CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Belatung Jambu Biji Termakan, Apakah Bahaya? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Belatung Jambu Biji Termakan, Apakah Bahaya?

gambar jambi biji belatung busuk
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Apakah ulat buah jambu biji berbahaya jika termakan? Tidak di pungkiri lagi bahwa setiap buah-buahan yang kita temukan di sekitar kita akan terjangkit hama, termasuk juga pada tanaman jambu biji.

Kamu sendiri mungkin pernah mengalaminya, karena melihat tanaman jambu biji yang berbuah lebat lantas kamu tertarik untuk memakanya.

Setelah digigit tanpa kamu sadari ternyata jambu tersebut terdapat ulat atau belatung didalamnya yang mengeliat dan banyak, dan kamu telah menelan sepotong kecil. Lantas, apakah ulat atau belatung ini berbahaya?

Belatung Jambu Biji

Pada dasarnya belatung atau ulat yang sering di temukan pada buah jambu biji merupakan larva dari lalat buah, mereka biasanya meletakan telur pada lapisan kulit dan akan menetas di dalam.

Larva tersebut berukuran kecil, berwarna putih dan dapat juga di temukan di buah nangka dan lainnya. Bahkan dapat juga ditemukan pada setiap jenis jambu, baik itu jambu biji merah dan putih, jambu air hingga bol.

Ukuranya yang kecil dan tidak kasat mata membuat siapa saja tanpa sengaja menelanya, buat kamu yang penjijik atau sangat membenci ulat pasti hal tersebut bisa menjadi pengalaman yang buruk.

Apakah belatung jambu berbahaya?

Perlu kamu ketahui, manusia sejatinya mempunyai sistem perhanana tubuh yang kuat, belatung yang ada pada buah kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek samping atau bahaya bagi tubuh.

Ini karena belatung akan mati pada sistem pencernaan, ini dikarenakan kita memiliki asam lambung yang dapat membunuhnya sekaligus kuman dan bakteri.

Namun lain hal jika kamu mengkonsumsi buah yang sudah dalam kondisi busuk dan tidak bersih. 

Buah yang busuk dan tidak bersih dapat menyebabkan infeksi, gangguan pencernaan, diare, sakit perut, mual dan bahkan muntah.

Ini dikarenakan buah sudah terkontaminasi bakteri dan mikro organisme yang banyak, sehingga tubuh tidak sanggup mencerna atau membunuh sekaligus. 

Jadi boleh dan aman jika di teruskan?

Eits tunggu dulu, walau pada dasarnya belatung ulat pada jambu tidak menyebabkan efek samping dan berbahaya bagi tubuh, lantas jangan kira kamu dapat lanjut mengkonsumsinya.

Jika buah sudah terjangkit banyak belatung sebaiknya buang dan jangan di makan, atau jika hanya sebagian yang busuk atau terdapat ulat maka tidak ada salahnya membuang sebagian.

Untuk menghindari ke jadian ini, alangkah baiknya kamu memeriksa setiap buah yang baru saja kamu petik di kebun atau dilingkungan sekitar, setelah itu di cuci hingga bersih, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca terus artikel lainnya di healty99.com seputar jambu.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i