CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Cara Menggunakan Cocor Bebek untuk Wajah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat dan Cara Menggunakan Cocor Bebek untuk Wajah

gambar tanaman cocor bebek
Sumber foto : pixabay/jameskenlequigan
Healty99 - Cocor bebek (Kalanchoe) merupakan jenis tanaman sukulen yang berasal dari Madagaskar. Di Indonesia cocor bebek kerap dijadikan sebagai tanaman hias di dalam pot karena memiliki pola dan bentuk daun yang cantik.

Walau di tempat asalnya sana Madagaskar tumbuhan satu ini dianggap sebagai gulma liar, namun tahukah kamu pada kenyataanya cocor bebek memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa.

Khasiat tanaman cocor bebek bisa dijadikan obat tradisional dalam mengatasi beberapa gangguan penyakit seperti diare, demam, sakit kepala, penyakit kulit serta masih banyak lagi.

Disatu sisi tanaman satu ini juga memiliki manfaat dari segi kecantikan loh, terutama untuk merawat kesehatan kulit tubuh dan wajah kamu.

Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Wajah

Secara umum, kalanchoe pinnata memiliki sejumlah kandungan senyawa yang di antaranya ada alkaloid, glikosida, triterpen, flavonoid, saponin, tanin bufadienolides, steroid, dan lipid.

Selain itu, adapun aktivitas senyawa yang bersifat styptic, antibakteri serta antiradang.

Penggunaanya pada wajah dan kulit diklaim bisa mengatasi beberapa masalah infeksi akibat kuman dan bakteri, contohnya seperti bisul, jerawat, pembengkakan serta korengan bernanah.

Cocor bebek juga efektif dijadikan obat alternatif untuk menghentikan pendarahaan akibat luka berdarah saat sedang terjadi.

Cara Menggunakan Cocor Bebek

Buat kamu yang ingin tahu tentang bagaimana cara membuat atau mengolah tanaman cocok bebek untuk kecantikan, terutama dalam penggunaan pada kulit dan wajah simak di bawah ini selengkapnya. 

Pada dasarnya tidak ada cara spesial dalam penggunaan tanaman satu ini untuk kulit dan wajah, bahkan tidak ada campuran bahan lain yang istimewa. 

Penggunaan cocor bebek kerap dimanfaatkan dengan cara di tumbuk hingga halus, baru setelah itu di aplikasikan pada area yang di inginkan. Sebagai contoh, berikut beberapa langkah pengerjaan yang bisa kamu ketahui.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Daun cocor bebek
  2. Alat tumbuk

Langkah pengerjaan :

  1. Cuci daun cocor bebek dengan air hingga bersih, bila perlu gunakan sabun supaya kuman dan kotoran bisa hilang.
  2. Langsung saja tumbuk daun menggunakan batu giling, namun jika kamu tidak punya alat tumbuk bisa pakai blender.
  3. Tidak perlu menambahkan sejumlah air saat proses menumbuk, karena sejatinya tanaman satu ini memiliki kandungan air yang banyak.
  4. Setelah halus, sisihkan ke dalam wadah lain dan siap digunakan.

Cara pengaplikasian pada kulit maupun wajah kamu bisa langsung oleskan secara merata sama seperti menggunakan masker. Setelah itu tunggu hingga kering atau kurang lebih 20 menit kemudian lanjut cuci dengan air mengalir dan sabun.

Selain mengatasi beberapa infeksi pada kulit seperti jerawat, luka bernanah, bisul dan gatal-gatal. Cocor bebek juga diklaim bisa membuat kulit menjadi lebih halus serta lembab loh.

Efek Samping Penggunaan

Sejauh ini efek samping atau bahaya dari penggunaan daun cocor bebek untuk kulit dan wajah masih belum di ketahui secara jelas, namun yang pasti efek samping bisa saja terjadi buat kamu yang memiliki kulit sensitif.

Contohnya ialah timbul gatal-gatal, ruam, alergi atau rasa tidak nyaman saat menggunakan masker.

Oleh karena itu penting mengolah bahan menggunakan peralatan yang bersih dan hingenis dengan tujuan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Akan tetapi jika kamu masih ragu, cobalah konsultasi pada dokter spesialis untuk mendapatkan masukan terhadap penggunaan dan tipe kulit yang kamu miliki.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel