CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Memakan Buah Semangka? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Memakan Buah Semangka?

gambar hamster lagi makan semangka merah
Sumber foto : pixabay/Pexels
Healty99 - Siapa yang tidak suka semangka? Ini adalah buah yang mengandung banyak air, menyegarkan serta sangat sempurna jika dinikmati saat cuaca panas. Walau buah satu ini baik untuk manusia karena sejumlah kandungan nutrisinya, namun apakah semangka boleh dimakan hamster?

Mengenai pertanyaan tersebut jawabnya tentu "Ya", hamster boleh makan semangka. Semua jenis haamster, termasuk hamster Dwarf, Robo, dan Syria dapat dengan aman mengonsumsi buah satu ini dalam jumlah sedang.

Manfaat Semangka untuk Hamster

Semangka merupakan buah yang mengadung lebih dari 95% air. Seperti kebanyakan buah lain yang diharapkan, semangka juga rendah lemak dan hanya memiliki sekitar 43 kalori untuk setiap cangkir.

Mengkonsumsi buah semangka bisa memberikan manfaat dalam menjaga terhidrasi dengan baik, terlebih lagi ada kandungan vitamin C dan karotenoid yang bagus untuk tubuh.

Memberikan hammster sedikit buah semangka dapat mencegah mereka dari dehidrasi akibat kurang minum, mencegah mereka mengalami sembelit, memperkuat otot dan tulang serta mencegah sejumlah penyakit lainnya.

Cara memberikan hamster semangka

Jika kamu hendak memberikan semangka kepada hamster, cobalah kamu cuci buahnya terlebih dahulu dengan tujuan untuk menghilangkan pestisida, kotoran atau kuman yang masih melekat.

Berikan dalam bentuk utuh potongan kecil. Tidak perlu terlalu besar, berikan saja sebesar kepala mereka itu sudah lebih dari cukup.

Mengingat haamster terkadang tidak terbiasa dengan makan buah atau sayuran segar yang memiliki banyak air, oleh karena itu mulailah dengan memberinya potongan yang sangat kecil.

Jangan pernah memberi hamster semangka dalam bentuk jus, pasta atau sudah diolah dan dicampur bahan lain.

Resiko bahaya semangka bagi hamster

Meskipun buah satu ini memiliki banyak manfaat sehat untuk hewan peliharaan kamu, namun tetap pada dasarnya ada sejumlah risiko yang bisa didapat, terutama jika kamu memberi dengan jumlah banyak atau berlebihan.

Adapun sejumlah resiko tersebut yang dapat terjadi ialah :

  1. Obesitas. Peliharaan kamu mungkin akan mengalami obesitas, itulah sebabnya mengapa kamu harus selalu memberi mereka dalam jumlah sedikit.
  2. Tersedak. Tersedak bisa saja terjadi, terlebih jika hamster kamu makan dengan rakus dan mengigit bagian kulit keras .
  3. Diabetes. Buah semangka sebenarnya mengandung banyak gula dan kalori, memberi peliharaan dengan banyak gula dapat menyebabkan diabetes.

Bolehkah hamster makan kulit semangka?

Hammster pada dasarnya adalah hewan yang penasaran, mereka akan mengigit apapun yang membuatnya tertarik, terlebih lagi buah-buahan dan sayur yang memang makanan mereka.

Jika kamu memberikan sepotong semangka dengan kulit utuh, mereka akan memakan dagin buah terlebih dahulu, baru setelah itu kulit luarnya.

Kulit semaangka diketahui mengandung asam amino dan memiliki aroma sedikit tajam, besar kemungkinan peliharaan kamu enggan memakan secara habis karena rasanya tidak enak untuk ukuran lidah manusia.

Apakah biji semangka berbahaya bagi hamster?

Untuk jenis hamster Syria mungkin mereka bisa makan biji tanpa adanya masalah sedikitpun. Namun ukuran hammster yang sedikit lebih kecil, termasuk itu jenis Dwarf dan Robo mungkin bisa mengalami tersedak karena bijinya.

Oleh karena itu ada baiknya kamu hindari memberikan bagian ini kepada peliharaan bola bulu kamu.

Singkatnya, buah semangka organik yang dalam kondisi segar, matang dan beair jika diberikan dalam jumlah sedang sangat aman dan bahkan bermanfaat untuk dimakan oleh hamster kamu.

Yang terpenting ialah jangan pernah memberi mereka kamu dalam bentuk jus atau sudah diolah dengan berbagai campuran bahan lain.

Di satu sisi, jangan jadikan buah satu ini sebagai makanan utama mereka, tetapi jadikan makanan sampingan untuk pelengkap nutrisi bagi hamster kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel