CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Kaktus Sukulen - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Kaktus Sukulen

gambar tanaman ada kutu putih
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kutu putih atau kutu kebul (silverleaf) merupakan spesies serangga (hama) yang dapat merusak tanaman, baik itu tanaman budidaya ataupun kaktus sukulen kamu.

Setidaknya diketahui ada 40 spesies dari jenis kutu putih, namun hampir semuanya memiliki ciri khas utama yaitu berwarna putih. 

Apa dampak bahaya kutu putih pada tanaman?

Secara bersamaan saat serangga memakan jaringan daun, mereka juga mengeluarkan racun kedalam daun.

Tentunya ini akan mengakibatkan klorosis, penyakit kerdil, malformasi daun, daun mengkerut dan menggulung, rontok, infeksi jamur dan akan berakhir kematian pada tanaman itu sendiri.

Hal yang sama juga terjadi pada tanaman kaktus sukulen kamu. Beberapa jenis kaktus berduri yang menjadi sarang kutu putih, akan menyebabkan perubahan warna tampilan.

Salah satunya ialah tampak seperti karat, bersisik, bopeng dan bisa memicu pembusukan secara tidak langsung.

Masalah ini juga bisa terjadi pada tanaman sukulen berdaun roset lainnya yang padat dan lebat. Kutu putih akan bersarang pada bagian bawah di pangkal daun, yang mana akan membuat tanaman menjadi kerdil, berdaun cacat dan tidak sempurna.

Apa kutu putih bisa menyebar?

Tentu saja, kutu putih dapat menyebar dengan cepat. Mereka sangat menyukai tanaman yang berdaun rapat, karena dengan begitu kutu putih dapat bersarang dan berkembang biak.

Nah, jika tanaman kaktus sukulen kamu ada terindikasi kutu putih. Sebaiknya segera di beri penanganan agar tidak menjadi tambah banyak.

Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Kaktus Sukulen

Pada dasarnya membasmi kutu putih cukup mudah, kamu bisa menggunakan cara alami atau instan. Nah, daripada penasaran, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Membasmi secara mekanis

Jika keberadaan kutu putih pada tanaman kaktus sukulen kamu tidak terlalu banyak atau belum menyebar luas, maka pembasmian secara mekanis bisa kamu lakukan.

Secara mekanis ialah dengan membuang atau memisahkan tanaman yang sudah terjangkit, kemudian dibersihkan dari kutu yang menempel menggunakan peralatan kecil.

Namun, kegiatan satu ini harus di lakukan secara rutin sehingga kutu tidak ada waktu untuk berkembang biak.

2. Semprot menggunakan sabun

Kutu putih sebenarnya bisa di basmi menggunakan air sabun, oleh karenanya mereka tidak cukup tahan dengan air.

Di satu sisi sabut juga bisa membuat kutu menjadi kepanasan dan akhirnya mati. Cukup semprot tanaman kaktus sukulen kamu menggunakan spray yang mengandung air sabun.

3. Jemur dibawah sinar matahari

Cara lain, ada baiknya kamu menjemur tanaman yang terjangkit kutu putih dibawah sinar matahari langsung.

Kutu satu ini tidak tahan terhadap sinar matahari yang panas, karena bisa membuat mereka mati kekeringan.

Namun cara satu ini hanya berlaku untuk kaktus tanpa daun, sedangkan beberapa sukulen berdaun roset tentu akan sangat sulit dikarenakan daunnya sangat padat.

Baca juga : 100 + Jenis Tanaman Echeveria Berdaun Roset

4. Menggunakan insektisida

Penggunaan insektisida dapat kamu berikan jika memang keberadaan kutu putih sangat banyak dan tidak bisa di basmi dengan mudah.

Ada banyak merek racun serangga (insektisida) untuk mengatasi permasalahan satu ini, namun baiknya kamu mencari yang mengadung bahan aktif Siantraniliprol, Dinotefuran, Tiametoksam, Buprofezin dan Imidakloprid.

Penyemprotan insektisida dapat dilakukan secara berkala apabila kutu tidak hilang dalam sekali pengaplikasian.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sekaligus membasmi kutu putih pada tanaman kaktus sukulen.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar sukulen.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i