CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengolah dan Manfaat Kunyit dan Daun Jambu Biji - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengolah dan Manfaat Kunyit dan Daun Jambu Biji

gambar daun jambu biji
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kunyit dan daun jambu biji merupakan tanaman yang sering di manfaatkan sebagai obat tradisional. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan senyawa yang ada di dalamnya di klaim bisa mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Contohnya kunyit yang memiliki kandungan curcumin, salah satu senyawa yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi serta anti-radang bagi tubuh. Selain itu pada daun jambu biji yang diketahui memiliki sumber vitamin C serta juga antioksidan.

Baca juga : Tanpa Sengaja Terlelan Belatung Buah Jambu

Manfaat Kunyit dan Daun Jambu Biji

Tubuh pada dasarnya memerlukan asupan antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang di akibatkan radikal bebas. Di sisi lain manfaatnya ialah untuk menghindari beberapa penyakit berbahaya serta menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Oleh karena itu kamu mungkin bisa mengabil sumber antioxidant tersebut dari mengkonsumsi ramuan daun jambu dan kunyit. 

Melihat beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya, hal tersebut di yakini bisa mengatasi beberapa masalah seperti :

Baca juga : Tanaman Yang Di Kenal Dengan Jambu

1. Menurunkan hipertensi

Kunyit dan daun jambu sudah lama di gunakan sebagai salah satu cara tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. 

Kemampuan ini berkat kandungan antioksidan yang ada di kedua tanaman, sehingga diklaim bertanggung jawab atas mengatur tekanan darah dalam tubuh.

2. Mencegah nyeri

Rimpang dengan warna kuning ini memiliki senyawa kurkumin yang bersifat anti-inflamasi dan anti-radang.

Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup dan dilakukan secara rutin bisa mengatasi beberapa masalah nyeri terkait, nyeri oto, nyeri sendi, nyeri hail dan masih banyak lagi.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Buat kamu yang kerap mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, kram atau mual-mual, mungkin kamu bisa coba untuk meminum ramuan daun jambu biji dan kunyit.

Mengapa? Hal ini dikarenakan daun jambu dan knyit memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa mencegah pertumbuhan mikroba jahat yang masuk pada pencernaan saat mengkonsumsi makanan.

4. Menjaga daya tahan tubuh kamu

Manfaat selanjutnya ialah bisa menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit ringan, contohnya seperti demam, flu, meriang, kurang enak badan dan sebagainya.

Kemampuan ini didasari akan senyawa antioksidan pada tanaman dengan memperkuat imun tubuh kamu terhadap serangan penyakit.

5. Mencegah kanker

Masih dengan kandungan antioxidant dimana manfaatnya ialah mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang berasal dari lingkungan, contohnya seperti polusi kendaraan, sinar matahari, asap rokok, radiasi elektronik serta paparan zat kimia berbahaya.

Mengingat beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor juga bisa di sebabkan oleh radikan bebas, tentu dengan meningkatkan konsumsi antioksidan bisa mengurangi efek yang diberikan untuk jangka panjang.

6. Menurunkan gula darah

Daun jambu biji memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gula darah atau dikenal juga dengan diabetes.

Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan mengkonsumsi air rebusan daun, karena beberapa kandungan dalam tanaman dipercaya secara efektif bisa menurunkan kadar gula darah dengan mengurangi aktivitas enzim alfa glukosidase.

7. Mengatasi sakit tenggorokan

Adanya sifat anti-inflamasi, anti-radang dan antioksidan pada kedua tanaman memungkinkan bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan, panas dalam dan radang tenggorokan.

Cara Mengolah Kunyit dan Daun Jambu Biji

Setelah mengetahui beberapa manfaat di atas, adapun bentuk cara membuat ramuan kunyit dan daun jambu biji ialah dengan di rebus.

Pertama siapkan 4 lembar daun jambu yang cukup tua dan tidak terlalu muda, siapkan juga 1 telunjuk kunyit (iris tipis-tipis).

Langkah selanjutnya ialah bersihkan kedua bahan utama dengan di cuci pada air mengalir. Siapkan panci, masukan air 400 ml dan rebus bahan hingga mendidih.

Setelah mendidih saring. Selesai, ramuan air rebusan kunyit dan daun jambu biji sudah siap untuk di nikmati.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di heaty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel