CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Beberapa Bahan Alami Untuk Obat Batuk Anak - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Beberapa Bahan Alami Untuk Obat Batuk Anak

gambar anak flu dan batuk
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk meredakan gejala batuk pada anak, bisa dibilang ini adalah obat herbal karena dapat di temukan di sekitar kita.

Perlu kamu ketahui, penyebab umum batuk pada anak diakibatkan oleh masalah flu. Flu sering kali memicu reaksi batuk dengan tujuan mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan.

Di sisi lain, infeksi bakteri atau virus, contohnya ISPA juga bisa menimbulkan dampak yang sama yaitu batuk, demam dan sesak nafas.

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang sedang mengalami batuk?

Bahan Alami Untuk Obat Batuk Anak

Ada dua jenis batuk yang sering menyerang anak-anak, yaitu batuk berdahak dengan mengeluarkan cairan lendir kekuningan atau bening dan yang kedua ialah batuk kering.

Batuk kering biasanya di sertai dengan rasa mengelitik pada tenggorokan, panas dan sakit saat batuk datang. 

Masalah batuk biasanya akan mereda secara bertahap dan akhirnya hilang, namun untuk upaya membantu meringankan, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami di sekitar kita. Berikut beberapa bahan tersebut.

1. Madu dan jeruk nipis

Madu murni diketahui mempunyai kemampuan yang lebih baik ketimbang jenis obat dextromethorphan dan diphenhydramine dalam hal mengurangi batuk, terutama pada saat malam hari.

Ini dikarenakan madu juga mengandung antioksidan dan antimikroba yang yakini bisa membantu proses penyembuhan batuk pada anak.

Di sisi lain, kandungan pada jeruk nipis juga ikut andil didalamnya dengan memberikan rasa lega pada area tenggorokan, membantu melemaskan otot dan menyingkirkan lendir yang berlebihan.

Jika kamu tidak mempunyai jeruk nipis, maka kamu bisa mengantinya dengan jenis jeruk lemon. Namun tentu harus di peras terlebih dahulu.

2. Jamu kunyit atau temulawak

Tahukah kamu bahwasanya kunyit dan temulawak mempunyai kemampuan dalam meredakan gejala batuk.

Ini karena kunyit dan temulawak memiliki sifat antiradang, antibakteri dan antiinflamasi. Untuk itu, menggunakanya sebagai obat dalam mengatasi batuk bisa dijadikan cara yang sangat alami dan herbal.

Cukup berikan beberap sendok jamu kunyit atau temulawak pada anak secara teratur sehari tiga kali, maka gejala batuk akan berangsur membaik.

3. Jahe

Selain kunyit dan temulawak, adapun tanaman rempah sejenis yang bisa kamu gunakan untuk meredakan batuk pada anak

Yap, jahe juga mempunyai kandungan senyawa yang bersifat antiradang, antiinflamasi dan antibakteri. 

Selain itu sensasi hangat dari rimpang jahe juga mampu mengurangi rasa nyeri, gatal dan perih pada tenggorokan dengan cara melemaskan otot-otot di sekitar tenggorokan sehingga batuk pun dapat berkurang.

4. Berkumur dengan air garam

Radang di tenggorokan di sertai batuk yang berlebihan bisa membuat gejala pembengkakan dan membuat rasa tidak nyaman pada tenggorokan. 

Diketahui, berkumur menggunakan air garam yang di larukan dengan air hangat bisa meredakan masalah pembengkakan tersebut loh.

Selain itu, air garam diklaim juga bisa membunuh dan mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan tenggorokan.

5. Daun mint

Tahukah kamu bawhwa daun mint bisa kamu manfaatkan sebagai cara alami dalam mengatasi obat batuk kering dan berdahak.

Ini bukan tanpa sebab, adanya kandungan mentol pada daun mint yang mempunyai efektifitas dalam mengatasi penyumbatan, peradangan dan rasa kurang nyaman pada tenggorokan.

Kamu bisa memberikan larutan atau teh daun mint kering kepada anak dengan rutin setiap hari hingga batuk mereda.

Jika kesulitan mendapatkan daun min, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa permen yang mengandung ekstrak mint sebagai alternatifnya.

Nah, itulah beberapa bahan alami untuk meredakan gejala batuk pada anak.

Note : Harap untuk tidak memberikan ramuan herbal diatas pada anak secara berlebihan. Selain itu, ada baiknya kamu mengetahui karakteristik anak terhadap beberapa bahan yang telah di sebutkan, tujuanya ialah untuk menghindari reaksi alergi jika dimungkinkan terjadi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar batuk.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i