mengeluarkan sedikit lendir, namun proses perebusan yang dilakukan tadi di tujukan untuk mengurangi lendir tersebut agar jauh lebih berkurang.

6. Jemur dibawah sinar matahari

Cara menggolah batang dan akar jambu air untuk aquascape selanjutnya ialah dilakukan proses penjemuran. Tujuanya untuk mengurangi kadar air sebelum di masukan ke dalam tangki aquascape kamu.

Penjemuran dapat memerlukan waktu 3 sampai 4 hari, namun semua tergantung dari besar akar atau batang yang digunakan serta intensitas terik sinar matahari.

7. Pemasangan

Penjemuran merupakan bagian dari langkah terakhir, setelah itu kamu baru bisa tata atau hias sesuai keinginan di dalam tangki.

Oleh karena itu buatlah secantik mungkin dan sesuai ide kreasi kamu. Selesai.

Itulah cara membersihkan akar dan batang jambu air untuk aquascape, selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar aquarium.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel