CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping dari Mengkonsumsi Kacang Panjang Mentah Bagi Tubuh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Efek Samping dari Mengkonsumsi Kacang Panjang Mentah Bagi Tubuh

kacang panjang dalam mangkok atau piring
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kita tahu bahwa kacang panjang merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh, penyebabnya ialah ada banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Menurut penelitian kacang panjang memiliki sejumlah kandungan yang diantaranya ada riboflavin, besi, fosfor, kalium, thiamin, vitamin A, C, K, magnesium, folat, mangan, kalsium, serat pangan, karbohidrat, zat besi, fosfor dan masih ada banyak lagi.

Mengkonsumsi dalam bentuk mentah atau sudah diolah menjadi sayuran dapat memberi manfaat bagi tubuh, salah satunya ialah menjaga daya tahan terhadap penyakit, mengatasi gangguan pada pencernaan, menguatkan tulang serta mencegah paparan radikal bebas.

Namun yang perlu kamu ketahahui ialah, walau kacang panjang mentah memiliki khasiat, akan tetapi pada dasarnya tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan loh.

Efek Samping Makan Kacang Panjang Mentah

Tidak hanya pada kcng pnjng saja, hal yang sama juga berlaku pada jenis sayuran hijau lain. 

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja efek samping atau bahayanya tersebut, berikut beberapa yang bisa kamu ketahui.

1. Gangguan pada sistem pencernaan

Kacang panjang mentah baik dikonsumsi sebagai lalapan saat makan atau diolah menjadi minuman jus sebenarnya bagus untuk sistem pencernaan. Contohnya bisa mengatasi beberapa masalah seperti sembelit, BAB keras, wasir dan sebagainya.

Akan tetapi lain hal jika kamu mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat mengakibatkan sebaliknya yaitu sakit perut, kram, mual, gangguan pencernaan, ganggguan pergerakan usus serta diare.

Terlebih lagi jika kaacang panjang yang kamu makan secara mentah tidak di bersihkan secara benar, sehingga masih terkotaminasi bakteri jahat, racun pestisida atau kotoran.

2. Gangguan keseimbangan cairan

Keseimbangan cairan di dalam tubuh dapat ditandai dengan sistem metabolisme yang sehat, karena segala bentuk nutrisi yang dibutuhkan di dalam tubuh sudah terpenuhi dengan cukup.

Meminum jus kacang paanjang mentah secara berlebihan justru mengakibatkan perubahan cairan metabolisme didalam tubuh, sehingga pada kondisi tertentu bisa berdampak secara langsung bagi sebagian orang.

Contohnya seperti sakit kepala, buang air kencing yang tidak teratur, nyeri sendi serta hipertensi.

3. Perut kembung

Berlebihan makan kacang panjang mentah bisa mengakibatkan perut kembung, keras dan begah, hal ini disebabkan karena terdapat penumpukan gas secara berlebihan. 

Walau beberapa kasus masalah satu ini tidak berbahaya, namun pada keadaan tertentu bisa membuat rasa tidak nyaman bahkan sulit beraktivitas.

4. Memicu asam urat

Salah satu makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat ialah kacang-kacangan, karena untuk beberapa jenis menjadi sumber asupan purin sehingga mengakibatkan asam urat.

Namun masih belum diketahui secara pasti akan kebenaranya, karena untuk beberapa kasus adapula penderita asam urat aman mengkonsumsi kacang panjang walau dalam jumlah yang terbatas.

5. Keracunan

Terlalu banyak mengkonsumsi sayuran hijau bisa berefek seperti keracunan, penyebabnya ialah karena kelebihan berbagai asupan mineral ke dalam tubuh.

Kita tahu bahwa kcang panjng mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, namun tentunya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena tubuh memerlukan secukupnya.

Walau beberapa kondisi pada orang dewasa terkadang tidak terpengaruh secara langsung, akan tetapi resiko bahaya seperti keracunan bisa terjadi pada anak-anak.

6. Gangguan tekanan darah

Efek samping terlalu banyak mengkonsumsi kacang panjang mentah selanjutnya ialah bisa mengganggu sirkulasi atau tekanan darah dan sistem saraf pada seseorang.

Walau efek yang dirasakan tidak muncul saat itu juga, namun jika kamu melakukan kegiatan makan sayuran mentah secara berlebihan bisa berdapak pada sirkulasi darah mulai dari jantung, ginjal dan organ terkait.

Nah, itulah beberapa efek samping atau bahaya kacang panjang yang bisa kamu ketahui. 

Note : Sebaik-baiknya makanan ialah tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau secara terus-menerus dengan jenis yang sama. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan beragam asupan nutrisi yang berasal dari makanan lain.

Itulah sebabnya terkadang beberapa orang mengalami kondisi kekurangan gizi karena pola makan kurang sehat.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel