CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Belatung Jambu Biji Termakan, Apakah Bahaya? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Belatung Jambu Biji Termakan, Apakah Bahaya?

gambar jambi biji belatung busuk
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Apakah ulat buah jambu biji berbahaya jika termakan? Tidak di pungkiri lagi bahwa setiap buah-buahan yang kita temukan di sekitar kita akan terjangkit hama, termasuk juga pada tanaman jambu biji.

Kamu sendiri mungkin pernah mengalaminya. Misalnya seperti kamu melihat tanaman jambu biji yang berbuah lebat, lantas kamu tertarik untuk memetik dan memakanya.

Setelah digigit tanpa kamu sadari ternyata jambu tersebut terdapat ulat atau belatung didalamnya yang mengeliat dan banyak, apesnya kamu telah menelan sepotong kecil. 

Lantas, apakah ulat atau belatung tersebut berbahaya?

Belatung Jambu Biji

Pada dasarnya belatung atau ulat yang sering di temukan pada buah jambu biji merupakan larva dari lalat buah, mereka biasanya meletakan telur pada lapisan kulit dan akan menetas di bagian dalam buah.

Larva tersebut berukuran kecil, berwarna putih dan sering  juga di temukan pada nangka, sawo dan lainnya. Bahkan dapat juga ditemukan pada setiap jenis jambu, baik itu jambu biji merah dan putih, jambu air hingga bol.

Ukuranya yang kecil dan tidak kasat mata membuat siapa saja bisa tanpa sengaja tertelah. Buat kamu yang penjijik atau sangat membenci ulat pasti hal tersebut bisa menjadi pengalaman yang buruk.

Apakah belatung jambu berbahaya?

Perlu kamu ketahui, manusia sejatinya memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat, belatung yang ada pada buah kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek samping atau bahaya bagi tubuh.

Ini karena belatung tersebut akan mati saat memasuki sistem pencernaan, sebab kita memiliki asam lambung yang dapat membunuhnya sekaligus membunuh kuman dan bakteri yang tertelan.

Namun lain hal jika kamu mengkonsumsi buah yang sudah dalam kondisi busuk dan tidak bersih. 

Buah yang busuk dan tidak bersih tentu dapat menyebabkan infeksi, gangguan pencernaan, diare, sakit perut, mual dan bahkan muntah.

Hal tersebut dikarenakan buah sudah terkontaminasi bakteri dan mikro organisme dalam jumlah banyak, tubuh mungkin saja tidak sanggup mencerna atau membunuh sekaligus. 

Jadi boleh dan aman jika di teruskan?

Eits tunggu dulu, walau pada dasarnya belatung ulat pada jambu tidak menyebabkan efek samping dan bahaya bagi tubuh, lantas jangan kira kamu dapat lanjut mengkonsumsinya.

Jika buah sudah terjangkit banyak belatung sebaiknya buang dan jangan di makan, jika hanya sebagian buah yang busuk, rusak atau terdapat bekas gigitan ulat maka tidak ada salahnya membuang sebagian.

Untuk menghindari ke jadian ini, alangkah baiknya memeriksa setiap buah yang baru saja kamu petik di kebun atau di lingkungan sekitar, setelah itu di cuci hingga bersih, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca terus artikel lainnya di healty99.com seputar jambu.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel